Dinamika Kondisi Oseanografi di Perairan Spermonde pada Musim Timur

Authors

  • Abd Rasyid Jalil Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Muh. Farid Samawi Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Hasni Y. Azis Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Andi Imran Anshari Politeknik Negeri Segeri Mandale Kabupaten Pangkep
  • Ilham Jaya Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Abdul Malik Universitas Negeri Makassar

Abstract

Perairan Spermonde merupakan perairan yang mengelilingi pulau-pulau Spermonde dengan dangkalan yang berada di sebelah barat daya Sulawesi Selatan dan terpisah dari dangkalan Sunda yang terletak di seberang Selat Makassar. Kawasan perairan kepulauan ini meliputi bagian selatan Kabupaten Takalar, Kota Makassar, Kabupaten Pangkep, hingga Kabupaten Barru pada bagian utara pantai Barat Sulawesi Selatan (Jalil, A.R., 2013). Letaknya yang berada di Selat Makassar, sehingga kondisi perairannya dipengaruhi selat tersebut, serta segala aktifitas yang terjadi di dalamnya.Kabupaten yang memiliki pulau – pulau terbanyak di perairan Spermonde adalah Kabupaten Pangkep dengan jumlah 117 pulau (Dinas Kelautan dan Perikanan Pangkep, 2007). Mayoritas Penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Aktifitas penangkapan ikan dipengaruhi oleh keadaan musim, dan juga kegiatan yang tidak ramah lingkungan, menyebabkan hasil tangkapan ikan nelayan menjadi berkurang yang berimbas pada kondisi perekonomian rumah tangga.Tujuan penelitian ini yaitu bertujuan memberikan gambaran kondisi oseanografi khususnya pada musim timur di perairan Spermonde di kabupaten Pangkep dan kabupaten Takalar pada bulan Juni-Juli 2019. Parameter yang diukur antara lain suhu, salinitas, pH, phosphate, nitrat, Do, dan Co2. Hasil kajian ini menjadi basis data system informasi kelautan dalam memanfaatkan kondisi oseanografi untuk kegiatan yang memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat nelayan pada saat tidak dapat melaut akibat kondisi lingkungan.Kata kunci: dinamika, oseanografi, Spermonde, musim timur

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, N.A., Nirmalasari Idha Wijaya, Viv Djanat prasita. 2017. Kriteria Lahan Untuk Budidaya Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Di Pulau Gili Genting, Madura. Universitas Hang Tuah. Surabaya.

Direktorat Perencanaan Ruang Laut, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2016. Tata Cara Penyusunan Peta Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Kanisius, Yogyakarta.

Fritz, G.J. 1986. The Structure and Reproduction of The Algae Volume 2. Vicas Publisher House.

Hasnawi, Mudian Paena, Makmur, Ahmad Mustafa. 2016. Analisis Kesesuaian Lahan Budidaya Rumput Laut (Kappaphycus alvarezii) Di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. https://www.researchgate.net/publication/309962748.

Horne, R.A. 1969. Marine chemistry, the structure of water and the chemistry of hydrosphere. John Willey & Sons. New York: 212 pp.

Jalil, A.R. 2013. Distribusi kecepatan arus pasang surut pada muson peralihan barat-timur terkait hasil tangkapan ikan pelagis kecil di perairan Spermonde. Depik, 2(1): 26-32April 2013ISSN 2089-7790.

Khan, S.I., and Satam, S.B., 2003. Seaweed Marineculture. Scope and Potential in India. Aquaculture Asia. Vol. 8 (4) : 26-29 pp.

Kordi, 2004. Penanggulang Hama dan Penyakit Ikan. Bina Adiaksara, Jakarta.

Nirmala, K., Arlina R., Syarif B.. 2014. Penentuan kesesuaian lokasi budidaya rumput laut di perairan Teluk Gerupuk - Nusa Tenggara Barat menggunakan penginderaan jauh dan SIG. http://download. portalgaruda.org/article.php?article= 305859&val=207.

Noor, N.M. 2015. Analisis Kesesuaian Perairan Ketapang, Lampung Selatan Sebagai Lahan Budidaya Rumput Laut Kappapycus alvarezii. https://ejournal.unsri.ac.id/ index.php/maspari/article/viewFile/2487/1320.

Poncomulyo, T., Maryani, H. & Kristiani, L. 2006. Budidaya dan Pengolahan Rumput Laut. Jakarta: Agro Media Pustaka

Samad, Firmansyah. (2011). Analisis kesesuaian lahan budidaya rumput laut menggunakan penginderaan jauh dan SIG di Taman Nasional Karimunjawa. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/47156. Institute Pertanian Bogor. Bogor.

Sumich, J.L., 1992. An Introduction to the Biology of Marine Life 5th Edition. Wm.C. Brown Publishers, USA.

Syaifullah, Yunizar B.D, Dodi Hermawan. 2015. Evaluasi Kesesuaian Lokasi Pengembangan Budidaya Rumput Laut (Kappaphycus alvarezii) di Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa kabupaten Serang. https://www.researchgate.net/ publication/322978867.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Jalil, A. . R., Samawi, M. F., Azis, H. Y., Anshari, A. I., Jaya, I., & Malik, A. (2020). Dinamika Kondisi Oseanografi di Perairan Spermonde pada Musim Timur. Prosiding Simposium Nasional Kelautan Dan Perikanan, 7. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/proceedingsimnaskp/article/view/10787