PENGEMBANGAN KAPASITAS KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI KABUPATEN MAROS

Authors

  • Siti Haerani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.
  • Haeriah Hakim Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.
  • Darmawati Darmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.
  • Fatmawati Fatmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.
  • Fatchur Rohman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya
  • Muhammad Agung Ady Mangilep Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.
  • Aliyah Ilyas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.
  • Marisa Salsabila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v9i2.35132

Keywords:

UMKM, Digital marketing, Media sosial, Promosi, Peningkatan penjualan

Abstract

Pengembangan Kapasitas Kewirausahaan Berbasis digital marketing bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Maros merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang yang bertujuan memberi manfaat bagi para UMKM dalam menambah pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan sosial media sebagai sarana promosi yang dapat meningkatkan visibilitas online dan menjangkau masyarakat luas dalam pemasaran produknya. Melalui pelatihan ini diberikan materi utama mengenai  konsep digital marketing dan urgensinya bagi UMKM serta aplikasi mulai dari praktek penggunaan Whatsapp business, penggunaan Instagram, Facebook serta Tiktok untuk mendukung jalannya usaha para pelaku UMKM di Kabupaten Maros. Selain itu, diberikan pula materi pendukung yang dipandang sangat relevan dan penguat terwujudnya target penjualan yang diharapkan, sepert strategi bauran pemasaran. Penyajian materi dilakukan melalui metode ceramah, diskusi, dan praktek pemanfaatan berbagai bentuk media sosial untuk produk-produk UMKM mereka. Dengan cara ini, para peserta pelatihan dapat menyerap dan memahami materi dengan lebih mudah dan dapat mempraktekkannya secara mandiri penggunaan media sosial tersebut sebagai sarana pendukung kesuksesan bisnisnya.

References

Armstrong, Kotler 2015. “Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth edition”, England: Pearson Education, Inc.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan. 2019. Diakses pada 20 April 2024 dari https://sulsel.bps.go.id/indicator/153/286/1/luas-area.html

Chaffey, D., & Smith, P. R, 2008, e-Marketing Excellence : Planning and optimizing your digital marketing: Elsevier, USA.and Perspective, Springer, Berlin.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb). 2023. Diakses pada 20 April 2024 dari https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/ntt/id/data-publikasi/artikel/2886-umkm-goes-digital.html

Edy et al. 2021. Pelatihan Pemasaran Online Dan Digital Branding Dimasa Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Tematik 3 (2): 199-210.

Heidrick & Struggles. 2009. The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis.

PLUT-KUMKM Maros. 2023. Diakses pada 20 April 2024 dari https://www.plutkumkm-maros.com/news/09154/60-pelaku-ukm-maros-ikuti-vokasi-bidang-home-dekor-dan-fashion#:~:text=Data%20Dinas%20Koperasi%20UKM%20Perindustrian,2022%20mencapai%2033.980%20pelaku%20UMKM

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Maros. 2023. Diakses pada 20 April 2024 dari https://ppid.maroskab.go.id/assets/dokumen/bd8393cc5dca90a1db87fce2e517447f.pdf

Ryan, D., & Jones, C. 2009. Your window to the digital world. In Understanding Digital Marketing Marketing strategies for engaging the digital generation (pp. 40-41). London and Philadelphia: Kogan Page Limited.

Suryadi, et al. 2018. Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT 29 (1): 1-10.

Downloads

Published

2024-07-15