Strategi Pemasaran Bandeng Presto
Abstract
Strategi pemasaran yang tepat dimulai dari evaluasi diri baik secara internal maupun eksternal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran (7P) yang diterapkan di
UMKM Tegar Mandiri di Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros. Sampel sebanyak 20 orang
yang ditentukan dengan teknik Cluster sampling. Penelitian ini menunjukkan nilai rerata pada
setiap aspek pada tanggapan produsen (Internal) : product 3,3 kategori sangat baik, price 3 kategori
baik, place 2,6 kategori baik, promotion 2,5 kategori kurang baik, people 2,5 kategori kurang baik,
process 2,8 kategori baik, physical evidence 2,8 kategori baik. Berdasarkan tanggapan konsumen
rerata pada setiap aspek (Eksternal): product 3,1 kategori baik, price 3 kategori baik, place 2,6
kategori baik, promotion 1,7 kategori tidak baik, people 3 kategori baik, process 3 kategori baik,
physical evidence 2,6 kategori baik. Hasil ini menandakan diperlukan sebuah kebijakan yang kuat
untuk memperbaiki strategi pemasaran pada aspek promotion, sehingga diperoleh kemajuan secara
maksimal untuk produsen UMKM Tegar Mandiri.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, UMKM Tegar Mandiri, Marketing Mix.
References
Adhaghassani, Sefti Fakhriyyan. 2016. Strategi Bauran Pemasaran 7p (product, price,
place, promotion, people, process, physical evidence) di cherryka bakery.
Arifudin, 1988. Pengolahan Bandeng (Channos channos Forsk) Duri Lunak di
kabupaten Batang
Arikunto, Shuarsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: PT. Rineka Cipta
Kotler & Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. (Alih Bahasa: Bob Sabran,
M.M). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nasution, Rozaini. 2003. Tekhnik Sampling. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas
Sumatera Utara
Susanto, Purnowati, 2010 Penggunaan Daging Dan Tulang Ikan Bandeng (Chanos
chanos) Pada Stik Ikan Sebagai Makanan Ringan Berkalsium Dan Berprotein
Tinggi