IMPLEMENTASI APLIKASI PEMESANAN PADA LIFE & STORY COFFEE UNTUK DIGITALISASI PENCATATAN PESANAN

Authors

  • Desi Arisandi Universitas Tarumanagara
  • Kevin Sutanto
  • Novario Jaya Perdana

Keywords:

Application, implementation, coffee, ordering

Abstract

Life and Story Coffee is a coffee shop built in 2021, which provides various types of coffee- and non-coffee-containing drinks. Based on records over six months, the average number of sales reaches 120 cups per day. This sale reached a relatively high target because Life and Story Coffee is located in a small town. However, currently, the recording of customer orders is still done manually. Until now, this coffee shop still uses a conventional system and has not implemented an application or website-based ordering system. This causes problems in recording orders that become ineffective and efficient where recording errors often occur. In addition, because the recording of order data is not yet in digital form, it is difficult to make financial reports. To overcome this problem, an information technology-based application will be implemented to manage order data. The purpose of this community service activity is to implement an order recording application to make it easier for customers to view menus and order product menus, make it easier to record customer orders, and make it easier for coffee shop owners to view sales data. The implementation method is carried out in several stages, namely creating an application using the waterfall method, testing the application, making a manual, and implementing it. The application program has been successfully created and the installation activities have been carried out.  ---   Life and Story Coffee merupakan kedai kopi yang dibangun pada tahun 2021, yang menyediakan berbagai jenis minuman mengandung kopi dan non-kopi. Berdasarkan pencatatan dalam rentang waktu enam bulan, dapat dirata-ratakan jumlah penjualan mencapai 120 cangkir per hari. Penjualan ini mencapai target relatif tinggi dikarenakan Life and Story Coffee terletak di kota kecil. Namun saat ini pencatatan order pelanggan masih dilakukan secara manual. Hingga saat ini kedai kopi ini masih menggunakan sistem konvensional dan belum menerapkan sistem pemesanan berbasis aplikasi atau website. Hal ini menyebabkan kendala pencatatan pemesanan yang menjadi tidak efektif dan efisien dimana sering terjadinya kesalahan pencatatan. Selain itu, dikarenakan pencatatan data pesanan yang belum dalam bentuk digital, maka menyulitkan dalam membuat laporan keuangan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka akan diterapkan aplikasi berbasis teknologi informasi untuk mengelola data pesanan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengimplementasikan aplikasi pencatatan pemesanan untuk memudahkan pelanggan dalam melihat menu dan memesan menu produk, memudahkan pencatatan pesanan pelanggan dan memudahkan pemilik kedai kopi dalam melihat data penjualan. Metode pelaksanaan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pembuatan aplikasi dengan metode waterfall, pengujian aplikasi, pembuatan buku manual, dan implementasi aplikasi. Program aplikasi telah berhasil dibuat dan kegiatan instalasi telah dilakukan.

References

Allan, D., Wixom, B., & Tegarden, D. (2014). System Analysis and Design 6th Ed. p.7

Cimperman, R. (2006). UAT Defined: A Guide to Practical User Acceptance Testing. Pearson Education

Hasan, H., & Fahdal, M. A. (2023). Digitalisasi UMKM Dalam Rangka Membangun Ekosistem Digital Pada Masyarakat UMKM Sulawesi. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 7(4), 646-654.

Hidayah, A. N. N., & Supriyono, H. (2019). Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Rumah Makan Berbasis Website. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 4(2).

Ismail, I., & Efendi, J. (2021). Black-Box Testing : Analisis Kualitas Aplikasi Source Code Bank Programming. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 5(1), 1–6. https://doi.org/10.35870/jtik.v5i1.148

Knott, R. (2023). How to Build the Best User Manual. Techsmith. Diakses dari https://www.techsmith.com/blog/user-documentation/

Kosasi, S. (2015). Perancangan Prototipe Sistem Pemesanan Makanan dan Minuman Menggunakan Mobile Device. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 1(2), 175-187.

Rizaty, M. A. (2022, September 29). Konsumsi Kopi Indonesia Terbesar Kelima di Dunia pada 2021 Artikel ini telah tayang di Dataindonesia.id dengan judul ‘Konsumsi Kopi Indonesia Terbesar Kelima di Dunia pada 2021’., Author: Monavia Ayu Rizaty. Editor: Dimas Bayu. Klik selengkapnya di sini: DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/sektor riil/detail/konsumsi-kopi-indonesia-terbesar-kelima-di-dunia-pada-2021.

Rahmawita, M. T., & Wiratama, A. (2021). Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran dan Cafe Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 7(1), 76-82.

Utama, D., Johar, A., & Coastera, F. F. (2016). Minuman Restaurant Berbasis Client Server Dengan P Latform Android. Jurnal Rekursif.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Desi Arisandi, Kevin Sutanto, & Novario Jaya Perdana. (2024). IMPLEMENTASI APLIKASI PEMESANAN PADA LIFE & STORY COFFEE UNTUK DIGITALISASI PENCATATAN PESANAN. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 686–693. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/26742

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.