Main Article Content

Abstract

Prediksi risiko karies dapat mencegah tingginya indeks karies dan menentukan tindakan preventif dan perawatan yang tepat dalam menangani kesehatan gigi dan mulut. Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone merupakan pesantren dimana seluruh siswa tinggal di lingkungan asrama. Angka karies pada siswa yang tinggal di asrama cukup tinggi, namun dapat ditekan ataupun dicegah dengan melakukan penilaian risiko karies. Salah satu formulir penilaian risiko karies dapat dengan menggunakan formulir Caries Risk Assessment oleh American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD). Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini selain melakukan penilaian risiko karies, dilakukan juga penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut serta pemberian rekomendasi perawatan gigi ke Puskesmas Sanrobone. Hasil yang didapatkan dalam kegiatan pengabdian masyakarat ini adalah adanya peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut oleh siswa MTs dan MA Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone, selain itu terdapat sebanyak 27 kunjungan perawatan gigi di Puskesmas Sanrobone.

Keywords

Penilaian Risiko Karies Penyuluhan Kesehatan Gigi Rekomendasi Perawatan Gigi Siswa Pesantren

Article Details

How to Cite
Arifin, F. A., Febriany, M., Permatasari, A. S., & Muthmainnah, M. (2023). PENILAIAN RISIKO KARIES, PENYULUHAN DAN PEMBERIAN REKOMENDASI PERAWATAN GIGI KEPADA SISWA PESANTREN MIZANUL ULUM SANROBONE. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 4(2), 125 - 132. https://doi.org/10.20956/jpmh.v4i2.29632

References

  1. Suryanto. 90 Persen Anak Indonesia Menderita Karies Gigi. 2007 [cited 2023 4 September]; Available from: http://www.antaranews.com/view/?I=11857940668Cs.
  2. Tarigan, R., Karies Gigi. 2012, Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
  3. Trihono, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Nasional 2013. 2013, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI: Indonesia.
  4. A'Yun, Q., Pengaruh keadaan rongga mulut, perilaku ibu, dan lingkungan terhadap risiko karies pada anak. Majalah Kedokteran Gigi Indonesia, 2016. 2: p. 86.
  5. Kawung, R., D.A. Wicaksono, and J.S. Soewantoro, Gambaran Resiko Karies Gigi Pada Mahasiswa Angkatan 2008 Di Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Unsrat Dengan Menggunakan Kariogram. Electronic Government, An International Journal, 2014. 2.
  6. Jotlely, F., V. Wowor, and P. Gunawan, Gambaran Status Karies Berdasarkan Indeks DMF-T dan Indeks PUFA pada Orang Papua di Asrama Cendrawasih Kota Manado. e-GIGI, 2017. 5.
  7. Agustiningsih, A., Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA, 2016. 4: p. 50.
  8. Joenaidy, A.M., Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. 2019, Yogyakarta: Laksana.