PENGEMBANGAN KAPASITAS KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.20956/jdp.v9i2.35132Keywords:
UMKM, Digital marketing, Media sosial, Promosi, Peningkatan penjualanAbstract
Pengembangan Kapasitas Kewirausahaan Berbasis digital marketing bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Maros merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang yang bertujuan memberi manfaat bagi para UMKM dalam menambah pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan sosial media sebagai sarana promosi yang dapat meningkatkan visibilitas online dan menjangkau masyarakat luas dalam pemasaran produknya. Melalui pelatihan ini diberikan materi utama mengenai konsep digital marketing dan urgensinya bagi UMKM serta aplikasi mulai dari praktek penggunaan Whatsapp business, penggunaan Instagram, Facebook serta Tiktok untuk mendukung jalannya usaha para pelaku UMKM di Kabupaten Maros. Selain itu, diberikan pula materi pendukung yang dipandang sangat relevan dan penguat terwujudnya target penjualan yang diharapkan, sepert strategi bauran pemasaran. Penyajian materi dilakukan melalui metode ceramah, diskusi, dan praktek pemanfaatan berbagai bentuk media sosial untuk produk-produk UMKM mereka. Dengan cara ini, para peserta pelatihan dapat menyerap dan memahami materi dengan lebih mudah dan dapat mempraktekkannya secara mandiri penggunaan media sosial tersebut sebagai sarana pendukung kesuksesan bisnisnya.
References
Armstrong, Kotler 2015. “Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth edition”, England: Pearson Education, Inc.
Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan. 2019. Diakses pada 20 April 2024 dari https://sulsel.bps.go.id/indicator/153/286/1/luas-area.html
Chaffey, D., & Smith, P. R, 2008, e-Marketing Excellence : Planning and optimizing your digital marketing: Elsevier, USA.and Perspective, Springer, Berlin.
Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb). 2023. Diakses pada 20 April 2024 dari https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/ntt/id/data-publikasi/artikel/2886-umkm-goes-digital.html
Edy et al. 2021. Pelatihan Pemasaran Online Dan Digital Branding Dimasa Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Tematik 3 (2): 199-210.
Heidrick & Struggles. 2009. The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis.
PLUT-KUMKM Maros. 2023. Diakses pada 20 April 2024 dari https://www.plutkumkm-maros.com/news/09154/60-pelaku-ukm-maros-ikuti-vokasi-bidang-home-dekor-dan-fashion#:~:text=Data%20Dinas%20Koperasi%20UKM%20Perindustrian,2022%20mencapai%2033.980%20pelaku%20UMKM
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Maros. 2023. Diakses pada 20 April 2024 dari https://ppid.maroskab.go.id/assets/dokumen/bd8393cc5dca90a1db87fce2e517447f.pdf
Ryan, D., & Jones, C. 2009. Your window to the digital world. In Understanding Digital Marketing Marketing strategies for engaging the digital generation (pp. 40-41). London and Philadelphia: Kogan Page Limited.
Suryadi, et al. 2018. Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT 29 (1): 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis diwajibkan untuk menandatangani "Surat Perjanjian Hak Cipta" atau Copyright Agreement untuk penyerahan ijin kepada pihak jurnal untuk menerbitkan tulisannya.
Authors are required to sign a "Copyright Agreement" to submit permission to the journal to publish their writings.