KOMPOSISI JENIS HASIL TANGKAPAN BAGAN PERAHU YANG BEROPERASI DI LAUT FLORES KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR PADA MUSIM ANGIN MUSON BARAT

Authors

  • Andi Assir pemanfaatan sumberdaya perikanan
  • Mahfud Palo pemanfaatan sumberdaya perikanan http://orcid.org/0000-0003-4103-033X
  • ilham jaya pemanfaatan sumberdaya perikanan
  • Ratma Kumala Sari pemanfaatan sumbedaya perikanan

DOI:

https://doi.org/10.20956/jipsp.v4i7.3138

Abstract

Penelitian tentang komposisi jenis hasil tangkapan bagan perahu yang beroperasi di Laut Flores pada musim Angin Muson Barat telah dilaksanakan di perairan sebelah barat Pulau Selayar pada bulan Desember 2016 hingga Februari 2017.  Perairan tersebut merupakan tempat bagi ikan-ikan peruaya bermigrasi dari Laut Jawa dan Selat Makassar ke Laut Banda mengikuti arus pada saat musim Angin Muson Barat bertiup dan demikian sebaliknya pada saat mengikuti Angin Muson Timur.  Oleh sebab itu diduga komposisi jenis ikan yang ada Laut Flores pada kedua musim tersebut sedikit berbeda. Dari hasil penelitian ini didapatkan komposisi jenis ikan berdasarkan hasil tangkapan bagan perahu pada bulan Desember hingga Februari didominasi oleh teri (Stolephorus sp) 48% dan sembulak (Sardinella sirm) sebesar 44 % sedangkan jenis ikan pelagis lain masing-masing kurang dari 2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, G. 2000. A Field Guide for Anglers and Divers: Marine Fishes of South East Asia. Periplus Editions (HK) Ltd. 292 p.

Carpenter, K.E. and V.H. Niem [eds]. 2001. FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 5. Bony fishes part 3 (Manidae to Pomacentridae). Rome. FAO. pp 2791 – 3380.

Risnawati. 2016. Pengaruh Periode Bulan Terhadap Hasil Tangkapan Bagan Perahu di Perairan Kepulauan Selayar. Skripsi. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2018-01-04

Issue

Section

Articles