HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN HIV DAN AIDS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM LABUANG BAJI MAKASSAR

Sutriani Sutriani

Abstract


Jumlah orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) semakin meningkat sehingga kebutuhan terhadap layanan kesehatan juga semakin meningkat. Rumah Sakit Labuang Baji adalah salah satu rumah sakit yang ditunjuk pemerintah untuk memberikan layanan HIV dan AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan HIV dan AIDS pada dimensi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsivenes), kepastian jaminan (assurance), kemampupahaman (empathy) dan penampilan fisik (tangible) terhadap kepuasan pasien di RSU Labuang Baji. Metode penelitian adalah observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional study dengan besar sampel sebanyak 192 responden yang diambil secara accidental sampling. Uji analisis yang digunakan, yaitu uji chi square dengan α=0,05 dan uji koefisien phi untuk melihat kekuatan hubungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan HIV dan AIDS berdasarkan reliability (p=0,000 dan φ=0,259), responsiveness (p=0,000 dan φ=0,357), assurance (p=0,000 dan φ=0,393), empathy (p=0,000 dan φ=0,326), tangible (p=0,000 dan φ=0,446), dengan kepuasan pasien di RSU Labuang Baji Makassar. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kehandalan, ketanggapan, kepastianm jaminan, kemampupahaman, penampilan fisik terhadap kepuasan pasien.


Keywords


Kualitas pelayanan, kepuasan, HIV dan AIDS

Full Text:

PDF

References


Djauzi,S dan Djoerban,Z. HIV/AIDS di Indonesia. Dalam Sudoyo, A.W. dkk,ed. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Ed.IV jilid II. Jakarta: Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI; 2006.

Joint United Nations Programme on HIVAIDS (UNAIDS). Report on the global AIDS; 2008. [diakses 26 Februari 2012]. Available at: epidemic.http://www.unaids.org/en/dataanalysis/epidemiology2008reportontheglobalaidsepidemic/.

Amiruddin R. Epidemiologi Perencanaan & Pelayanan Kesehatan. Masagena Press, Makassar; 2011.

Kartika. Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Daerah untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien di Jawa Timur; 2008. [Online Jurnal [diakses 26 Februari 2012]. Available at : http://jurnal.pdii.lipi.go.id/Admin/jurnal/6edkhusus08124133.pdf

Dinas Kesehatan. Laporan Jumlah Kasus HIV/AIDS menurut Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan; 2011.

Pedoman Pengembangan Jejaring Layanan Dukungan, Perawatan & Pengobatan HIV & AIDS 2007. [diakses 5 Februari 2012]. Available at: http://spiritia.or.id/Dok/ppj70.pdf.

Wijono. Manajemen Mutu Rumah sakit dan Kepuasan Pasien, Penerbit Duta Prima Airlangga Surabaya; 2008.

Noor, D, M, Indar, Abdullah, Z. Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Tahun 2009 [Tesis]. Program pasca sarjana Universitas Hasanuddin Makassar;2009.

Yunarto. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Tugurejo Semarang; 2009. [diakses 17 Maret 2012]. Available at : http://eprints.undip.ac.id/26417/2/AnalisispengaruhlayananterhadapkepuasanpasienrawatinapdiRumahSakitUmumDaerah.pdf

Hufron, A dan Supratman. Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkap Kepuasan di Puskesmas Penumping Kota Surakarta; 2008. [diakses 17 Maret 2012]. Available at : http://eprints.ums.ac.id/1101/1/3d.pdf

Nurjannah. Tingkat Kepuasan Peserta GMCAskes Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan; 2004. [diakses 17 Maret 2012]. Available at : http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?datid=2451

Asmidar, A dan Abdullah, Z. Studi Mutu Pelayanan Berdasarkan Kepuasan Pasien di Klinik Ggi dan Mulut RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar; 2008. [diakses 16 Maret 2012]. Available at : http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/720899106_14128926.pdf

Habibi. Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Inap dengan Kepuasan Pasien di RSU Lasinrang Pinrang [Skripsi]. Universitas Hasanuddin Makassar; 2010.

Aty U. Spiritualisasi dan Kepemimpinan (Studi Kualitatif pada RSUP DR.Wahidin Sudirohusodo Makassar [Tesis]. Program Pasca sarjana Universitas Hasanuddin Makassar; 2004.

Winanti. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Klaten Tahun 2007; 2007. [diakses 25 Februari 2012]. Available at :http://eprints.undip.ac.id/10103/1/3217.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v9i4.455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published By:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats