PEMANFAATAN MEDIA VIDEOGRAFIS SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM RANGKA PENINGKATAN PANGSA PASAR HASIL KERAJINAN PANDAI BESI DI KECAMATAN SANGGALANGI’ KABUPATEN TORAJA UTARA DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Beatrix Saludung Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin
  • Delvia Datu Padang Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Kurnia Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Fredryk Mandey Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Science, Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v6i1.12869

Keywords:

Video, blacksmith, crafts, promotion, social media

Abstract

This community services program aims to foster the promotion of two groups of blacksmith craftsmen at Sanggalangi district to increase the iron craft products sales, which decreased drastically due to the pandemic Covid-19. The promotion method uses video graphics distributed through social media networks like Instagram, Facebook Market, and WhatsApp. The results showed some increase in the selling of the iron craft from both groups of target blacksmiths. --- Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu promosi  kelompok pengrajin pandai besi di Kecamatan Sanggalangi’ menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi berbasis media sosial untuk  meningkatkan jumlah penjualannya yang saat ini mengalami penurunan akibat pandemi covid-19. Metode promosi yang digunakan adalah videografis yang hasilnya disebarkan melalui jejaring media sosial seperti: instagram, facebook market, dan WhatsApp. Hasilnya diperoleh peningkatan jumlah penjualan yang cukup baik pada kedua kelompok pengrajin sasaran.

References

Miri, G., Barus, B., & Soma, S. (2014). Analisis Perencanaan Prioritas Jaringan Jalan Untuk Pengembangan Wilayah Di Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Tanah dan Lingkungan, 16(1), 1-8.

Rustam, E. (2019). Handicraft Bercorak Sosio-Kultural Sebagai Alternatif Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Muslim Marginal di Kabupaten Toraja. Diambil dari http://repository.iainpalopo.ac.id/handicraft diakses tanggal 13 Juli 2021

Wulansari, D. A. (2015). Pengaruh Penjualan On-line Terhadap Omzet Penjualan Butik Zieta Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Jurnal EQUILIBRIUM, 3(2), 134-143.

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. W., & Hadi, W. (2016). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal EKA CIDA, 1(1), 30-39.

Lathifah, Z., & Lubis, D. P. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial DenganPerkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 75-88.

Melati, I. S., Margunani., Mudrika, S., & Pitaloka S. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktek Digital Marketing Untuk Menngkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Panrita Abdi, 4(2), 155-163

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (2018). Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Edisi XII, pp.59

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Kemdikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Edisi I, pp.22-29

Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Unhas. (2020). Panduan Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, pp.25-47

Badan Pusat Statistik. (2020). Kecamatan Sanggalangi’ Dalam Angka, pp.73

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Daerah Kabupaten Toraja Utara, pp.11

Downloads

Published

2021-11-05

How to Cite

Saludung, B., Datu Padang, D., Kurnia, M., & Mandey, F. (2021). PEMANFAATAN MEDIA VIDEOGRAFIS SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM RANGKA PENINGKATAN PANGSA PASAR HASIL KERAJINAN PANDAI BESI DI KECAMATAN SANGGALANGI’ KABUPATEN TORAJA UTARA DI MASA PANDEMI COVID-19. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 99–105. https://doi.org/10.20956/pa.v6i1.12869

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.