SOSIALISASI DAN DISEMINASI BUKU KONTEN LOKAL “SEMANGAT ULI MERAIH MIMPI” DI SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TOBA
Keywords:
Culture, local content, children’s storybook, socialization, disseminationAbstract
The local content children's storybook ''Semangat Uli Meraih Mimpi’' is one of the local Batak content literature. In an effort to strengthen local cultural knowledge among children, this book was socialized and disseminated to several partner schools in the Toba district. The method for implementing socialization is through discussions and questions and answers regarding the contents of the book and for disseminating storybooks to elementary school students and the school through direct distribution of books. The survey was also carried out on 175 participants, showing an increase in reading interest of 76%. For discussions related to local content in books, 40% of respondents conveyed the cultural values obtained in the spirit of never giving up, and 34% gained knowledge about Batak culture in the form of the Batak language. The result showed that most socialization participants thought the storybooks were easy to understand, with some information on Batak culture. It is hoped that the socialization and dissemination of local content books will preserve Batak's cultural heritage through books that are relevant and interesting to the wider community and increase the reading interest amongst children. --- Buku cerita anak konten lokal ‘Semangat Uli Meraih Mimpi’ merupakan salah satu literatur konten lokal Batak. Dalam upaya penguatan pengetahuan budaya lokal kepada anak-anak, buku ini disosialisasikan dan didiseminasikan ke beberapa sekolah mitra di kabupaten Toba. Metode pelaksanaan kegiatan sosialisasi adalah melalui diskusi dan tanya jawab mengenai isi buku dan untuk kegiatan diseminasi buku cerita kepada siswa-siswi SD dan kepada pihak sekolah melalui pembagian buku secara langsung. Kegiatan survei juga dilaksanakan terhadap 175 peserta sosialisasi menunjukkan peningkatan minat baca sebanyak 76%. Untuk diskusi terkait konten lokal pada buku, 40% responden menyampaikan nilai budaya yang didapat berupa semangat pantang menyerah dan 34% mendapatkan pengetahuan mengenai budaya batak berupa bahasa Batak. Hasil kegiatan menunjukkan mayoritas peserta sosialisasi berpendapat bahwa buku cerita yang dibagikan mudah dimengerti dengan budaya batak yang mudah dipahami. Sosialisasi dan diseminasi buku konten lokal ini diharapkan tidak hanya dapat melestarikan warisan budaya Batak melalui buku-buku yang relevan dan menarik bagi masyarakat luas namun juga meningkatkan minat baca untuk anak-anak.
References
Baka A.T., Laksana, D.N.L, & Dhiu, K. (2018). Konten dan konteks budaya lokal Ngada sebagai bahan ajar Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 46–55.
https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16181
Cahyono, H., & Iswati, I. (2017). Urgensi pendidikan multikultural sebagai upaya meningkatkan apresiasi siswa terhadap kearifan lokal. Elementary. 3, 15-29. https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/771
Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan buku cerita anak bergambar dengan insersi budayalokal Bali terhadap minat baca dan sikap siswa kelas V SD kurikulum 2013. Journal for Lessons and Learning Studies, 2(1), 53-63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321
Emosda, E. (2017). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap motivasi belajar pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 256–274.
http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala.
Fatimah, A., & Maryani, K. (2018). Visual literasi media pembelajaran buku cerita anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–69. http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v5i1.16212.
Najmah, Misnaniarti, Yani, N.S.A., Rahma, N., Wahyuliana, M., Izzhah, N. N., Sucirahayu, C.A., Purnamasari, V.G., Safirah, S., Salsabila, A.S., Irawan., S.R., Putri, S.A., & Lutfi, A. (2024). Integrasi Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS) pada Tingkat Sekolah Dasar di Indralaya, Sumatera Selatan. Jurnal Panrita Abdi, 8(2), 451-459.
https://doi.org/10.20956/pa.v8i2.26272
Pasaribu, M., Lumban Gaol, T., & Turnip, T. N. (2022). Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Del-Gong Kids Corner App di Desa Lumban Dolok – Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Jurnal Panrita Abdi, 6(2), 385-391. https://doi.org/10.20956/pa.v6i2.14425
Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan buku cerita anak dengan menginsersi budaya lokal dalam tema Kegemaranku untuk kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 185–195.
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984
Putra, J. N. I., & Widyaningsih, N. (2020). Cerita bergambar sebagai konkretisasi pembelajaran sastra anak di Sekolah Dasar. Jurnal Berdaya Mandiri. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 345–356.
https://doi.org/10.31316/jbm.v2i2.494
Retnowati G., Salim, R.M.A., & Saleh, A. (2018). Effectiveness of picture story books reading to increase kindness in children aged 5-6 years. Lingua Cultura, 12(1), 89–95.
https://doi.org/10.21512/lc.v12i1.2095
Simanjuntak, B. A. (2009). Konflik status kekuasaan orang Batak Toba-bagian sejarah Batak (edisi revisi). Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://obor.or.id/konflik-status-dan-kekuasaan-orang-batak-toba
Sitompul, E. N., Wibowo W., & Febriani. R. (2015). Perancangan buku ilustrasi pengenalan budaya Batak Toba untuk anak-anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 1–12.
https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3409
Uljanatunnisa U., Hendrayani, Y., & Sutowo, I. (2021). Sosialisasi pencegahan Covid-19 di PAUD Srikandi Jakarta Timur melalui metode cerita bergambar. Urnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 48–55.
http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i1.48-55
Woolfolk, A. M. K. (2010). Educational Psychology. #4th Edition.
https://www.amazon.com/Educational-psychology-Anita-Woolfolk-Hoy/dp/0132369281
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Monalisa Pasaribu, Juli Yanti Damanik, Tiurma Lumban Gaol, Angelica Manurung, Emy Sinambela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.