BIMTEK PEMBELAJARAN KIMIA ANALITIK UNTUK GURU SMK TERINTEGRASI TRIPLET MULTIPLE REPRESENTASI BERBASIS APLIKASI VIRTUAL LABORATORY

Authors

  • Hayuni Retno Widarti
  • Rico Wahyu Pratama
  • Moh. Ilmanul Hakim
  • Deni Ainur Rokhim SMAN 3 Sidoarjo
  • Sutrisno
  • M. Muchson

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v6i2.13852

Keywords:

Virtual Laboratory, V-Lab, SMK Chemistry BIMTEK, Online Learning Media, Online Practicum

Abstract

The transfer of the learning process in the classroom to online learning brings several problems for the world of education, one of which is the inhibition of practical learning activities, especially in chemistry subjects. This situation also substantially contributes to the inhibition of learning activities at the SMK level, where the learning character is more practical. Unfortunately, not all SMK chemistry teachers in the Malang district make online-based learning media, primarily to facilitate online practicum activities. One of the efforts that can be done to overcome these problems is the collaboration between universities, such as technical guidance activities (BIMTEK) conducted by the Department of Chemistry, FMIPA, the State University of Malang for chemistry teachers in SMK in Malang Regency. During the pandemic, the Chemistry Department has made learning innovations and efficient learning, such as alternative learning media to develop online-based media. One of them is a virtual laboratory that is integrated with android devices. Activities carried out to include 1) program socialization and cooperation to schools, (2) coaching, and (3) monitoring and evaluation. BIMTEK includes preparing and implementing training activities for creating virtual laboratories, starting from creating displays, content/animations, and making applications. The results indicate that BIMTEK activities are beneficial and provide more insight regarding online-based learning media. --- Dialihkannya proses pembelajaran di kelas menjadi pembelajaran daring membawa beberapa persoalan tersendiri bagi dunia pendidikan, salah satunya adalah terhambatnya kegiatan pembelajaran praktikum terutama pada mata pelajaran kimia. Situasi ini juga memiliki andil yang sangat besar terhadap terhambatnya kegiatan pembelajaran pada jenjang SMK dimana karakter pembelajarannya lebih bersifat praktik. Sayangnya guru kimia SMK di kabupaten Malang tidak semuanya terbiasa membuat media pembelajaran berbasis daring, terlebih untuk memfasilitasi kegiatan praktikum secara daring. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan adanya kerjasama antara Perguruan Tinggi, seperti kegiatan bimbingan teknis (BIMTEK) yang dilakukan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang kepada guru kimia SMK se-Kabupaten Malang.media pembelajaran alternatif untuk mengembangkan media berbasis daring. Salah satunya adalah virtual laboratory yang terintegrasi dengan perangkat android. Kegiatan yang dilakukan meliputi: 1) sosialisasi program dan kerja sama ke sekolah, (2) pembinaan, serta (3) monitoring dan evaluasi. BIMTEK meliputi persiapan dan pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan virtual laboratory mulai dari membuat tampilan, konten/animasi, hingga pembuatan aplikasi. Hasil yang diperolehenyatakan bahwa kegiatan BIMTEK sangat bermanfaat dan memberikan wawasan lebih terkait media pembelajaran berbasis daring.

References

Darsati, S. (2010). Ruang Lingkup Kimia Analitik dan Penggolongan Analisis Kimia (pp. 1–39).

Deda, Y. N. (2019). Workshop Media Animasi untuk Meningkatkan Kreativitas Guru di Kelurahan Kefamenanu Tengah. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(1), 70–76. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i1.4151

Dewi, A., Tika, N., & Suardana, I. N. (2019). Komparasi Praktikum Riil Dan Praktikum Virtualterhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Pada Pembelajaran Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 85. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21236

Muchson, M., Munzil, Setiawan, N. C. E., Sari, M. E. F. S., Novitasari, S., & Rokhim, D. A. (2021). Program Pembinaan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru Kimia MA / SMA Pada MGMP Kimia Kabupaten Mojokerto Berbasis IoT Learning Media Development Training Program for Chemistry Teachers of MA / SMA in the Chemistry MGMP of Mojokerto Regency Based on. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 420–431. https://doi.org/10.20956/pa.v5i3.12017

Quillin, K., & Thomas, S. (2015). Drawing-to-learn: a framework for using drawings to promote model-based reasoning in biology. CBE Life Sciences Education, 14(1), es2. https://doi.org/10.1187/cbe.14-08-0128

Rianto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Kencana Media Group.

Rokhim, D. A., Asrori, M. R., & Widarti, H. R. (2020). PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY PADA PRAKTIKUM PEMISAHAN KIMIA TERINTEGRASI TELEFON PINTAR. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 216–226. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p216

Rokhim, D. A., Wulandari, I. A. I., & Alifah, L. N. (2020). Analisis dampak anjuran pemerintah terhadap belajar di rumah bagi pelaku pendidikan. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 216–233.

Rosen, Y., Wolf, I., & Stoeffler, K. (2020). Fostering collaborative problem solving skills in science: The Animalia project. Computers in Human Behavior, 104(February), 105922. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.02.018

Musalamah, S., Ramadhan, M.A., & Saefuddin, A. (2021). Pelatihan Optimalisasi Microsoft Office Untuk Mendukung Kinerja Tenaga Pendidik di Sekolah Microsoft Office Optimization Training to Support the Performance of Educators in Schools. 5(4), 528–535

Widarti, H.R, Sutrisno, Sigit, D., & Sulistina, O. (2019). Persepsi Guru MGMP Kimia SMA dan SMK Kabupaten Malang terhadap Pembelajaran Berbasis Laboratorium dan Non Laboratorium. Jurnal Karinov, 2(1), 19–25.

Widarti, H.R., Rokhim, D. A., Muchson, M., Budiasih, E., Sutrisno, Pratama, R. W., & Hakim, M. I. (2021). Developing Integrated Triplet Multi-Representation Virtual Laboratory in Analytic Chemical Materials. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(8), 119–135. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i08.21573

Downloads

Published

2022-01-30

How to Cite

Widarti, H. R., Pratama, R. W., Hakim, M. I., Rokhim, D. A., Sutrisno, & Muchson, M. (2022). BIMTEK PEMBELAJARAN KIMIA ANALITIK UNTUK GURU SMK TERINTEGRASI TRIPLET MULTIPLE REPRESENTASI BERBASIS APLIKASI VIRTUAL LABORATORY. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 244–255. https://doi.org/10.20956/pa.v6i2.13852

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.