Pengaruh Labelisasi Halal, Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Chatime

Isi Artikel Utama

Dendy Khresna Bayu
Gumoyo Mumpuni Ningsih
Livia Windiana

Abstrak

Banyak produsen yang membuka bisnis industri minuman di Malang, terutama dalam bidang bisnis minuman bubble tea, salah satunya merek Chatime. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh produk, labelisasi halal, merek dan harga terhadap keputusan pembelian minuman Chatime. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, dengan jumlah responden 120 dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian karakteristik responden didominasi oleh jenis kelamin perempuan dengan rentang usia 18-28 tahun, pendidikan perguruan tinggi dan dengan pendapatan rentang Rp. 1000.001- Rp. 2000.000. Hasil uji t variabel produk didapatkan nilai signifkansi 0,000 yang artinya berpengaruh terhadap keputusan pembelian, nilai signifikansi variabel labelisasi halal yaitu 0,653 yang artinya tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, nilai signifikansi variabel merek yaitu 0,521 yang artinya tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan nilai signifikansi variabel harga yaitu 0,033  yang artinya variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman Chatime. Perusahaan sebaiknya mempertahankan kualitas produk dan harga, tetapi label halal lebih baik dicantumkan di kemasan dan selalu berinovasi pada produk yang dijual.


Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Produk, Chatime


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Khresna Bayu, D., Mumpuni Ningsih, G. ., & Windiana, L. . (2020). Pengaruh Labelisasi Halal, Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Chatime. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(3), 239–256. https://doi.org/10.20956/jsep.v16i3.12403
Bagian
Articles

Referensi

Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19997

Arikunto s. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Augusty, F. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertai Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro.

Chatime. (2015). https://indonesia.chatime.com.tw/about/.

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan. Jurnal Geografi, 4(24), 37–49.

David Aaker. (2005). Manajemen Equitas Merek. Jakarta : Mitra Utama.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi Dan Analisis Data Dengan Spss. (edisi pert). Yogyakarta : Deepublish.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.

Hasan, S. (2013). Kepastian Hukum Sertifikasi Dan Labelisasi Halal Produk Pangan. Jurnal Dinamika Hukum, 14(2).

Iranita. (2013). Pengaruh Labelisasi Halal Produk Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji.

J.F Hair. (2006). Multivariate Data Analysis (5th ed.). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kurriwati, N. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kupuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 48–55.

Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 1–11.

Made, M. G. (2015). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Harian Suara Merdeka. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip.

Maupa, H., Kadir, N., & Sulbiah. (2019). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk , dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar The Effect of Brand Image , Quality Product , and Price To The Purchase Decision of Converse Shoes in Makassar. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Informatika, 16(2), 135–168.

Oktaviani, N. (2019). Pengaruh Label Halal Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Impor (Pada Masyarakat Muslim Kota Metro).

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870.

Popy P. P. W. S., & Herlawati. (2015). Metode Regresi Linier Berganda Kualitas Super Member Supermall Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Pada Supermall Karawang. Bina Insani Ict Journal, 2(2), 101–116.

Ria, K., Antari, M., Dunia, K., & Indrayani, L. (2014). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja Pada Mini Market Sastra Mas Tabanan.

Saniah, S., Ariadi, B. Y., & Harpowo, H. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Kedai “Pesenkopi” di Kota Malang. Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 3(1), 40. https://doi.org/10.22219/agriecobis.vol3.no1.40-49.

Sari, F. M., Makhrian, A., & Buldani, K. (2019). Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Prodi Manajemen Universitas Bengkulu). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 5(1). https://doi.org/10.37676/professional.v5i1.709.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suliyanto. (2005). Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sumarwan, U. (2004). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Bogor : Ghalia Indonesia.

Tjahyadi, R. A. (2006). Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek : Peran Karakteristik Merek , Karakteristik Perusahaan , Dan Karakteristik Hubungan Pelanggan- Merek. Jurnal Manajemen, 6(1), 65–78.

Tjiptono, F. (2006). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

Ummu habibah, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi Bisnis, 1(1).

Walukow A.L.P, & Mananeke L. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. EMBA, 2(3), 1737–1749.

Wibowo, D. E., & Mandusari, B. D. (2016). Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Di Kota Pekalongan. Indonesian Journal of Halal, 73–77.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.

William J. Stanton. (1995). Dasar-dasar Pemasaran. (7th ed., Vol. 5, Issue 1983). Jakarta : Erlangga.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.