PENERAPAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN HIV/AIDS DAN NARKOBA PADA REMAJA DI RUSUN TANAH TINGGI, JAKARTA

Authors

  • Siska Evi Martina Universitas Sari Mutiara
  • Gerardina Sri Redjeni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus

Keywords:

Zig-zag, HIV/AIDS, drugs, adolecents

Abstract

Application of Snakes and Ladders Game for Improving Knowledge HIV/AIDS and Drugs among Adolescents in Tanah Tinggi Resident, Jakarta

Abstract. Knowledge of HIV/AIDS and drugs had been lacking among adolescents and adolescents are particularly vulnerable to HIV infection and drugs. This community service program aimed to improve knowledge about HIV/AIDS and drugs among adolescents in Rusun Tanah Tinggi, Jakarta. The method of this community service was health promotion with education and entertainment method. The education and entertainment method was applied zig-zag design which is a comprehensive information about HIV/AIDS and drugs. The program has shown the health promotion with the zig-zag design was effective for adolescents and significantly improve the knowledge of adolescents in Rusun Tanah Tinggi, Jakarta. Therefore, this method could be a regular adolescents activity program to improve their knowledge about HIV/AIDS and drugs.

Keywords: Zig-zag, HIV/AIDS, drugs, adolescents

Abstrak. Pemahaman tentang HIV/AIDS dan narkoba pada remaja masih sangat minim, sehingga remaja merupakan kelompok usia rentan terhadap perilaku menyimpang yang beresiko terinfeksi HIV dan terjerumus penyalahgunaan narkoba. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS dan narkoba pada remaja di Rusun Tanah Tinggi, Jakarta. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah promosi kesehatan dengan pendekatan edukasi dan permainan yang disusun dalam kegiatan permainan ular tangga. Permainan ular tangga berisi informasi yang komprehensif tentang HIV/AIDS dan narkoba. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukan bahwa metode permainan ular tangga efektif dalam promosi kesehatan khususnya bagi remaja dan pengetahuan remaja di rusun Tanah Tinggi tentang HIV/AIDS dan narkoba sangat signifikan meningkat sebesar 94,8 %. Maka dari itu, kegiatan permainan ular tangga ini bisa menjadi program kegiatan berkala bagi remaja untuk meningkatkan pengetahuan tentan HIV//AIDS dan narkoba.

Kata kunci. Permainan ular tangga, HIV/AIDS, narkoba, remaja

Author Biographies

Siska Evi Martina, Universitas Sari Mutiara

Community and family nursing department

epertise in HIV or communicable disease and tropical disease

Gerardina Sri Redjeni, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus

Program Studi S1 Keperawatan

References

Adib, C.N., Shaluhiyah, Z., & Nugraha, P. (2016). Efektifitas Media Permainan Monopoli dan Ular Tangga Dalam Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Tentang Bahaya Merokok. Diunduh dari http://digilip.stikeskusumakusada. ac.id

Badan Narkotika Nasional. (2016). Laporan Angka Penyalahgunaan Narkotika di Indonesia. Diunduh dari http://www.bnn.go.id/ pada 15 Maret 2017.

BKKBN. (2014). Survey Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Darmawansyah, Nurhayani, Arifin, A., Amir, Y.M., Abadi, Y.M., & Marzuki,S. (2017). Penyuluhan Pencegahan dan Penularan HIV-AIDS pada Remaja di Kabupaten Sidrap. Jurnal Panrita Abdi, 1 (1), 28-32.

Ifroh, R.H., & Ayubi, D. (2018). Efektivitas Kombinasi Media Audiovisual Aku Bangga Aku Tahu Dan Diskusi Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang HIV-AIDS. Perilaku dan Promosi Kesehatan, 1 (1), 32-43.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Laporan Perkembangan Kasus HIV/AIDS di Indonesia Triwulan II 2016. Diunduh dari http://pppl.depkes.go.id pada1 Maret 2017.

Kudsiah, H., Tresnati, J., & Ali , S. A. (2018). IbM Kelompok Usaha Bandeng Segar Tanpa Duri di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Jurnal Panrita Abdi, 2(1), 55-63.

Rifa’i, M.A., Kudsiah, H., Syahdan, M. & Muzdalifah. (2017). Alih teknologi produksi benih anemon laut secara aseksual. Jurnal Panrita Abdi, 1(1), 33 - 39.

Rifa’i, M.A., Syahdan, M., Muzdalifah, & Kudsiah, H. (2018). Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus: Anemon Laut Ornamen. Jurnal Panrita Abdi, 2(1), 40-47.

Rizki, N.A. (2012). Perbedaan Pengaruh Metode Focus Group Discussion (Fgd) Dengan Metode Simulation Game (Sig) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas Xi Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) Di Smk Hidayah Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8 (1), 23-29.

Martina, S.E., & Redjeki, G.S. (2018). Metode Edutainment dalam Promosi Kesehata Narkoba Dan HIV/AIDS Pada Remaja Di Kelurahan Tanah Tinggi, Jakarta. Jakarta: STIK Sint Carolus.

Saputri, I.Y., & Azam, M. (2015). Efektifitas Metode Simulasi Permainan “Monopoli HIV” Terhadap Tingkat Pengetahuan Komprehensif HIV/AIDS pada Remaja di Kota Semarang. Unnes Journal of Public Health, 4 (4), 107-114.

Tarigan, A.P.S. (2015). Efektivitas metode ceramah dan diskusi kelompok terhadap pengetahuan dan sikap tentang kesehatan reproduksi pada remaja di Yayasan Pendidikan Harapan Mekar Medan. Jurnal Ilmiah PANNMED, 10 (2), 250-258.

Zaen, N.L, Asfriyati, & Tukiman. (2017). Pengaruh Simulasi Permainan Ular Tangga GenRe Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang TRIAD KKR (Seksualitas, HIV AIDS, dan NAPZA). Jurnal STIKNA, 1 (2), 148-157.

Downloads

Published

2019-10-16