PELATIHAN INOVASI PRODUK SNACK STIK BAWANG DI DESA KEDUNGWANGI

Authors

  • Halimatus Sa`diyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Uyun Auliya Tazkiya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v7i1.21375

Keywords:

Production, packaging, marketing, onion sticks

Abstract

Kedungwangi Village is a village in Lamongan Regency that has small and home business potential with snack products. The condition is supported by the presence of HR (housewives) who are not ashamed to work in the sector. Small and home businesses are important to be developed and adjusted towards market needs to provide economic improvement and resilience for the community. An effort to achieve this can be done through training. Training can increase economic knowledge and improvement. This has also encouraged snack innovation training for housewives in Kedungwangi Village. The training was conducted at TPQ Roudlotus Shibyan through lectures, discussion, and practice methods. It is hoped that the use of this method will be able to add insight and skills of the Kedungwangi villagers in innovating the snacks (onion sticks) produced. The results of this training show that public knowledge has increased by 75% from before attending the training. This data was obtained from the comparison of the pre-test and trainees' post-test values. In addition, after participating in training, people can make crispy snacks (onion) with varied flavors, make interesting packaging for snack products (onion sticks) and create Instagram accounts for marketing snacks (onion sticks) online. --- Desa Kedungwangi adalah desa di Kabupaten Lamongan yang memiliki potensi usaha kecil dan rumahan dengan produk snack. Kondisi itu didukung dengan adanya SDM (ibu-ibu) yang tidak malu untuk bekerja di sector tersebut. Usaha kecil dan rumahan penting untuk dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar agar dapat memberikan peningkatan dan ketahanan ekonomi bagi masyarakat. Salah satu upaya untuk mencapainya dapat dilakukan melalui pelatihan. Dengan pelatihan, dapat menambah pengetahuan dan perbaikan ekonomi. Hal itu pula yang mendorong dilakukannya pelatihan inovasi snack (stik bawang) bagi ibu-ibu rumah tangga di Desa Kedungwangi. Pelatihan dilakukan di TPQ Roudlotus Shibyan melalui metode ceramah, diskusi dan praktik. Diharapkan dengan penggunaan metode ini mampu menambah wawasan dan keterampilan ibu-ibu warga Desa Kedungwangi dalam berinovasi terhadap snack (stik bawang) yang diproduksi. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat mengalami peningkatan sebesar 75% dari sebelum mengikuti pelatihan. Data ini diperoleh dari perbandingan nilai pre-test dan pos-test peserta pelatihan. Selain itu, pasca mengikuti pelatihan, masyarakat memiliki kemampuan membuat snack (stik bawang) renyah, rasa yang variatif, membuat kemasan yang menarik untuk produk snack (stik bawang) dan membuat akun instagram untuk pemasaran snack (stik bawang) secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Tata Rias Kecantikan Di Desa Manuju Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar. 13.

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar). 14.

Asyhari, A. (2020). Pengolahan Bubuk Kopi Sebagai Variasi Produk Olahan Hasil Bumi Masyarakat Di Pekon Karang Rejo Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 237. https://doi.org/10.20956/pa.v4i2.7690

Azizah, N. (2014). Model Pengembangan Industri Kecil Konveksi Melalui Apik (Asosiasi Pengrajin Industri Konveksi) Di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur. 14.

Darwis, V., & Rusastra, I. W. (2016). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Sinergi Program PUAP dengan Desa Mandiri Pangan. Analisis Kebijakan Pertanian, 9(2), 125. https://doi.org/10.21082/akp.v9n2.2011.125-142

Fatma, E. (2011). Penilaian Aset Sumber Daya Manusia. 13.

Fernanda, A. S., Widanti, Y. A., & Kurniawati, L. (2017). Karakteristik Stik Vegetarian Dengan Substitusi Tepung Pisang Tanduk (Musa paradisiaca formatypica) Dan Tempe Sebagai Sumber Protein. 7.

Kudsiah, H., Rahim, S.W., Rifa’i, M.A., & Arwan. (2018). Demplot Pengembangan Budidaya Kepiting Cangkang Lunak di Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loi, Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Jurnal Panrita Abdi, 2(2), 151-164.

Ilmiah, S. N., Rahma, Y. A., Fitri, I., Fitriatul, F., Alif, T., & Sari, I. M. (2021). Pengenalan Pembuatan Virgin Coconut Oil Melalui Teknik Kombinasi Fermentasi dan Enzimatis Bagi Mayarakat Jabung, Lamongan. 2(2), 10.

Lestari, D. E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Tingkat Pendapatan Petani Padi Di Desa Kedungwangi Sambeng Lamongan. 2, 7.

Mahendradatta, M., & Asfar, M. (2018). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Maros Melalui Usaha Komersial Abon Ikan Air Tawar. 2(2), 9.

Muna, N., & Agustina, T. (2017). Eksperimen inovasi pembuatan stik bawang substitusi tepung tulang ikan bandeng. 8, 8.

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. 9.

Ramadhani, N. (2016). Implikasi Peran Ganda Perempuan Dalam Kehidupan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat. Sosietas, 6(2). https://doi.org/10.17509/sosietas.v6i2.4245

Rifa'i, M.A., Muzdalifah, & Kudsiah, H. (2018). Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus: Anemon Laut Ornamen. Panrita Abdi Jurnal, 2(1), 40-47.

Rifa’i, M.A., Candra, Muzdalifah, & Kudsiah, H. (2020). Pemberdayaan Istri Kelompok Pembudidaya Ikan Patin dengan Pengembangan Produk Fillet. Jurnal Panrita Abdi, 4(3), 369-379.

Rifa’i, M.A., Candra, Muzdalifah, Agustina, & Kudsiah, H., Mubarak, M.S., & Norliana. (2021). Transfer Teknologi Pembuatan Sosis Berbahan Baku Ikan Patin (Pangasius sp) bagi Kelompok Pembudidaya Ikan dan Keluarganya. Jurnal Panrita Abdi, 5(4), 589-599.

Santoso, B., Ronasari, H., & Parwiyanti, P. (2020). Penambahan Sayuran Bayam pada Pengolahan Stik Berbasis Tepung Mocaf dan Tepung Terigu. 7.

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jaakfe Untan (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2). https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Sa`diyah, H., & Tazkiya, U. A. . (2022). PELATIHAN INOVASI PRODUK SNACK STIK BAWANG DI DESA KEDUNGWANGI. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 67-76. https://doi.org/10.20956/pa.v7i1.21375