KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH LEBAR CELAH RELATIF PADA HANGING SHEET PILE BREAKWATER AKIBAT GELOMBANG TIDAK BERATURAN (IRREGULAR WAVE)

Penulis

  • Chairul Paotonan Departemen Teknik Kelautan Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Wahyu Sakinah Kasim Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Ahmad Yasir Baedah Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v1i1.12982

Kata Kunci:

Kata Kunci: Breakwater, Sheet pile, Koefisien transmisi

Abstrak

Breakwater adalah bangunan pantai yang didesain berada di sepanjang garis pantai untuk menanggulangi abrasi yangterjadi akibat aktivitas gelombang laut. Namun, breakwater yang digunakan hingga saat ini konstruksinya menjadisangat besar, akibatnya harga yang dikeluarkan juga sangat mahal. Salah satu solusi yang dapat dikembangkan untukmenggantikan tipe breakwater konvensional tersebut adalah hanging sheet pile breakwater. Parameter pentingkaitannya dengan kinerja struktur hanging sheet pile breakwater adalah besarnya nilai koefisien transmisi (Kt).Gelombang uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah irregular wave. Tujuan penelitian ini adalahmengidentifikasi pengaruh parameter gelombang yaitu tinggi gelombang (H) dan periode gelombang (T) danparameter struktur lebar celah (b) terhadap berbagai variasi spektrum gelombang irregular yang merambat melaluistruktur breakwater. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang dilakukan di Laboratorium Riset TeknologiKelautan Universitas Hasanuddin. Untuk memperoleh tujuan yang ditetapkan, maka dalam penelitian ini dilakukanvariasi tinggi gelombang (H) sebanyak 5 variasi, periode gelombang (T) 5 variasi, lebar celah bangunan (b) 5 variasidan jenis spektrum gelombang yang digunakan adalah spektrum gelombang JONSWAP. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa parameter yang berpengaruh terhadap nilai koefisien transmisi (Kt) pada sheet pile breakwateradalah tinggi gelombang datang (Hi), periode gelombang (T), kecuraman gelombang (Hi/gT2) dan variasi lebar celahstruktur model itu sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

CERC, 1984, Shore Protection Manual Volume I. US Army Coastal Engineering Research Center, Washington. Herbich, J., and Douglas, B., 1989, Wave Transmission Through A Double Row Pile Breakwater. Coastal Engineering

Proceedings, p. 1(21).

Kakuno, S., and Liu, P., 1993, Scattering of Water Waves by Vertical Cylinders, Journal of Waterway, Port, Coastal and Ocean Engineering, 3 (302).

Mani, J., & Jayakumar, S., 1995, Wave Transmission by Suspended Pipe Breakwater. Journal of Waterway, Port, Coastal and Ocean Engineering, pp. 121 (6), 335.

Paotonan , C., & M.C.S, S., 2017, Stress and Deformation of Sheet Pile Breakwater. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Unhas ke-3.

Paotonan, C., 2017, Pendekatan Analitis Gelombang Melalui Pemecah Gelombang Tipe Pilecap, Seminar Nasional Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Triatmodjo, B., 1999, Teknik Pantai, Beta Offset: Yogyakarta.

Wiegel, 1960, Transmission of Waves A Rigid Vertical Thin Barrier, Coastal Engineering. Yuwono, N., 1982, Teknik Pantai, Teknik Sipil UGM: Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-09-17

Cara Mengutip

Paotonan, C., Sakinah Kasim, W. ., & Yasir Baedah, A. (2018). KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH LEBAR CELAH RELATIF PADA HANGING SHEET PILE BREAKWATER AKIBAT GELOMBANG TIDAK BERATURAN (IRREGULAR WAVE). Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 1(1), 68-72. https://doi.org/10.62012/sensistek.v1i1.12982

Terbitan

Bagian

Oseanografi dan Keteknik Pantaian