PELATIHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v8i4.31440Keywords:
Process standards, assessment standards, colloid system, process skillsAbstract
This PKM is carried out at St. Familia, District. Maulafa, Kupang City, NTT. The curriculum implemented is the 2013 curriculum (K13), thus it is necessary to improve the learning process in accordance with the process and assessment standards set by the government. The aim of this PKM is to assist chemistry teachers in preparing and implementing RPPs, LKPD, skills assessment instruments, preparing tools and materials for practical activities in class so that they comply with process and assessment standards. The method used is training and mentoring teachers in the chemistry field, and then observing the abilities of teachers and students after the training and mentoring process. The results of this PKM show that observations of the teacher's ability to implement learning tools obtained an average score of observers 1 and 2 which was 3.41 in the quite good category because the teacher in carrying out learning activities was quite in accordance with the RPP prepared. Student learning outcomes which include psychomotor skills, presentations and written reports are complete for all students with an average score of 90.09. The type of administration produced supports accreditation preparation in the form of RPP, LKPD, and skill aspect assessment sheets in colloid system material. --- Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilakukan di SMA Swasta St. Familia, Kecamatan. Maulafa, Kota Kupang, NTT. Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum 2013 (K13), dengan demikian maka perlu pembenahan terhadap proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan penilaian yang ditetapkan oleh pemerintah. Tujuan PKM ini adalah mendampingi guru kimia menyusun dan mengimplementasikan RPP, LKPD, Instrumen penilaian keterampilan, mempersiapkan alat, bahan untuk kegiatan praktikum di kelas agar sesuai dengan standar proses dan penilaian. Metode yang digunakan adalah pelatihan, dan pendampingan terhadap guru bidang studi kimia, dan kemudian observasi terhadap kemampuan guru dan peserta didik setelah proses pelatihan dan pendampingan. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa observasi terhadap kemampuan guru dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran dengan rata-rata skor 2 pengamat adalah 3,41 (cukup baik) karena guru melaksanakan pembelajaran cukup sesuai dengan RPP yang disiapkan. Hasil belajar peserta didik yang meliputi keterampilan psikomotorik, presentasi, dan laporan tertulis tuntas untuk semua peserta didik dengan rata-rata nilai 90,09. Jenis administrasi yang dihasilkan mendukung persiapan akreditasi berupa RPP, LKPD, dan lembar penilaian keterampilan materi sistim koloid.
References
Elvanisi, A., Hidayat, S., Fadillah, E., & Nurmala. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245-252.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21426/12225
Fitriana., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. Jurnal Tadris Kimiya, 4 (2), 226-236.
https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669
Fatimah, A, T., Adnan, B, A., & Rinaldi, F, B. (2024). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar dengan Pembelajaran Berbasis Proyek dan STEAM-H di Sekolah Adiwiyata MIS Handapherang. Jurnal Abdimas Galuh, 6(1), 107-116.
http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.12448
Ismail & Nursakti. (2023). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Augmented Reality di SMKN 3 Soppeng. Jurnal Abdimas Unipol. 1(2), 57-60.
https://jurnal.abdimas.unipol.ac.id/index.php/pengabdian-jurnal/article/view/15
Jakarta. Kemendikbud RI. (2016). Salinan Permendikbud RI Nomor 23 tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_23_16.pdf
Jakarta. Kemendikbud RI. (2016). Salinan Permendikbud RI Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224242/permendikbud-no-22-tahun-2016
Jakarta. Kemendikbud RI. (2012). Salinan Permendikbud RI Nomor 59 tahun 2012 Tentang Badan Akreditasi Nasional.
https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permendikbud59-2012BAN.pdf
Jasiah., Sulistyowati., Syabrina, M., Rahmad., & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Hasanka Boarding School Palangka Raya. Jurnal Panrita Abdi. 7(4). 665-674.
https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/21519
Kadri, l. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Dengan Metode Discovery Melalui Kegiatan Laboratorium Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Akademik FKIP Unidayana, 9(1), 20-30. https://doi.org/10.55340/fkip.v9i1.403
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N, A.(2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pizza. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20 (2), 142-155.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/8058
Kurnyati, Y., Tinenti, Y, R., & Leba, M, A. (2022). Pengaruh Respon Tentang Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa Sma Katolik Sint Pieter Kecamatan Loli Waikabubak Kabupaten Sumba Barat Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Wahana Perguruan Tinggi, 74(1), 105-116.
https://doi.org/10.36456/wahana.v74i1.4196
Nisa, K.N.K., Mahdian., & Hamid, A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran React Pada Materi Sistem Koloid. Journal of Chemistry and Education, 3(1), 40-46.
https://doi.org/10.20527/jcae.v3i1.309
Oviana, W. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Mahasiswa PGMI Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA MI. Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan Biotik, 1(2), 67-136.
http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v1i2.224
Risma, W. (2023, Juni 8). Akreditasi A 8 SMA dan MA Unggulan Cocok Jadi Referensi PPDB 2023 di Kota Kupang NTT.
Ramen, M. B., Tinenti, Y, R., & Leba, M, A. (2022). Pengaruh Respon Tentang Video Pembelajaran yang Diintegrasikan pada Penerapan Pendekatan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga Kelas Xl Ipa Sma Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Kahuripan Koulutus, 5(2), 15-34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yanti Rosinda Tinenti, Hironimus Tangi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.