PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v6i2.14433Keywords:
Chemistry learning media, E-LKPD, Prezi,, covid-19 pandemicAbstract
Implementing online learning as one of the impacts of the Covid-19 pandemic requires teachers to improve their competence, especially in the use of technology. But the reality in the field, the ability of teachers to use technology, especially the use of information technology-based learning media or Information Technology (IT), is still low. This impacts not achieving the maximum learning objectives, especially during the pandemic. One solution to overcome this problem is to provide training in making IT-based learning media for teachers. The IT-based learning media provided were making e-LKPD using the Liveworksheet web, making interesting presentation slides with Prezi, and writing and recording techniques using Android. The purpose of this activity is to improve the competence of teachers in preparing IT-based learning media to achieve maximum learning objectives, especially during a pandemic. The methods used in this training are presentations, demonstrations, practice, and assignments. The result of this training is that teachers can make learning media in e-LKPD, presentation slides with Prezi, and can use writing and screen recording techniques on Android. These training results are that teachers can make IT-based learning media well. The teachers were very enthusiastic about participating in the training because the material presented was still new to them. The survey results showed that the teachers were delighted and felt the benefits of this training. --- Pelaksanaan pembelajaran secara online sebagai salah satu dampak dari pandemi covid-19 menuntut guru-guru untuk meningkatkan kompetensinya terutama dalam penggunaan teknologi. Namun kenyataan di lapangan, kemampuan guru-guru dalam menggunakan teknologi terutama penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi atau Information Technology (IT) masih rendah. Hal ini berdampak pada belum tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan pelatihan membuat media pembelajaran berbasis IT kepada guru-guru. Media pembelajaran berbasis IT yang diberikan adalah pembuatan e-LKPD menggunakan web Liveworksheet, pembuatan slide presentasi menarik dengan Prezi, teknik tulis dan rekam layar menggunakan android. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam menyiapkan media permbelajaran berbsis IT sebagai upaya agar tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal terutama di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah presentasi, demonstrasi, praktek dan penugasan. Hasil dari pelatihan ini adalah guru-guru bisa membuat media pembelajaran berupa e-LKPD, slide presentasi dengan Prezi dan mampu menggunakan teknik tulis dan rekam layar pada android. Hasil dari pelatihan ini adalah, guru-guru bisa membuat media pembelajaran berbasis IT dengan baik. Guru-guru sangat antusias mengikuti pelatihan karena materi yang disampaikan masih baru bagi mereka. Dari hasil survey terlihat guru-guru sangat puas dan merasakan manfaat dari pelatihan ini.
References
Brock, S., & Brodahl, C. (2013). A tale of two cultures: Cross cultural comparison in learning the prezi presentation software tool in the us and norway. Journal of Information Technology Education:Research, 12(1), 95–119. https://doi.org/10.28945/1781
Febrianto, F., Rais, M., & Nurmila, N. (2018). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tphp Pada Mata Pelajaran Pengendalian Mutu Dalam Proses Pengolahan Di Smk Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 3(1), 42. https://doi.org/10.26858/jptp.v3i1.5196
Gusteti, M. U., Rahmalina, W., & Desmariani, E. (2020). Pelatihan membuat video pembelajaran menarik dengan smartphone pada guru adzkia 1). 4(1), 26–35.
Hartini, S., Misbah, Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Muh Rais. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Berbasis Prezi Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Mengingat Konsep. Jurnal Mekom Jurnal, 2(1), 10–24.
Nuryadin, E. (2019). PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA. Jurnal Bio Educatio, 3(April 2018), 82–89. http://repositori.unsil.ac.id/1123/
Rahmalina, W., Sari, D. C., Juniari, C., Gusteti, M. U., Putri, M., & Effendi, R. (2021). Pemberdayaan produktivitas mahasiswa di era new normal melalui karya tulis ilmiah. 2(2), 152–158.
Rahmi, U., & Hidayati, A. (2020). Pelatihan E-Learning untuk Mengintegrasikan TIK dalam Pembelajaran bagi Guru-guru SMA The Training of E-Learning as ICT Integration in Instructional for Senior High School Teachers. Jurnal Panrita Abdi, 4(1), 34–41. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi
Sulistyorini, Y., & Argarini, D. F. (2019). Pengembangan Modul Analisis Vektor Terintegrasi Media Pembelajaran Prezi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32–47. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i1.193
Suryadi, A., & Rosa, N. M. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI CAMTASIA STUDIO DAN ISPRING PRESENTER. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020, 66–75.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/JPPG.V1I1.12462
Wahyuni, S., Rahmadhani, E., Mandasari, L., & Matematika, J. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. JURNAL ABDIDAS, 1(6), 597–602.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Meria Ultra Gusteti Meri, Sri Novia Martin, Hendrizal, Novita Indriani, Reza Monalisa S., Uthari Miftahurrisqi, Poppy Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.