STRATEGI PEMASARAN DIGITAL KERAJINAN TANGAN CEREK DAN CANGKIR DARI TEMPURUNG KELAPA DI DESA GELITING

Authors

  • Charles Triyono Mula Universitas Pendidikan Nasional
  • Luh Putu Mahyuni Universitas Pendidikan Nasional
  • A.A.A. Ngr. Sri Rahayu Gorda Universitas Pendidikan Nasional
  • Ketut Elly Sutrisni Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v7i2.20024

Keywords:

Digital marketing strategy, handicraft industry, MSMEs

Abstract

Marketing unique and artistic cups and kettles made of coconut shells has not been effective. The problem is that marketing activities still need to be more conventional and have limited marketing reach. One alternative marketing method for promotional media, information dissemination, and communication of handicraft products is digital marketing through online media such as Instagram, Facebook, and YouTube. This community outreach program aims to assist partners in developing digital marketing strategies using online media for the handicraft products they produce. The implementation of this community outreach program uses four methods, namely, observation, interviews, documentation studies, and assistance in making branding videos and online posts. The program is successful in introducing the use of online media to develop partners’ marketing strategies.  ---  Pemasaran produk kerajinan tangan berupa cangkir dan cerek dari tempurung kelapa dengan tampilan yang unik dan bentuk yang artistik belum berjalan secara efektif. Permasalahannya adalah kegiatan pemasaran masih bersifat konvensional sehingga memiliki keterbatasan jangkauan pemasaran. Salah satu alternatif metode pemasaran sebagai media promosi, penyebaran informasi serta komunikasi produk kerajinan tangan adalah berupa pemasaran digital melalui pemanfaatan media daring seperti, Instagram, Facebook, dan YouTube. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu mitra mengembangkan metode pemasaran digital menggunakan media daring atas produk kerajinan tangan yang dihasilkannya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan empat metode yaitu, observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan pendam-pingan pembuatan video branding dan postingan daring. Capaian dari kegiatan ini adalah mitra mampu memanfaatkan media daring untuk mengembangkan strategi pemasarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarto, S. (2013). “Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Pendekatan Mark Plus & Co Di Kandatel Jakarta.” Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan 3(1):13–24.

Chaffey, D. & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing. Pearson UK. Coviello, N., Milley, R. dan Marcolin, B. 2001.Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing.

Coviello, N., Milley, R. & Marcolin, B. (2011).Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing.

Dewi, K. N. K., & Mahyuni, L. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Jurnal Dinamisia, 6(3), 716–724.

Dewi, N. P. A. W. P., & Mahyuni, L. P. (2022). Optimalisasi Internet Marketing Untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Handicraft di Desa Sebatu. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat Panrita Abdi, 6(2), 324–334.

Dewi, S. K., & Garside, A. K. (2014). Perancangan Website sebagai Media Promosi dan Penjualan Pada Home Industry Abon. Jurnal Teknik Industri, 15(2), 170– 181. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol15.No2.170-181.

Febriandirza, A. (2020).Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin. Jurnal Pseudocode, VII(2): 123–133.

Febriyantoro, M. T. & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2).

Gumi, K. A., & Mahyuni, L. P. (2021). Pengembangan Wisata Kampung Jalak Bali di Desa Bongan dengan Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Dinamika Pengabdian, 7(1), 95–104.

Imaniawan, F. F. D., & Nur, H. M. (2019). Perancangan dan Pembuatan Website Penjualan Biji Kopi Pada Society Coffee House Purwokerto. EVOLUSI - Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(1), 61–67. https://doi.org/http://doi.org/10.31294/evolusi.v7i1.5030

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lupi, F.R., & Nurdin. (2016). “Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan.” Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer 2(1).

Mahyuni, L.P & Satriawan, D.M.A. (2021). Menggali Potensi Maniktawang Sebagai Desa Wisata Alam dan Budaya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1088–1096. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.6300.

Rezki, M. A., & Hapsari, D. R. (2019). Efektivitas Strategi Promosi Produk Kopi Lokal di Rumah Kopi Ranin. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 38–54. https://doi.org/http://doi.org/10.29244/jurnalkmp.17.1.38-54.

Rizhaldi, A., & Mahyuni, L. P. (2021). Menavigasi Bisnis UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. E Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(7), 590–601.

Santos, F. F., De Queiroz, R. D. C. S., & De Almeida Neto, J. A. (2018). Evaluation of the application of Cleaner Production techniques in the dairy industry in Southern Bahia. Gestao e Producao, 25(1), 117–131. https://doi.org/10.1590/0104-530X2234-16.

Tantra, P. F. E. ., & Mahyuni, L. P. (2021). Pengembangan Strategi Pemasaran Kopi Rempah Desa Tista (Redesta) Dalam Meningkatkan Pendapatan Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 218–225. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/23737/pdf.

Wiguna, I. A., Mahyuni, L. P., Sutrisni, K. E., Rani, N. M. D., & Yulianti. (2021). Membedah strategi co-creation marketing usaha milenial. Forum Ekonomi, 17(4).

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Charles Triyono Mula, Luh Putu Mahyuni, A.A.A. Ngr. Sri Rahayu Gorda, & Ketut Elly Sutrisni. (2023). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL KERAJINAN TANGAN CEREK DAN CANGKIR DARI TEMPURUNG KELAPA DI DESA GELITING. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 427-434. https://doi.org/10.20956/pa.v7i2.20024