PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN IMUNISASI

Millah Mutmainnah, Balqis Balqis, Darmawansyah Darmawansyah

Abstract


Selain cakupan imunisasi, salah satu target keberhasilan kegiatan imunisasi adalah tercapainya Universal Child Immunization (UCI), yaitu cakupan imunisasi lengkap bayi, secara merata pada bayi di 100% desa/kelurahan pada tahun 2010. Pentingnya imunisasi didasarkan pada pemikiran paradigma sehat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kelas sosial, keluarga, motivasi, serta pengetahuan dengan pemanfaatan pelayanan imunisasi. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 74 responden, yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah ibu bayi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total 74 responden terdapat 67,6% dari kelas sosial tinggi dan 32,4% dari kelas sosial rendah, 64,9% yang mendapat dukungan keluarga yang cukup dan 35,1% yang mendapat dukungan keluarga yang kurang, 67,6% memiliki motivasi yang cukup dan 32,4% memiliki motivasi yang kurang, serta 54,1% memiliki pengetahuan yang cukup dan 45,9% memiliki pengetahuan yang kurang. Dan yang memanfaatkan pelayanan imunisasi sebesar 46 responden (62,2%) dan yang tidak memanfaatkan pelayanan imunisasi sebesar 28 responden (37,8%). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan kelas sosial dengan pemanfaatan pelayanan imunisasi, dan adanya hubungan keluarga, motivasi,serta pengetahuan dengan pemanfaatan pelayanan imunisasi.


Keywords


Imunisasi, perilaku konsumen, pemanfaatan pelayanan

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan;2009.

Hanum, Marimbi. Tumbuh Kembang Status Gizi dan Imunisasi Dasar pada Balita. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.

WHO. Global Programme for Vaccines and Immunication. Geneva: The Expended Progaram, World Health Organization; 2008

Puskesmas Antang. Profil Data Imunisasi Puskesmas Antang Kota Makassar 2011-2012. Makassar: Puskesmas Antang; 2013.

Mardiana, Nita. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Imunisasi Dasar di Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2007 (Analisis Data Riskesdas dan Susenas Tahun 2007) [Tesis]. Depok: Universitas Indonesia; 2010.

Dinas Kesehatan Kota Makassar. Profil Kesehatan Kota Makassar. Makassar: Dinas Kesehatan; 2012.

Supriyanto. Ernawaty. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: C.V Andi Offset; 2010.

Husain. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Bonto Haru Kabupaten Selayar [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2003.

Prasetijo, Ristiyanti & John Ihalauw. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi; 2005.

Ismaniar, Nur Inayah. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Antenatal Care di Puskesmas Antara Kota Makassar Tahun 2013 [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2013.

Barmo, Steffi. Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar Tahun 2013 [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2013.

Mujahidah, Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Konsumen dalam Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Marusu Kab. Maros Tahun 2013 [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2013.

Abu, Asrie. Faktor Perilaku Konsumen Pelayanan Kesehatan yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Antenatal Care di Puskesmas Bontosunggu Kabupaten Jeneponto [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin;2012.

Schiffman, Leon G, dan Lesli Lazr Kanuk. Consumer behavior, 7th Editon, Pren tice Hall Inc. New Jersey: Upper Saddle River; 2000.

Fasyah, Arphan Nur. Upaya Pemanfaatan Pelayanan KIA (ANC) Berdasarkan Karakteristik Ibu dan Faktor Perilaku Konsumen di Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2008.

Notoatmodjo, S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.

Mashuri, Muh Irfan. Gambaran Kinerja Perawat di Puskesmas Baranti dan Puskesmas Manisa Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2013 [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v10i4.505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published By:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats