IPTEKS BAGI KREATIVITAS DAN INOVASI KAMPUS; PRODUK OLAHAN IKAN BERBASIS SURIMI

Authors

  • Abu Bakar Tawali Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Asfar Universitas Hasanuddin
  • Nandi Kusnandi Suhendar
  • Meta Mahendaradatta

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v2i1.3266

Keywords:

abon, inovasi, otak-otak, surimi, unit usaha

Abstract

Kekayaan sumber daya perikanan khususnya Sulawesi Selatan sangat berlimpah namun belum termanfaatkan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan minimnya inovasi dalam pengolohan ikan.  Tujuan ipteks bagi kreativitas dan inovasi kampus (IbKIK) dengan produk olahan surimi yaitu untuk mengembangkan usaha dan komersialisasi produk olahan ikan berbasis surimi. Sedangkan tujuan jangka panjang kegiatan IbKIK ini  adalah mempercepat proses pengembangan budaya kewirausahaan di perguruan tinggi, membantu menciptakan akses  terwujudnya wirausaha baru bagi mahasiswa dan alumni, menunjang otonomi kampus perguruan tinggi melalui perolehan pendapatan mandiri, dan mendorong berkembangnya budaya pemanfaatan hasil riset perguruan tinggi bagi masyarakat. Metode yang digunakan adalah mendirikan unit bisnis usaha pengolahan otak-otak berbasis surimi dan abon di Laboratorium Pengembangan Produk Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah terbentuknya unit bisnis, pemasaran yang dilakukan dalam bentuk penjualan langsung dan pameran serta adanya merek dagang “Aroma Laut” dari produk otak-otak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2010. Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan

Azis, Mansur, 1996. Beberapa Komoditas Unggulan Perikanan Sulawesi Selatan. Balai Informasi Pertanian. Departemen Pertanian, Makassar.

Badan Pusat Statistik. (2015). Perikanan. Jakarta. www.bps.go.id; akses 27 Maret 2015

Fitri, 2009. Studi pembuatan Otak-otak ikan Julung Julung (Hemirhamphus far) dengan bahan pengisi tepung jagun, tepung sagu dan tepung tapioka dengan aplikasi surimi

Harper, Laura Jane., Brady J. Deaton and Judy A. Driskel, 1986. Food Nutrition and Agriculture. Penerjemah Suhardjo dalam Pangan, Gizi dan Pertanian. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Irianto, H.P B., 1990. Teknologi Surimi, Salah Satu Cara Memperoleh Nilai Tambah Ikan yang Kurang Dimanfaatkan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jakarta.

Mahendradatta, M. Dan A.B. Tawali, 2007. Otak-otak; dari tradisional ke industri. Food Review Indonesia, Vol II No.7, Juli 2007: 58 -62.

Mahendradatta. M. dan A..B. Tawali 2013. Produksi otak-otak melalui penerapan modifikasi surimi, PATEN P00201300736

Tawali, A.B,. 2015.Standarisasi Produk dan Proses Pembuatan Abon Ikan Gabus sebagai Pangan Kesehatan, Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS), Manado Juni 2015

Downloads

Published

2018-04-01