Promosi Kesehatan “Sadari” Menggunakan Instagram pada Mahasiswi Non Kesehatan Universitas Andalas

Ayulia Fardila Sari ZA, Nengsih Purnama Sari, Nabila Nabila

Abstract


Angka kejadian kanker payudara di Provinsi Sumatera Barat menempati urutan ketiga dari 34 provinsi di Indonesia, dengan estimasi jumlah penderita kanker payudara sebanyak 2.285 orang. Berdasarkan studi awal, diperoleh 18 dari 30 orang mahasiswi mengetahui istilah upaya deteksi dini Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari), tetapi 14 orang belum pernah melakukannya. Inovasi promosi kesehatan yang melibatkan pemanfaatan sosial media Instagram diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan persepsi kegunaan teknologi dalam menekan angka kejadian kanker payudara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh promosi kesehatan Sadari melalui media sosial Instagram terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan persepsi kegunaan teknologi pada mahasiswi non kesehatan Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan pendekatan non equivalent pre test post test design. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswi fakultas Non-Kesehatan Universitas Andalas dengan jumlah 61 orang. Hasil penelitian terdapat perbedaan skor rata-rata pengetahuan, sikap, dan persepsi kegunaan teknologi responden sebelum dan sesudah promosi kesehatan Sadari (p value<0,05) serta Instagram dapat memberikan kemudahan pada pengguna dalam melakukan penyebaran informasi kesehatan secara visual seluas mungkin dengan tampilan yang menarik.

Keywords


Promosi kesehatan, sadari, instagram

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Infodatin Kanker. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2017.

Latest Global Cancer Data: Cancer Burden Rises to 18.1 Million New Cases and 9.6 Million Cancer Deaths in 2018 [Press Release]. WHO IARC; 2018.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Bulan Peduli kanker. In:Indonesia KKR, editor. Jakarta; 2015.

Rahmi H. Pengaruh Promosi Kesehatan Melalui “Instagram” terhadap Pengetahuan dan Sikap “Sadari” pada Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas [Skripsi]: Padang: FKM Universitas Andalas;2017.

Putri O. Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara di Poliklinik Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017 [Skripsi]. Padang: FK Universitas Andalas; 2017.

Mulyani NS, Nuryani. Kanker Payudara dan PMS pada Kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2013.

ComScore Announces Launch of MMX MultiPlatform, As Well As Major Enhancements to Mobile Metrix in Indonesia with Introduction of Mobile Consumer Panel Data [Press Release]; 2017.

Sari RP. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Berupa Facebook dan Instagram Untuk Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa Non Kesehatan Tentang Dagusibu di Universitas Muhammadiyah Purwokerto [Skripsi]. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto; 2017.

Althunayan A, Alsalhi R, Elmoazen R. Role of Social Media In Dental Health Promotion and Behavior Change In Qassim Province, Saudi Arabia. International Journal of Medical and Health Research. 2018;4(2):98-103.

Alessandro R. Marcon et al. Protecting, Promoting, and Supporting Breastfeeding on Instagram. Wiley Maternal and Child Nutrition Journal. 2018;15(1):1-12.

Universitas Andalas. Available at: https:// www.unand.ac.id/id/sejarah.html.

Silalahi V, Lismidiati W, Hakimi M. Efektivitas Audio Visual dan Booklet sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Perilaku Skrining IVA. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2018;14(3):304-315.

Notoatmojo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rinneka Cipta; 2014.

Herawati N, M Damris, Marshal J. Studi Perbandingan Promosi Kesehatan Antara Leaflet dengan Video terhadap Pengetahuan tentang Kanker Payudara dan Keterampilan Deteksi Dini Kanker Payudara (Sadari) pada Remaja Putri di Jurusan Kebidanan Poltekes Jambi Tahun 2016. Tekno Pedagogi.2017;7(2).

Einas Al Eisa et al. Effect of Motivation by “Instagram” on Adherence to Physical Activity among Female College Students. BioMed Research International. 2016;(10):1-6.

Kholid A. Promosi Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers; 2014.

Widodo A, Putri ASA. Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Sikap Penggunaan Teknologi pada Pengguna Instagram di Indonesia (Studi pada Followers Akun Kementerian Pariwisata @indotravel). Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis. 2017;1(1):18-26.

Jogiyanto. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit ANDI; 2007.

Scharl A, Dickinger A, Murphy J. Diffusion and Success Factors of Mobile Marketing. Electronic Commerce Research and Applications. 2005;4(2):159-173.




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v15i3.6270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats