Prosiding Simposium Nasional Kelautan dan Perikanan V Universitas Hasanuddin, Makassar, 5 Mei 2018 73 Gerakan Heaving Kapal Pancing Tonda Pada Gelombang Following Seas di Kabupaten Sinjai
Abstract
Kapal pancing tonda sering kali mengalami kecelakaan pada saat pengoperasian,namun hal ini tidak muncul di public dikarenakan tidak adanya pelaporan dan pencatatan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai amplitudo heaving dan frekuensi encounter pada tinggi gelombang yang sering terjadi di Laut Flores. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 20 kapal pancing tonda yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara purposive sampling. Peneliti mengambil 3 sampel kapal terpilih yang ukurannya berbeda yaitu kecil (15,88 m), sedang (18 m), dan besar (20,27 m). Analisis data dan pengolahan data menggunakan program Maxsurfs v.8i dan Auto Cad. Hasil penelitian menunjukkan nilai amplitudo heaving maksimum berkisar antara 0,7134 - 0,4480 m sedangkan minimum berkisar antara -0,7132 sampai dengan -0,4481 m dan frekuensi encounter berkisar antara -3,000 sampai dengan -2,230 rad/s. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kapal dengan kondisi tersebut dapat menimbulkan gerakan heaving yang besar dari arah following seas dan mendapatkan gaya yang besar dari gelombang pada frekuensi encounter.
Kata Kunci: heaving, stabilitas, tonda, kapal pancing, Kabupaten Sinjai.
References
Anadi La. (2012). Pengembangan Teknis Desain Kapal PancingTonda Dengan Material Fiberglass di Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara. Tesis. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Arswendo B & Wempi. (2011). Analisa Kinerja Hull Form Metode Formdata Kapal Ikan Tradisional 28 GT KM. Sido Sejati.KAPAL- Vol. 8, No.1, Februari 2011.
Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sinjai. (2013). Statistik Kelautan Perikanan Kabupaten Sinjai (2009-2013).
Fyson J. (1985). Design of Fishing Vessel. FAO-Fishing News Book, Ltd. England.
Hadi E., Parlindungan M. & Juwanto. (2012). Analisa Performance Kapal Ikan Tradisional KM. Rizky Mina Abadi Dengan Adanya Modifikasi Palka Ikan Berinsulasi Polyurethane.KAPAL- Vol. 9, No.2 Juni 2012.
Hind J. (1982). Stability and Trim of Fishing Vessels. Fishing News (Books) Ltd. Second Edition.
Husni E. (2003). Analisis Gerakan Coupled Heaving-Pitching Kapal Purse Seine Terhadap Gelombang Reguler Head Seas. Tesis. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Hutauruk, Ronald & Hendrik. (2012). Kajian terhadap Rekomendasi Keselamatan Kapal Ikan Bergeladak (Decked Vessels) di Bawah 12 m. Seminar Nasional Pascasarjana XII – ITS, Surabaya 12 Juli 2012 ISBN No.979-545-0270-1.
Putra F.ND & Manan A. (2014). Monitoring Hasil Perikanan dengan Alat Tangkap Pancing Tonda di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, Kabupaten Trenggalek, Propinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Vol. 6 No. 1.
Sayuti W. (2013). Simulasi Numerik Gerak Heaving dan Pitching Kapal Feri di Atas Gelombang. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Makassar.
Trimulyo A., Untung B. & Nico D. (2012). Perancangan Software Untuk Desain Lines Plan Kapal Perikanan Berdasarkan Gross Tonnage Kapal Perikanan di Kabupaten Batang.KAPAL- Vol. 9, No.2 Juni 2012.
Yusuf, A. (2013). Indeks Kelaiklaitan Kapal Perikanan Pada Kapal Puurse Seine, Payang Dan Gillnet di Kabupaten Takalar. Tesis tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin. Makassar.