EFEK PROPERTI PENAMPANG KAPAL TANKER TERHADAP KEKUATAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
lingkungan, salah satunya adalah beban gelombang laut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek properti
penampang kapal terhadap kekuatan-batas kapal double hull tanker T3. Dengan penelitian ini diharapkan dapat
mengetahui hubungan pengaruh modulus penampang kapal terhadap kekuatan batas kapal antara analisis dengan
metode liniear terhadap metode NLFEA (Non-linear Finite Element Analysis). Investigasi efek properti penampang
kapal terhadap kekuatan batas kapal dilakukan dengan menggunakan metode liniear, dengan memperhitungkan
dimensi elemen dari tiap-tiap plate dan stiffener penyusun konstruksi kapal double hull tanker tersebut, yang hasilnya
akan di compare dengan hasil penelitian sebelumnya dengan metode NLFEA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kapal double hull tanker T3 memiliki modulus penampang kapal (w) sebesar 93,692 m3. efek properti penampang
kapal terhadap kekuatan batas kapal (Mu) berbanding lurus dengan nilai tegangan kerja kapal (σ) dimana semakin
besar modulus penampang kapal (w) maka semakin kecil tegangan kerja (σ) yang terjadi pada kapal. Kekuatan batas
kapal double hull tanker T3 kondisi hogging sebesar 5,750 x 1012 Nmm dan -6,089 x 1012 Nmm untuk kondisi sagging,
dengan perbandingan nilai kekuatan batas kapal antara metode Linear dan metode NLFEA dari penelitian yang telah
dilakukan sebelumnya menunjukkan hasil dari metode NLFEA lebih besar, dengan rasio perbandingan kekuatan batas
sebesar 32,31-58,63 %.
Rincian Artikel
Referensi
DNV GL., 2017a, Rules for Classification: Ships, Pt.3 Ch.4, Loads, Norway.
DNV GL., 2017b, Rules for Classification: Ships, Pt.3 Ch.5, Hull Girder Strength, Norway.
Hughes, et. al. 2010, Ship Structural Analysis and Design, The Society of Naval Architects and Marine Engineers, New Jersey, 17/3: 3-16.
Muis Alie, M.Z., et. al. 2012, Analisa Kekuatan Sisa Struktur Kapal Bulk Carrier dan Kapal Tanker yang Mengalami Kerusakan Akibat Tubrukan.
Paik, J.K. and Thayambali, A.K., 2002, Ultimate limit state Design of Steel-Plated Structures.