PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BPJS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS CEMPAE KOTA PAREPARE

Abidin Abidin

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan dengan tujuan untuk memproteksi seluruh masyarakat dengan premi terjangkau dan dengan coverage lebih luas untuk seluruh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan BPJS kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah seluruhpasien peserta BPJS di Puskesmas Cempae Kota Parepare dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 185 pasien dengan metode penentuan sampel menggunakan metode accidental sampling. Analisis data menggunakan chi square melalui program SPSS versi 21 dengan kriteria α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh kehandalan (p=0,004), ketanggapan (p=0,002) dan empati (p=0,006) terhadap kepuasan peserta BPJS pasien rawat inap di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Kesimpulan dari penelitian bahwa ada pengaruh kehandalan, ketanggapan dan empati terhadap kepuasan peserta BPJS pasien rawat inap di Puskesmas Cempae Kota Parepare.

References

1. BPJS. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial dan Asuransi Kesehatan Swasta. [serial online] 2014. [akses 27 Juni 2015]. Available at : www.duwitmu.com

2. Windhi A. Pelayanan Kesehatan Sumber Terintegrasi ke BPJS Kesehatan. [serial online] 2014. [akses 2 Juli 2015]. Available at : www.centoone.com

3. Hatmoko. Beban Kerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kassi-Kassi Makassar [Skripsi]. Makassar : Universitas Hasanuddin; 2006.

4. Budiastuti. Faktor-Faktor dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. [serial online]. 2002. [akses 2 Juli 2015]. Available at: http//www//klinis.wordpress.

5. BPJS. Minat Masyarakat pada JKN Masih Tinggi. [serial online]. 2014. [30 Juni 2015]. Available at : www.bpjs-kesehatan.go.id

6. Imbalo,S.P. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta : EGC; 2006.

7. Muninjaya. Manajeme Mutu Pelayanan Kesehatan.Jakarta: EGC; 2010.

8. Puskesmas Cempae. Data Pasien Hingga Desember 2014. Parepare : Puskesmas Cempae Kota Parepare; 2014.

9. Muh. Sahir, Amran Razak, Ridwan M. Thaha. Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan bagi Keluarga Miskin pada Puskesmas se-Kabupaten Gowa 2007. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2008; 4(2): 64-70

10. Notoatmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta; 2010.

11. Sugiyono, Statistik untuk Kesehatan. Bandung: Alfabeta; 2010.

12. Milias SP. Studi tentang Kepuasan Pelayanan Pasien Askes Rawat Inap di Puskesmas Kertaraharja Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Kesehatan Bung. 2009;2(2): 48-57.

13. Usman. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Layanan Kesehatan Gratis di Puskesmas Lompoe Kota Parepare. Jurnal Manusia dan Kesehatan. 2014; 2(3): 1-13.

14. Abidin. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare. Jurnal Manusia dan Kesehatan. 2015; 3(1): 83-95.

15. Kurniawati K. Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare. Jurnal Manusia dan Kesehatan. 2015; 3(2): 45-57.

16. Usman. Pengaruh Pelayanan Kesehatan Gratis terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lakessi Kota Parepare. Jurnal Manusia dan Kesehatan. 2013; 1(1): 32-44.

Authors

Abidin Abidin
abidindjalla@yahoo.com (Primary Contact)
Abidin, A. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BPJS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS CEMPAE KOTA PAREPARE. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(2), 70-75. https://doi.org/10.30597/mkmi.v12i2.922
Copyright and license info is not available

Article Details