Peran Media Baru bagi Nelayan dalam Rantai Distribusi Pangan Sehat
Abstract
Penggunaan teknologi aplikasi yang berbasis internet tumbuh secara masif di berbagai sektor baik pertanian, pendidikan (7pagi; Asdos), transportasi (Go-Jek; Grab) maupun kesehatan (Calorie counter; NikeBoom). Semua sektor tersebut sudah memanfaatkan perkembangan aplikasi, di sektor pertanian memberikan fasilitas untuk mendekatkan dan kemudahan kepada konsumen untuk mendapatkan produk yang terjamin kualitasnya. Misalnya Brambang.com; Sayurbox; Limakilo.id; RegoPantes.com untuk mendapatkan produk sayur segar dan buah juga bumbu. Perkembangan teknologi tersebut harus pula memberikan kemajuan pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Meski sudah dikembangkan teknologi aplikasi untuk kemudahan nelayan, namun dalam implementasinya justru bias. Nelayan bukannya terbantu, namun justru kebingungan menggunakan aplikasi. Kesenjangan siber di area rural dan urban memang disinyalir menjadi penyebab hambatan dan kendala implementasi teknologi baru. Di sisi lain potensi pasar pangan sehat dari hasil tangkapan maupun produksi nelayan sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengkaji peran media baru (aplikasi) dalam rantai distribusi pangan sehat generasi era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah netnografi dilengkapi dengan studi literatur dengan analisa deskriptif. Seiring dengan kebijakan dari pemerintah tentang gerakan makan ikan, seharusnya kemajuan teknologi aplikasi semakin membantu nelayan mewujudkan peningkatan penghidupannya.
Kata kunci: media baru (start up), nelayan, rantai distribusi, pangan sehat
References
Artmann Christian. 2009. The Value of Information Updating in New Product Development. Lecture Note in Economics and Mathematical Systems. Berlin Heidelberg: Springer
Chafry Dave and Smith PR. 2008. eMarketing eXcellence Planning and optimizing your digital marketing. Third edition. UK and USA: Butterworth-Heinemann Elsevier
Frick, Tim. 2010. Return on Engagement Content, Strategy, and Design Techniques for Digital Marketing. USA and UK: Focal Press Elsevier.
Hendricks, John Allen. 2010. The Twenty-First-Century Media Industry. Editor. Lanham, Boulder, New York, Toronto, Playmouth-UK: Lexington Books A Division of Rowman & Littlefield Publisher, Inc
McGinnis, J. Michael, Gootman, Jennifer Alppleton, Kraak, Vivica I. 2001. Food Marketing To Children and Youth. Editors. Washington, DC: The Academies Press
Megrey, Bernard A. and Erlend Moksness. 2009. Computers in Fisheries Research. Editors. Second Edition. Springer
Penn, Christoper S. Marketing White Belt Basics for the Digital Marketer. iBook. diakses pada tanggal 25 April 2018
Rowan, Will. 2002. Digital Marketing: Using New Technologies to Get Closer to Your Consumer. UK and USA: Kogan Page
Ryan Damian and Jones Calvin. 2009. Understanding Digital Marketing Marketing strategies for engaging the digital generation. London and Philadelphia: Kogan Page
Weber, Larry. 2009. Marketing To Social Web How Digital Customer Communities Build Your Business. Second edition. New Jersey: John Wiley & Son, Inc.
……… 2003. Liberalising Fisheries Markets Scope and Effect. France: OECD (Organisation for Economics Co-operation and Development
………. 2006. Using Market Mechanism To Manage Fisheries Smoothing The Path. France: OECD (Organisation for Economics Co-operation and Development