HARAPAN DAN KENYATAAN PASIEN JKN TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UNHAS

Nurul Istiqna

Abstract


Peta alur penyelenggaraan BPJS tertera bahwa kepuasan pasien pada pengguna BPJS, yaitu 75%, dan akan menjadi 85% pada tahun 2019. Berdasarkan data sekunder RS Universitas Hasanuddin bahwa kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat jalan dari Januari-Desember tahun 2014 diperoleh pada triwulan I kepuasan pasien hanya sebesar 66%, pada triwulan II kepuasan pasien hanya sebesar 64,47%, pada triwulan III dan triwulan IV sebesar 100%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesenjangan harapan dan pelayanan yang diterima oleh pasien JKN terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Jenis penelitian ini adalah observational dengan teknik cross sectional. Populasi adalah pasien JKN Instalasi Rawat Jalan pada RS Universitas Hasanuddin sebesar 28.415, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebesar 110. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan metode servqual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelayanan rawat jalan yang diterima pasien JKN terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di RS Universitas Hasanuddin, belum memuaskan dengan nilai gap sebesar -0,07. Dari segi variabel, pasien merasa belum puas terhadap kompetensi teknis petugas -0,07, akses pelayanan -0,07, efektivitas pelayanan -0,17, efisiensi pelayanan -0,04, kesinambungan pelayanan -0,05, keamanan -0,06, kenyamanan -0,02, informasi -0,05, ketepatan waktu -0,13, dan variabel hubungan antar manusia -0,03. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pasien tidak puas terhadap kualitas pelayanan rawat jalan.


Keywords


Kualitas pelayanan, gap, kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References


UU No. 40 Tahun 2004. Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: Kementrian Kesehatan.

UU No. 44 Tahun 2009. Tentang Rumah Sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan.

Krisnadewi, A. K. Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Instalasi Farmasi Rsud Waluyo Jati Kraksaan Sebelum Dan Sesudah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan [Skripsi]. Jember: Universitas Jember; 2014

Tjiptono, F. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi; 1996.

Yunevy, E, Haksama, S. Analisis Kepuasan Berdasarkan Persepsi Pasien dan Harapan di Puskesmas Medokan Ayu. Jurnal Kesehatan Indonesia. 2013; 1(1): 9-20.

Isnawan, A. N. Kualitas Pelayanan Kesehatan Pelanggan Askes Rawat Jalan Di RSUD Dr. Soebandi Kabupaten Jember [Skripsi].

Jember: Universitas Jember; 2013.

Ulinuha, F. E. Kepuasan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) terhadap Pelayanan di Unit Rawat Jalan (URJ) Rumah Sakit Permata Medika [Skripsi]. Semarang: Universitas Diponegoro; 2014.

Saputra, M. Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Narapidana di Poliklinik Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2014.

Ashmita, P. Analisis Pengaruh Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Dokter terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum [Tesis]. Semarang: Universitas Diponegoro; 2008.

Hamid, R. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Batua Makassar [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v11i4.545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published By:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats