Analisis Kepuasan Konsumen Ikan Hias di Kota Makassar

Authors

  • Isnainul Amaliah Freshgraduate Program Studi Sosial Ekonomi, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Sitti Fakhriyyah Fakhriyyah Program Studi Sosial Ekonomi, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Chasyim Hasani Program Studi Sosial Ekonomi, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Sutinah Made Program Studi Sosial Ekonomi, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Sri Suro Adhawati Program Studi Sosial Ekonomi, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Abd Wahid Program Studi Sosial Ekonomi, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin

Abstract

Kepuasaan konsumen merupakan sangat penting dilakukan oleh suatu usaha bisnis ikan hias karena hal ini sangat menentukan tingkat pertumbuhan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa persen indeks kepuasaan konsumen ikan hias di Pasar Hobi. Pengambilan data pada bulan april sampai mei 2019. Penetuan lokasi dilakukan secara purposive dengan pertimbangan bahwa pasar hobi adalah satu-satunya pasar ikan hias yang ada di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey di mana pengambilan pengambilan data dengan menggunakan kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan rumus linier time function, sehingga jumlah responden yang didapatkan sebanyak 48 orang. Metode analisis yang digunakan importance performance analysis (analisis tingkat kepentingan dan tingkat pelaksanaan) dan costumer satisfaction index (indeks kepuasan pelanggan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 atribut yang diperlukan ditingkatkan kinerjanya dan kepuasan konsumen terhadap kinerja atribut kios ikan hias sebesar 70.5% masuk dalam kategori puas.Kata kunci: ikan hias, kepuasan konsumen, pasar hobi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiguna, Wira. 2011. Perilaku Komunikasi Pemasaran Pembelian Ikan Hias. Skripsi Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Institusi Pertanian Bogor.

Alex, S. 2013. Budidaya Ikan Koi, Ikan Eksotis Yang Menguntungkan. Pustaka Baru Press.

Aryani, Dwi dan Febrina Rosinta. 2011. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia.

Khitam, H. 2006. Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Ikan Hias Air tawar di Pusat Promosi Ikan Hias Sumenep Jakarta Pusat. Skripsi fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Lesmana, Dermawan. 2011. Budidaya Ikan Hias Air Tawar Popular. Jakarta: Penerbar Swadaya

Mateka, Jefri a. 2013. Obyek Wisata Pantai Balekambang Kabupaten Malang Jawa timur. Jurnal Universitas Brawijaya

Sihombing, Febry. 2013. Kontribusi Pendapatan Nelayan Ikan Hias Terhadap Pendapatan Rumah Tangga di Desa Serangan. Jurnal Agribisnis. Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Sudirman Denpasar. Bali

Supranto J. 2001. Pengukuran Tingkat kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Cet ke-2. PT Rineke Cipta Jakarta.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Amaliah, I., Fakhriyyah, S. F., Hasani, C., Made, S., Adhawati, S. S., & Wahid, A. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen Ikan Hias di Kota Makassar. Prosiding Simposium Nasional Kelautan Dan Perikanan, (7). Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/proceedingsimnaskp/article/view/10806