FORMULASI KEBIJAKAN KOMUNIKASI UNTUK PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN KESEHATAN

Aji Muhawarman, Dumilah Ayuningtyas, Miananiarti Misnaniarti

Abstract

Komunikasi adalah faktor penting dalam keberhasilan implementasi kebijakan dan program pemerintah. Beberapa temuan hasil riset dan pemberitaan di media menunjukkan bahwa masih terdapat kebijakan danprogram kesehatan yang belum berhasil mencapai target, yang mungkin disebabkan karena tidak berjalannya fungsi komunikasi secara optimal. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses kebijakan dan menghasilkan formulasi kebijakan komunikasi publik (berupa rancangan pedoman). Desain penelitian deskriptif menggunakan metodologi kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, focus group discussion dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan fungsi komunikasi yang dijalankan telah mengalamikemajuan, tetapi masih ada permasalahan dan tantangan, baik internal maupun eksternal, antara lain belum memiliki pedoman komunikasi yang dijadikan acuan dalam mengarahkan, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan fungsinya sehari-hari dan mengatur hal-hal kehumasan yang mendasar dan menyeluruh. Disimpulkan bahwa fungsi komunikasi yang dijalankan Unit Hubungan Masyarakat Kementerian Kesehatan belum berjalan secara optimal. Direkomendasikan segera adanya pedoman yang mengatur fungsi komunikasi secara terintegrasidan komprehensif dalam hal kelembagaan, kegiatan, tata laksana kerja dan sumber daya. Hasil penelitian ini diharapkan akan diadopsi menjadi regulasi dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan kesehatan di Indonesia.

References

1. Edward III GC. Implementing Public Policy. Washington: Quarterly Press;1980.

2. Kementerian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan; 2013.

3. Badan Pusat Statistik. Survei Demografi Kesehatan Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik RI; 2012.

4. Suryaningsih C. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan Ibu Post Partum tentang ASI Eksklusif. Jurnal Keperawatan Soedirman. 2013;8(2):77-86

5. WHO. Global Adult Tobacco Survey: Indonesia Report 2011. India: WHO, Regional Office for South East Asia; 2012.

6. Winarno B. Kebijakan Publik (Teori, Proses dan Studi Kasus). Yogyakarta: CAPS; 2012.

7. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1144 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

8. Kriyantono R. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group; 2012.

9. Ghony, M,& Almanshur, F. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media; 2012.

10. Ayuningtyas D. Kebijakan Kesehatan: Prinsip dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers; 2014.

11. Kingdon JW. Agenda, Alternatives and Public Policies. London: Pearson Education Limited; 2014.

12. Buse, K, Mays, N. & Walt, G. Making Health Policy, Understanding Health Policy. New York: Open University Press; 2005.

13. Ardianto, E., Komala, L. & Karlinah, S. Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media; 2014.

14. Wibowo A. Metodologi Penelitan Praktis Bidang Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers; 2014.

15. Peraturan Menteri Negara PAN Nomor PER/4/M.PAN/4/2007 tentang Pedoman Umum Formulasi, Implementasi, Evaluasi Kinerja dan Revisi Kebijakan Publik di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah. Jakarta: Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara. 2007.

16. Anderson JE. Public Policymaking: an Introduction. Boston USA: Houghtin Miffin Company; 2003.

17. Fischer, F., Miller, G. J. & Sidney, M. S. Handbook of Public Policy Analysis; Theory, Politics and Methods. USA: CRC Press;2007.

18. Liliweri A. Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Jakarta: Pustaka Pelajar; 2007.

19. Ayuningtyas D. Kotak Hitam Sistem Penetapan Kebijakan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2008;11(2):44-48.

20. Wasesa, S. A. & Macnamara, J. Strategi Public Relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2010.

Authors

Aji Muhawarman
muhawarman@gmail.com (Primary Contact)
Dumilah Ayuningtyas
Miananiarti Misnaniarti
Muhawarman, A., Ayuningtyas, D., & Misnaniarti, M. (2017). FORMULASI KEBIJAKAN KOMUNIKASI UNTUK PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN KESEHATAN. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(2), 97-106. https://doi.org/10.30597/mkmi.v13i2.1980
Copyright and license info is not available

Article Details