INOVASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA DI DAERAH PESISIR

Penulis

  • Junita Kaida' Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Eternal Tangke Toban Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i2.31683

Kata Kunci:

Kata Kunci: Ekonomi,Inovasi, Pendidikan, Pesisir, Sumber daya

Abstrak

Pendidikan dan pelatihan memegang peran yang sangat penting dalam mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah pesisir. Di tengah kompleksitas tantangan sosial dan ekonomi yang dihadapi oleh komunitas pesisir, pendidikan dan pelatihan memiliki peran kunci dalam membuka peluang dan mengatasi hambatan. Artikel ini mengupas isu ini secara mendalam dan menggali strategi inovatif yang mendalam dan komprehensif untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan di wilayah pesisir. Daerah pesisir, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, sering dianggap sebagai sumber daya ekonomi yang potensial. Namun, di balik keindahan alam dan kelimpahan sumber daya, terdapat tantangan ekonomi dan sosial yang kompleks. Daerah pesisir sering kali menghadapi tekanan dari berbagai arah, mulai dari perubahan iklim hingga ketidakstabilan ekonomi.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Khusna, A. M. Pengembangan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal: Studi pada Kampung Tematik Jamu Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang.

Sukraaliawan, (2020). Upaya Pemberdayaan dan pengembangan Nelayan di Wilayah Pesisir Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng. Locus Majalah Ilmiah FISIP, Vol. 12, No. 1, 101.

Eka R. 2007. Kondisi pemerataan pendidikan di Indonesia.

Sratni. 2017.Pengaruh pendidikan dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Bayusegara Husaini, 2017 “Jangan Meremehkan Pendidikan untuk Masyarakat di daerah Pesisir” https://www.radarbanten.co.id/jangan-consider-remeh-pendidikan-untuk-pesisir-community/

AnalisisHarian,2015.”peningkatankesejahteraanmasyarakatdidaerahpesisir”https://news.kkp.go.id/index.php/meningkatkan-kesejahteraan-community

S. Bur, M. Akbar, L. Patiung, A. R. Fauzan, M. Fattah, Dan M. Fajrin, “Kebijakan Ekonomi Kelautan Terhadap Pengembangan Sumberdaya Manusia”, Sensistek, Vol. 5, No. 1, Hlm. 57-60, Jun 2022.

H. Umar, “Analysis Of Restriction Rules Of Gross Tonnage Fishing Ship On The Sunda Sea Coast ”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 1, no. 2, pp. 64-69, Jun. 2022.

T. Rachman, H. Umar, and I. H. . Bahtiar, “The Impact of Coastline Changes on the Utilization of Coastal Land in Tamalanrea District, Makassar City”, zonalaut, vol. 3, no. 1, pp. 7-14, Mar. 2022.

M. F. B. . Yusup, “Sustainable Shipping Practices: A Review of Environmental Initiatives in the Maritime Industry”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 2, no. 3, pp. 140-142, Oct. 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Kaida’, J., & Toban , E. T. (2023). INOVASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA DI DAERAH PESISIR. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 6(2), 224-228. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i2.31683

Terbitan

Bagian

Pengembangan SDM Pesisir