Main Article Content

Abstract

Meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat dalam program pembangunan diberbagai bidang, perguruan tinggi dituntut untuk senantiasa terus menerus meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi secara terpadu dan bersistem, terutama dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Program  service community yang dilaksanakan di Sanggar Bimbingan SENTUL Kuala Lumpur Malaysia berguna untuk meningkatkan taraf pendidikan dan kesehatan anak-anak pekerja migran Indonesia yang berstatus  stateless yang berjumlah sebanyak 41 orang anak. Program ini ditujukan bagi anak-anak yang tidak bisa mengenyam pendidikan dan kesehatan,  karena tidak ada peluang sekolah di Malaysia.  kebanyakan pekerja migran Indonesia yang ada bekerja di Negara Malaysia bekerja di sektor Non Formal dengan rata-rata masih berpendidikan rendah. Sanggar Belajar Bimbingan muncul sebagai jawaban dari pemenuhan pendidikan anak-anak WNI pekerja migran ilegal karena tidak memiliki dokumen seperti paspor dan izin tinggal. Kegiatan ini konsen kepada 2 bidang, yaitu pendidikan dan kesehatan yang meliputi beberapa program diantaranya adalah penyuluhan mengenai wawasan kebangsaan dengan tujuan memperkuat rasa rasa nasionalisme dan ke-Indonesiaannya, selain itu juga ada program penyuluhan dan latihan menyikat gigi, pemerikasaan status gizi, literasi dengan pembagian buku bacaan. Pengabdian kepada Masyarakat yang bertaraf Internasional berkolaborasi dengan Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Negeri Makassar(UNM), Universitas Kebangsaaan Malaysia (UKM) Malaysia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kementerian Kesihatan Malaysia, Institut Terjemahan Buku Malaysia(ITBM). Output kebijakan dari program ini adalah menjadikan Universitas berstandar internasional (World Class University) yang menjadi motor penggerak pada kegiatan pengabdian masyarakat pada skala Internasional.

Keywords

Stateless Literasi wawasan kebangsaan

Article Details

How to Cite
Samad, R., Husain Akbar, F., Sumintarti, S., Achmad, H., Yahya, N. A. B., Taiyeb, M., Azizah, L., Dhahri, I., & Ramadany, S. (2023). PENYULUHAN KESEHATAN GIGI, STATUS GIZI, LITERASI DAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA ANAK STATELESS INDONESIA DI MALAYSIA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 4(2), 70 - 81. https://doi.org/10.20956/jpmh.v4i2.30027

References

  1. Abidin, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 225-238.
  2. Alwi, S. (2017, December 13). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107
  3. Badan Pusat Statistik RI. (2019). Kemiskinan Ketenagakerjaan dan Usaha Kecil Menengah. Jakarta: BPS RI.
  4. BNP2TKI. (2020). Data penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia tahun 2020. Jakarta: BNP2TKI.
  5. Febriana, M. (2019a). Memperjuangkan Pendidikan Berkelanjutan bagi Anak TKI di Malaysia. Retrieved from Kumparan website: https://kumparan.com/marisa- wardani/memperjuangkan-pendidikan-berkelanjutan-bagi-anak-tki-di-malaysia- 1552987357316161628
  6. Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 97-109.
  7. Helaluddin, H., & Fransori, A. (2019). Integrasi the Four Cs Dalam Pembelajaran Bahasa Di Era Revolusi Industri 4.0. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11 (2), 95–106.
  8. Katadata. Malaysia masih menjadi tujuan utama para tenaga kerja Indonesia, April 2019.
  9. Mr Tan Kian Leong, 2020, The Burden of Being Stateless: Revisiting Than Siew Beng and Lim Jen Hsian, Universitas Malaya Law Review, Diakses dalam: https://www.umlawreview.com/lex-inbreve/the-burden-of-being-stateless-revisiting-than-siew-beng-and-lim-jen-hsian
  10. Nikmah, N. Rahayu, R. & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44-52.
  11. Rohmatin Bonasir, 2020, Ibu orang Indonesia,Abapak warga Malaysia: 'Saya lahir dan besar di negeri ini, tapi takApunya status warga negara, tak boleh bersekolah dan takut ditangkap polisi', Diakses dalam: https://www.bbc.com/indonesia/dunia51113441#:~:text=Hukum%20Malaysia%20menganut%20prinsip%20jus,tua%20ataupun%20sala h%20satunya%20saja (10/3/2021; 8.34 WIB)
  12. Rumidjan, dkk. (2017). Pengembangan media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Potensia. 2(2),62-68.
  13. UNHCR, 2014, UNHCRAGlobal Trends ForcedADisplacement in 2014, Diakses dalam: https://www.unhcr.org/556725e69.pdf
  14. Viviansari, D. B. (2019). Tanggung Jawab Negara terhadap Pemenuhan Hak atas Pendidikan Anak Buruh Migran Indonesia di Malaysia. Jurnal HAM, 10(2), 179. https://doi.org/10.30641/ham.2019.10.179-194
  15. Zsombor Peter, 2020, Malaysia Rounds up Hundreds of Undocumented Migrants amid Coronavirus Fears, Diakses dalam: https://www.voanews.com/east-asia-pacific/malaysia-roundshundreds-undocumented-migrants-amid-coronavirus-fears