PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS IQRA TERHADAP HIV DAN AIDS DI KABUPATEN BURU

Andi Ummu Salmah, Nurjanna La Adili, Rahma Rahma

Abstract


Sangat sedikit kaum muda yang memiliki pengetahuan yang memadai dan benar tentang IMS termasuk HIV dan AIDS. Dilaporkan setiap 14 detik satu orang remaja terinfeksi HIV dan AIDS. Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan perilaku terhadap HIV dan AIDS pada mahasiswa Fakultas Agama Islam (program studi Pendidikan Agama Islam dan program studi Komunikasi Penyiaran Islam) Universitas Iqra Buru di Kabupaten Buru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Populasi adalah seluruh mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Iqra Buru. Sampel adalah 60 mahasiswa Fakultas Agama Islam. Penarikan sampel menggunakan stratified random sampling dengan besar sampel 41 mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam dan 19 mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam. Analisis data yang dilakukan adalah uji t independen. Hasil penelitian diperoleh variabel yang menunjukkan perbedaan signifikan (p<0,05) yaitu pengetahuan (p=0,001) dan tindakan (0,000) sedangkan variabel yang tidak memiliki perbedaan adalah sikap (0,143) terhadap HIV dan AIDS. Kesimpulan dari penelitian bahwa ada perbedaan pengetahuan dan tindakan mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam dan program studi Komunikasi Penyiaran Islam.


Keywords


Pengetahuan, sikap, tindakan, mahasiswa, HIV dan AIDS

Full Text:

PDF

References


Hidayat, O, Giyasrih,S.R. Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Tentang Bahaya Penyakit AIDS. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Masyarakat. 2012;3(1): 162-164.

Suniarti, S. Perkembangan HIV dan AIDS di Indonesia: Tinjauan Socio Demografis. PPKLIPI. 2008;3(2): 56-60.

Puskesmas Rijali. Laporan Data HIV/AIDS. Maluku. Puskesmas Rijali; 2010.

Company-Community Partnerships for HealthIndonesia,Catatan Pertemuan Forum Diskusi HIV & AIDS IX Program Pencegahan HIV Di Industri Pertambangan: Program Pencegahan HIV di Industri Pertambangan, CCPHI, Jakarta; 2013.

Sudikno, Bona,S, Siswanto. Pengetahuan HIV dan AIDS Pada Remaja di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi. 2011;1(3):145-154.

Rodiah. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Sikap terhadap HIV/AIDS Mahasiswa yang Tinggal di Asrama Kalimantan Timur di Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Reproduksi. 2007;4(2): 23-4.

Oktarina, Hanafi, F, Budisuari, M, A. Hubungan antara Karakteristik Responden, Keadaan Wilayah dengan Pengetahuan, Sikap Terhadap HIV/AIDS pada Masyarakat Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 2009; 12(4): 362-369.

Lintang J, Pangemanan, J, Henry, M,F,P. Perilaku Mahasiswa Fakultas Kedokteran Program Studi Kedokteran Umum Tahap Profesi dan Program Studi Keperawatan terhadap HIV/AIDS di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal e-Biomedik (eBM). 2012;1(1): 1-5.

Sambono,M,M. Studi Perilaku Siswa SMA Ronevan Tual terhadap Pencegahan HIV/AIDS di Kelurahan Dullah Selatan Kota Tual. Jurnal MKMI. 2013;9(1): 1-6.

Siwy, D. Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Tentang HIV/AIDS dengan Tindakan Pencegahan pada Mahasiswa Angkatan 2010 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado [Skripsi]. Manado: Universitas Sam Ratulangi; 2013.

Mahmuda L. N. Peningkatan Pengetahuan Tentang Reproduksi Sehat pada Siswi SMK Pertiwi Desa Ngabeyan, Mangkuyu dan, Kartasura, Sukoharjo. Jurnal WARTA 2009;12(1): 55-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v11i4.532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published By:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats