PENINGKATAN KOMPETENSI ROBOTIKA SISWA MADRASAH MI DAN RA BERBASIS LEGO WEDO 2.0

Authors

  • Aviv Yuniar Rahman Universitas Widyagama Malang
  • Gigih Priyandoko Universitas Widyagama Malang
  • Adya Hermawati Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v9i2.32263

Keywords:

Robotics, Lego Wedo 2.0, Education, Training, MA and RA Students

Abstract

This community service program aims to enhance the robotics competency of students and teachers at Madrasah Ibtidaiyah (MI) and Raudhatul Athfal (RA) Sunan Gunung Jati. The program involves two RA teachers, two MI teachers, five RA students, and ten MI students. The program utilizes the Lego Wedo 2.0 platform, which is designed to equip teachers with fundamental robotics knowledge and enable them to integrate this technology into classroom learning. Teachers are expected to act as primary facilitators in teaching robotics concepts to students, helping them better understand technology. Their active involvement is crucial for ensuring the effective transfer of both technical and pedagogical knowledge. Meanwhile, students actively engage in activities such as assembling and programming simple robots. These activities aim to enhance students' practical skills in technology while fostering critical thinking and problem-solving abilities through a hands-on learning approach. The program's effectiveness was evaluated using pre-test and post-test methods involving all participants, both students and teachers. The results showed a significant improvement in understanding robotics concepts, practical skills in robot assembly, and programming abilities. Specifically, 50% of all participants, including both students and teachers, demonstrated excellent progress after the training. This program has proven effective in sparking students' interest in technology and enhancing their robotics competencies. In addition to providing in-depth technical knowledge, the program emphasizes the importance of developing critical thinking and problem-solving skills, which are highly relevant for addressing future technological challenges.   ---   Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi robotika pada siswa dan guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Raudhatul Athfal (RA) Sunan Gunung Jati, dengan melibatkan 2 guru RA, 2 guru MI, 5 siswa RA, dan 10 siswa MI. Program ini menggunakan platform Lego Wedo 2.0 yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai robotika kepada para guru serta kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam proses pembelajaran di kelas. Guru diharapkan berperan sebagai fasilitator utama dalam mengajarkan konsep-konsep robotika kepada siswa, sehingga mereka mampu membimbing siswa untuk memahami teknologi dengan lebih baik. Keterlibatan aktif guru sangat penting untuk memastikan transfer pengetahuan yang efektif, baik dalam hal teknis maupun metodologi pengajaran. Di sisi lain, siswa dilibatkan secara langsung dalam kegiatan merakit dan memprogram robot sederhana. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan praktis siswa dalam bidang teknologi serta mengasah kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah melalui pendekatan pembelajaran langsung (hands-on learning). Evaluasi keberhasilan program dilakukan dengan metode pre-test dan post-test yang melibatkan semua peserta, baik siswa maupun guru. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep robotika, keterampilan praktis dalam merakit robot, serta kemampuan pemrograman siswa. Secara khusus, 50% dari total peserta, termasuk siswa dan guru, menunjukkan peningkatan keterampilan yang sangat baik setelah mengikuti pelatihan. Program ini terbukti efektif dalam membangkitkan minat siswa terhadap teknologi dan meningkatkan kompetensi robotika mereka. Selain memberikan pengetahuan teknis yang mendalam, program ini juga menekankan pentingnya pengembangan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, yang sangat relevan untuk menghadapi tantangan teknologi di masa depan.

Author Biography

Aviv Yuniar Rahman, Universitas Widyagama Malang

Program Studi Teknik Informatika

References

Anjali, Mohapatra, I., & Banerjee, A. (2020). Screen Dependency Disorders in Children Under Two Years of Age: A Parent Report Measure. Indian Journal of Community Health, 32(2), 427–431.

https://doi.org/10.47203/IJCH.2020.v32i02.022

Ardiyasa, I. W., Nirmala, B. M. S., Ramayasa, I. P., Ndok, Al. T., & Histiningdyah, N. F. R. (2021). Penerapan Aplikasi Web Profile Dan Pelatihan Digital Marketing Pada Usaha Budidaya Jamur Tiram Di Denpasar Bali. Widyabhakti Jurnal Imiah Populer, 3(3), 105–111.

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.274

Asmawati, L. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Chandranegara, D. R., Aditya, C. S. K., & Sumadi, F. D. S. (2020). Implementasi Website Profil Madrasah Muhammadiyah Al-Munawarroh Malang Sebagai Media Informasi Bagi Masyarakat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 305–309.

https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6095

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13.

https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Muliyati, D., Sabrina, P. M., Supriyani, Y., & Mutoharoh. (2023). Mengenalkan Profesi Programmer Untuk Anak Usia Dini Melalui Pelatihan Robotik. Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–28.

https://doi.org/10.58797/teras.0201.03

Rahimuddin, Syarif, S., Syam, R., -, A., Setiawan, A., & AlQadri, S. (2019). Robot Penggerak Dua Roda Sebagai Media Pembelajaran Robotik Bagi Siswa SMA 05 Barru. Jurnal Tepat (Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat), 2(2), 120–128.

https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v2i2.85

Wahyudi, W., & Amiruddin, A. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Robotika Berbasis Mikrokontroler Di Era Industri 4.0. Jurnal Nalar Pendidikan, 11(1), 70–77.

https://doi.org/10.26858/jnp.v11i1.42752

Widiasanti, I., Abdul, A. V., Nirwana, A., Arlita, A. Della, & Sari, L. N. (2023). Ancaman Melawan Putus Sekolah Dengan Dilema Kualitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2118–2126.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v7i3.5228

Zainab, S., & Supriyanto. (2020). Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(3), 125–133.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/35505

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Rahman, A. Y., Priyandoko, G. . ., & Hermawati, A. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI ROBOTIKA SISWA MADRASAH MI DAN RA BERBASIS LEGO WEDO 2.0 . Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 314–323. https://doi.org/10.20956/pa.v9i2.32263

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.