DESKRIPSI ALAT TANGKAP IKAN DI KECAMATAN BONTOMANAI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Authors

  • Andi Lisdawati
  • Najamuddin Najamuddin
  • Andi Assir

DOI:

https://doi.org/10.20956/jipsp.v3i6.3064

Abstract

Alat tangkap ikan adalah peralatan yang digunakan nelayan untuk mendapatkan ikan dan hewan laut lainnya. Terdapat berbagai jenis alat tangkap ikan yang dioperasikan di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, namun pengetahuan mengenai jenis alat tangkap yang dioperasikan di masing-masing kecamatan belum diketahui secara pasti karena minimnya informasi yang ada. Penelitian  ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan berbagai jenis alat tangkap yang ada di kecamatan bontomanai kabupaten kepulauan selayar. Spesifikasi data alat tangkap yang di analisis adalah ukuran utama alat tangkap seperti panjang, lebar, mesh size, jarak antar pelampung, jarak antar pemberat, bahan yang digunakan, serta ukuran dari bagian-bagian alat tangkap (untuk  yang menggunakan jaring),  sedangkan  pada alat  tangkap  lain  (tanpa jaring) adalah ukuran panjang, diameter, bahan yang digunakan dan ukuran bagian-bagian  dari alat  tangkap.  Pengklasifikasian  atau  penggolongan setiap jenis alat tangkap dilakukan berdasarkan spesifikasi teknis dan cara pengoperasian alat tangkap, maka setiap jenis alat tangkap disesuaikan dengan klasifikasi alat penangkapan ikan Balai Pengembangan Penangkapan Ikan Semarang, 2009 dan Keputusan Menteri No. 6 tahun 2010.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim . 2015. Kabupaten Kepulauan Selayar. http://kepulauanselayarkab.go.id/

diakses pada tanggal 7 Mei 2015. Pukul 19:20 wita.

Anonim, 2015. Jenis-jenis alat tangkap. http://bbi.smg.info/katalog/alat-tangkap. diakses pada : senin 18 mei 2015. Pukul 09:39 wita

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar. 2014. Statistik Perikanan Tangkap Kabupaten Kepulauan Selayar 5 Tahun Terakhir.

Hasrianti. 2015. Identifikasi Alat Tangkap di Perairan Kabupaten Barru. Skripsi. Tidak dipublikasikan, Makassar. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan,Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2017-12-18

Issue

Section

Research article