Pengetahuan Pengolah Ikan Asin dan Keberadaan Formalin di Sentra Ikan Asin di Desa Kronjo, Kabupaten Tangerang

Authors

  • Sulthan Salim Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Yuliati H. Sipahutar Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Yudi P Handoko Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Medal L Perceka Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Anugrah Bertiantoro Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Taty Yuniarti Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Abstract

Keamanan makanan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahan tambahan makanan adalah zat yang sengaja ditambahkan ke dalam makanan untuk mempengaruhi sifat alami makanan yang satu adalah formalin. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi formalin pada ikan asin dan tingkat pengetahuan pengolah di sentra ikan asin, di Kronjo, Kabupaten Tangerang. Metode penelitian dilakukan dengan survey yang bersifat deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel acak sederhana, yaitu berdasarkan ikan asin yang paling banyak diminati pembeli. sedangkan tingkat pengetahuanpenjual diukur dengan kuesioner. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung. Pengujian formalin dengan metode kromatofit. Penelitian ini menggunakan 30 responden dan 30 sampel yang diambil dari 8 kelompok pengolah ikan asin. Analisis data dilakukan dengan deskriptif. Sebanyak 9 dari 30 sampel ikan asin yang diuji positif mengandung formalin dan sebanyak 11 dari 30 responden yang memiliki tingkat pengetahuan rendah mengenai bahaya formalin. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan pengolah ikan asin (p< 0,05) terhadap hasil identifikasi formalin padaikan asin di sentra pengolahan ikan asin di Kronjo, Tangerang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, larasati D. N., Pradigdo, S. F., & Rahfiiudin, M. Z. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Pedagang Dengan Kandungan Formalin Pada Ikan Asin (Studi Di Pasar Tradisional Wiiayah Kabupaten Rembang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 8(2), 268–271.

Cahyadi, W. (2008). Analisis dan Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan. Bumi Aksara.

Demalinda, I. O., Salampessy, R. B., & Sipahutar, Y. H. (2020). Analisi Kandungan Formalin Ikan Segar di Pasar Tradisional Depok. Seminar Nasional Tahunan XVV Hasil Penelitian Perikanan Dan Kelautan, 3, 372–378.

Notoatmojo. (2007). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Oheo, D. D., Tosepu, R., & Yasnani. (2020). Analisis Kadar Formalin pada Ikan Asin di Pasar Tradisional Kota Kendari. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1(2), 76–81.

Sahubawa, L., & Ustadi. (2019). Teknologi Pengawetan dan Pengolahan Hasil Perikanan (U. Santoso (ed.); 3rd ed.). Gajah Mada University Press.

Sipahutar, YH, Napitupulu, R. J., & Tambunan, E. (2018). Kajian Penerapan Sertifikat Kelayakan Pengolahan pada Produk Ikan Asin Selar (Selar crumenophtalmus) dalam Upaya Peningkatan Keamanan Pangan di Hajoran, Tapanuli Tengah. SeminarNasional Ikan Ke -10.

Sipahutar, YH, Rahmayanti, H., & Ahmad, R. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Produksi Bersih dan Motivasi Kerja dalam Melestarikan Lingkungan Pesisir (Kasus di Sentra Produksi Ikan Asin Kabupaten Tangerang. Repositori Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Surahy, J., Menyullei, S., & Natsir, M. F. (2020). Analisis Perilaku Penjual Terhadap Kandungan Formalin Ikan Asin di Pasar Tradisional Kota Ambon. Hasanuddin Journal of Public Health, 1(1), 92–100.

Tanjung, Y. A. (2017). Analisis Kandungan Formalin pada Ikan Asin Serta Pengetahuan dan Sikap pembeli di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Kota Medan [Universitas Sumatera Utara]. https://library.usu.ac.id

Wardani, R. I., Mulasari, S. A., Kesehatan, F., Universitas, M., & Dahlan, A. (2016). Identifikasi Formalin Pada Ikan Asin Yang Dijual Di Kawasan Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 10(1), 43–48. https://doi.org/10.12928/kesmas.v10i1.5197

Widayanti, N. P., & Laksmita, A. S. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Penjual Terhadap Identifikasi Formalin pada Ikan Asin di Pasar Tradisional Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Medicamento, 3(1), 44–47.

Yusfiani, M., & Dharma, B. (2016). Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pekerja Perikanan Terhadap Bahan Tambahan Pangan (BTP) Berbahaya. Berkala Perikanan Terubuk, 44(2), 1–13. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JT/article/view/3462

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Sulthan Salim, Yuliati H. Sipahutar, Yudi P Handoko, Medal L Perceka, Anugrah Bertiantoro, & Taty Yuniarti. (2021). Pengetahuan Pengolah Ikan Asin dan Keberadaan Formalin di Sentra Ikan Asin di Desa Kronjo, Kabupaten Tangerang. Prosiding Simposium Nasional Kelautan Dan Perikanan, (8). Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/proceedingsimnaskp/article/view/14917