PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PENULISAN CERPEN SMP NEGERI 18 LAU, KABUPATEN MAROS

I Nani I Nani, Nurhayati Nurhayati, Munirah Hasjim

Abstract


This research aimed (1) to explain the learning process in writing short stories using the Learning-Based Project Methode by Class VIII at Lau State Junior High School, Maros Regency; (2) to explain the learning tesult of the short stories after the implementation of the model of the Learning-Based Project Methode by Class VIII at Lau State Junior High School, Maros Regency.

The research type used was the Classroom Action Research, know as Penelitian Tindakan Kelas (PTK) or the Classroom Action Research. This Classroom Action Research implemented several cyrcle in its implementation.

The research results indicated that there had been inceases of the process and the learning achievement of the students. Meanwhile, the learning result of the control class showed a difference. Cycle I reached the mean result of 70,86 and the cycle II reached the mean value of 72,11. However, such difference did not show any increase in the learning result. Both cycle could be categorized as adequate. The learning achievement of the experiment class showed a difference which was significant enough. Cycle I reached the mean value of 79,76 and could be categorized as adequate, while cycle II reached the mean value of 84,79 which was categorized as good. This revealed the learning increase which was significant enough.


Keywords


writing; learning; model

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Muksin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: Usaha Nasional.

Alwi, Hasan, dkk., 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

Ansari. 2000. Tentang fiksi (pengantar singkat cerita pendek dan novel). Makassar: FBS. UNM.

Arikunto, Suharsimi. 2010. ProsedurPenelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badrun, Ahmad 1983. Pengantar Ilmu Sastra. Surabaya. Usaha Nasional.

Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.

Darmadi, kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Dewey, John diterjemahkan oleh John De Santo. 2002. Experience and Education. Yogyakarta: Kepel Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Nuansa.

Dola, Abdullah. 2010. Tataran Sintaksis dalam Gramatika Bahasa Indonesia. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Gani, Asriani. A. 2005. Keefektifan Penggunaan Metode Experiential Learning dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri I Mare Kabupaten Bone. Skripsi (tidak diterbitkan). Makassar.

Indayati, Wiji. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menggunakan Teknik Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Menulis pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sumbermanjing, Malang.”. Tesis (tidak diterbitakan). Malang. (online) tanggal 27 April 23.51 wita.

Jabrohim. 2009. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik Edisi Empat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.

Mappiare, Andi. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Nafiah, A. Hadi. 1981. Anda Ingin Jadi Pengarang. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurdin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurjanah, Sitti. 2016. Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Windows Movie Maker dalam Upaya Peningkatan Menulis Cerpen (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IX SMP Islam Assabiquun Kabupaten Bekasi).”. Tesis (tidak diterbitakan). Pasundan. (online) tanggal 26 April 23.00 wita.

Prodotokusumo, Partini Sujono.1986. Karya Sastra Kakawin Abad Abad ke-20 Suntingan Naskah serta Telaah Struktur, Tokoh dan hubungan Antareks. Bandung: Binacipta.

Riyadi, Hasan. 2015. Keefektifan Model Project Based Learning untuk Pembelajaran Menyusun Teks Biografi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan. Skripsi (tidak diterbitakan). Yogyakarta. (online) tanggal 6 Desember 2017 pukul 16.00 wita.

Sakaria. 2009. Kemampuan Menulis Cerpen dari Media Karikatur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 barebbo Kabupaten Bone. Skripsi (tidak diterbitkan). Makassar

Soedjito. 1986. Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Remaja Karya Bandung.

Sudyana. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 1 Tumi Jajar Tahun Pelajaran 2015-2016. Tesis (tidak diterbitakan). Bandarlampung. (online) tanggal 26 April 23.00 wita.




DOI: http://dx.doi.org/10.34050/jib.v6i2.4798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

P-ISSN: 2354-7294
E-ISSN: 2621-5101