Status Konservasi Vegetasi Pohon di Lahan Bera Womnowi Sidey Manokwari (Sebuah Catatan Kecil Inventarisasi Vegetasi di Hutan Sekunder Papua Barat)

Slamet Arif Susanto

Abstract


Studi konservasi di hutan sekunder khususnya di lahan bera penting di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan membuat sebuah catatan kecil inventarisasi vegetasi pohon di lahan bera Womnowi Sidey Manokwari berdasarkan data Union for Conservation of Nature Resources (IUCN). Penelitian ini menggunakan metode analisis vegetasi―sebuah teknik continuous strip sampling, 10 x 10 meter untuk fase tiang dan 20 x 20 meter untuk fase pohon yang dilakukan pada awal bulan Mei 2018. Total individu jenis yang diinventarisasi pada luas satu hektar adalah 378 individu terdiri dari 65 jenis tiang dan pohon. Hasil menunjukkan vegetasi pohon didominasi oleh status LC. Dua jenis telah teridentifikasi sebagai NT dan V pada fase tiang: Aglaia odorata Lour. (NT) and Intsia bijuga (Colebr.) Kuntze. (V). Indeks nilai penting (INP) jenis yang tergolong dalam IUCN adalah 76.05% pada fase tiang dan 83.53% pada fase pohon. Jenis dominan mungkin berpengaruh pada status konservasinya, penelitian lanjutan yang komprehensif perlu dilakukan dibeberapa tipe lahan bera di Papua Barat.

Kata kunci: bera, konservasi, vegetasi pohon, analisis vegetasi, Manokwari


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20956/bioma.v4i2.6693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 BIOMA Stats

Flag Counter

 

 

 

INDEXING/ABSTRACTING BY

 

  

 

 

 

CC0
To the extent possible under law, Slamet Santosa has waived all copyright and related or neighboring rights to Bioma : Jurnal Biologi Makassar.