ANALISIS KEKUATAN ANCHOR CROWN SHACKLE PADA FPU MADURA STRAIT DENGAN VARIASI SUDUT MOORING LINE

Isi Artikel Utama

Imam Ismail
Daeng Paroka
Muhammad Zubair Muis Alie

Abstrak

Floating produciton unit Madura Strait yang akan disingkat FPU adalah suatu struktur terapung yang berfungsi
sebagai unit produksi minyak dan gas yang akan diletakkan pada selat madura yang akan ditambatkan secara
catenary kepada jangkar di dasar laut. Selama pengoperasiannya FPU akan mengalami pergerakan secara terus
menerus akibat hasil respon terhadap beban dinamis yang menghantamnya. Hal ini akan berisiko kepada gagalnya
mooring line. Selain mooring line, kekuatan penyambung rantai juga menjadi salah satu struktur yang mesti
diperhatikan, yaitu anchor crown shackle dan conecting link. Dalam penelitian kali ini bertujuan menganalisa
kekuatan dari anchor crown shackledan connecting link, yang didahulukan dengan mencari nilai tension terbesar
dengan melakukan analisa time domain terhadap mooring line dengan variasi beberapa sudut antar mooring line
pada kondisi ULS dan ALS. Hasil analisanya menunjukkan bahwa variasi sudut antar mooring line sebesar 5°
adalah yang paling aman bagi FPU karena memiliki akumulasi nilai RAO yang rendah dan safety factor mooring
line yang paling tinggi secara akumulasi dalam kondisi ALS dan ULS dibanding variasi yang lain. Untuk kekuatan
anchor crown shackle dan connecting link, hasil analisa dengan menggunakan beban sebesar 2500kN akibat
tension maksimum yang dihasilkan oleh mooring line pada kondisi ALS menunjukkan nilai tegangan maksimum
278.54 Mpa yang berarti nilainya lebih kecil dari 90% yield strength material (417.42 Mpa) dan deformasi terbesar
0.00024 m untuk anchor crown shackle dan 0.00034 untuk connecting link yang berarti masing – masing nilainya
kurang dari 5% diameter struktur (0.01 m) sehingga struktur tersebut dapat dikatakan aman menurut standar yang
diizinkan oleh ABS.
Kata kunci: FPU, tension, RAO, von mises stress, anchor crown shacle, connecting link.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ismail, I., Paroka, D., & Alie, M. Z. M. (2021). ANALISIS KEKUATAN ANCHOR CROWN SHACKLE PADA FPU MADURA STRAIT DENGAN VARIASI SUDUT MOORING LINE. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 4(1), 37–43. https://doi.org/10.62012/sensistek.v4i1.19395
Bagian
Teknologi Kelautan

Referensi

ABS. 2004. “Guide for Building and Classing Floating Production Installations”, USA: American Bureau

of Shipping. Shipping ABS Plaza.

API RP 2 SK. 2005. Recommended Practice for Design and Analysis of Station Keeping System for

Floating Structures. USA: America Petroleum Institute.

Chakrabarti, S.K. 2005. Handbook of Offshore Engineering Volume I. Plainfield. Illionis, USA : Offshore

Structure Analysis, Inc

Palippui, H., and S. Ramadhan. "Lifting analysis of Mooring Support Structure (MSS) in offshore tower yoke by top panel stacking structure method." In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, vol. 575, no. 1, p. 012206. IOP Publishing, 2020.

Larsen K, 2014. Lecture Note on Mooring and Station Keeping of Floating Structures (TMR4500

specialization project). NTNU. Trondheim.

Liu. H.. Wang. C. & Zhao. Y.. 2013. Analytical study of the failure mode and pullout capacity of. Ocean

Systems Engineering. Volume 3. pp. 079-095.

H. Palippui dan S. Ramadhan, “Analisa Kekuatan Struktur Barge Pada Proses Load Out Offshore Module (Top Side) dengan SPMT”, zonalaut, vol. 1, no. 1, hlm. 1-5, Mar 2020.

Ma. K.-T.. Lou. Y.. Kwan. T. & Wu. Y.. 2019. Mooring System Engineering for Offshore Structures.Chennai. India: Brian Romer.

W. Widianingrum, J. Sade, and H. Palippui, “Analysis of Placement and Needs for Cathodic Protection on Mooring Buoy at Pertamina Fuel Terminal Luwuk ”, zonalaut, vol. 2, no. 2, pp. 57-54, Jul. 2021.

Stendal, L. C., 2015. Analysis Methods for Mooring Systems with focus on Accidental Limit State.Trondheim: Norwegian University of Science and Technology.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.