PELATIHAN DAN PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI E-COMMERCE PADA UKM BATIK POESAKA DJAGAD DI KOTA MALANG

Authors

  • Chauliah Fatma Putri Universitas Widyagama Malang
  • Aviv Yuniar Rahman Universitas Widyagama Malang

Keywords:

Batik, e-commerce, training, website

Abstract

Poesaka Djagad Batik UKM, located in Balearjosari, Blimbing District, Malang City, is a Batik UKM that has unique written batik products, which have characteristics with Koi motifs and typical Malang motifs such as Malang masks and with 3-dimensional coloring so that they become special works. However, this SME still carries out its marketing process traditionally, and there have yet to be any marketing efforts other than work exhibitions in Malang and outside Malang. Hence, the market reach still needs to grow. More effective and digital-based marketing methods are needed to expand sales, namely through online-based marketing media. To realize these efforts, the community service team provides e-commerce application assistance through websites and website training. The methods used in realizing this program are participatory,  training, and mentoring. The results of this service activity, especially with the training and assistance of website-based e-commerce, SMEs can improve their ability to serve consumers indefinitely, get new consumers with a broader area coverage, and improve the quality of service to consumers.  ---   UKM Batik Tulis Poesaka Djagad yang terletak di Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, merupakan UKM Batik yang memiliki produk batik tulis yang unik yaitu memiliki ciri khas dengan motif Koi dan motif khas Malang seperti topeng Malang, dan  dengan pewarnaan 3 dimensi sehingga menjadi karya-karya yang istimewa. Namun demikian UKM ini masih melakukan proses pemasarannya secara tradisional dan belum ada upaya pemasaran selain pameran karya di Malang dan di luar Malang, sehingga jangkauan pasarnya masih relatif terbatas. Dalam upaya memperluas penjualan tersebut diperlukan metode pemasaran yang lebih efektif dan berbasis digital yaitu melalui media pemasaran berbasis online. Untuk mewujudkan upaya tersebut, tim pengabdian masyarakat memberikan bantuan aplikasi e-commerce berupa website dan pelatihan website. Metode yang digunakan dalam mewujudkan program ini adalah partisipatif, pelatihan, dan pendampingan. Hasil kegiatan pengabdian ini,  khususnya dengan adanya pelatihan dan pendampingan e-commerce berbasis website, UKM dapat meningkatkan kemampuan untuk melayani konsumen tanpa batas waktu, mendapatkan konsumen baru dengan jangkauan wilayah yang lebih luas, dan dapat meningkatkan mutu layanan kepada konsumen.

References

Adi, A. E., & Mario, M. (2022). Video 360 Sebagai Media Promosi Produk Mitra UMKM Kabupaten Bandung. Charity Jurnal Pengabdian Masyarakat, 05(01), 13–19. https://doi.org/xxx.

Amal, C. A., Amalia, A. A., & Andayaningsih, S. (2020). POTOMETRIUM (Pot Tanaman Geometris dan Terarium) serta Pemasaran Digital Bagi Kelompok Penjual Tanaman Hias di Kelurahan Maccini Sombala, Kota Makassar. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 110–118. http://journal.unhas. ac.id/index.php/panritaabdi

Darmawan, I., Andreswari, A., & Puspita, W. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Peningkatan Pemasaran di UMKM Grosir Batik Tasikmalaya. Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.25124/ charity.v1i01.1572

Dewi, T. R., Wardani, I., Widiastuti, L., & Solikah, U. N. (2019). Strategi Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Dengan Menggunakan Media Elektronik (E-commerce). WASANA NYATA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 3(2), 130–134. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/wasana_nyata

Evasar, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603

Hardiyanti, S. E., & Akhmadi. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Laporan Keuangan Pelaku Usaha Jamur Tiram di Desa Cibitung Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 761–770. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi

Harini, N., Suhariyanto, D., Indriyani, I., Novaria, N., Santoso, A., & Yuniarti, E. (2023). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Perekonomian Desa. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 363–375. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2834.

Krisdiawan, R. A., & Yulyanto. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Internet di Bidang E-Commerce dalam Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Produk UMKM Desa Pamulihan Kecamatan Subang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 130–134. https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/article/ view/2341.

Maryama, S. (2013). Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity, 2(1), 73–79. http://ojs.itb-ad.ac.id/index.php/LQ/ article/view/132.

Putri, C. F., & Hunaini, F. (2020). Penggunaan Alat Canting Cap dan Media Sosial untuk Meningkatkan Produktivitas dan Ciri Khas Usaha Kecil Menengah Batik Sumari. RESONA, 4(2), 133–146. https://journal.stiem.ac.id/index.php/ resona/article/view/584.

Wibowo, S., Ika Putri, R., Rohadi, E., & Amalia. (2023). Penerapan Mesin Peniris Minyak dan Pemasaran Online untuk Keripik Belut dan Pare di Desa Ploso. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 18–27. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi.

Downloads

Published

2024-07-19