ANALISA KELELAHAN STRUKTUR FPSO HUSKY OIL 370000 BOPD

Penulis

  • Ratnawati Siburian
  • Muhammad Zubair Muis Alie Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Daeng Paroka Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v1i1.12986

Kata Kunci:

Kata Kunci: FPSO (floating production storage and offloading units), Spectral fatigue analysis, Kurva S-N, Fatigue Life

Abstrak

FPSO (Floating Production Storage and Offloading) adalah sebuah fasilitas di atas bangunan terapung yangdioperasikan di suatu ladang minyak dan gas bumi lepas pantai yang berfungsi untuk menerima, memproses,menyimpan dan menyalurkan hidrokarbon yang secara permanen ditambatkan di tempatnya beroperasi dan dapatdipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Adanya pengaruh beban lingkungan (gelombang) yang bersifat acakdapat mempengaruhi perilaku struktur FPSO pada kekuatan dan umur struktur. Analisa fatigue merupakan suatu carayang dapat dilakukan untuk memperkirakan resiko terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh beban berulang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui umur struktur FPSO units Husky Oil yang beroperasi di Laut China Selatan.Metode yang digunakan untuk menghitung kelelahan struktur yaitu metode spectral fatigue analysis akibat bebansiklik yang terjadi selama operasi. Adapun spektrum gelombang yang digunakan adalah spektrum gelombangJONSWAP dengan menggunakan 2,5 sebagai nilai dari ɣ. Dari hasil perhitungan spektrum JONSWAP kemudiandilanjutkan dengan perhitungan RAO dan perhitungan stress respon spectra. Berdasarkan perhitungan stress responspectra dapat diketahui nilai zero moment dan second moment dengan menggunakan faktor simson, sehingga siklustegangan dapat diketahui. Sedangkan untuk siklus kegagalan menggunakan metode palmgren-miner berdasarkankurva S-N. Dari hasil analisa didapatkan umur kelelahan (fatigue life) untuk FPSO selama 64,274 Tahun

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

API RP2A WSD, 2000, Recommended Practice for Planning, Designing and Constructing Fixed Offshore Platform, 21th edition, Working Stress Design, America Petroleum Institute.

Chakrabarti, S.K., 1987, Hydrodynamics of Offshore Structures, Computational Mechanics Publications Southampton, Boston, USA.

Djatmiko, E.B., 2003, Fatigue Analysis, Kursus Singkat Offshore Structure Design And Modelling, Surabaya. Husky Oil (Madura) Ltd., 2017, Madura BD Field Development Feed Project, Jakarta.

Murdjito, 1996, Diktat Pengantar Bangunan Lepas Pantai, Kursus segitiga Biru ITS–Unhas–Unpati, Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-09-17

Cara Mengutip

Siburian, R. ., Zubair Muis Alie, M. ., & Paroka , D. . (2018). ANALISA KELELAHAN STRUKTUR FPSO HUSKY OIL 370000 BOPD. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 1(1), 89-91. https://doi.org/10.62012/sensistek.v1i1.12986

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan