PELATIHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Authors

  • Yanti Rosinda Tinenti Universitas Katolik Widya Mandira
  • Hironimus Tangi Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v8i4.31440

Keywords:

Process standards, assessment standards, colloid system, process skills

Abstract

This PKM is carried out at St. Familia, District. Maulafa, Kupang City, NTT. The curriculum implemented is the 2013 curriculum (K13), thus it is necessary to improve the learning process in accordance with the process and assessment standards set by the government. The aim of this PKM is to assist chemistry teachers in preparing and implementing RPPs, LKPD, skills assessment instruments, preparing tools and materials for practical activities in class so that they comply with process and assessment standards. The method used is training and mentoring teachers in the chemistry field, and then observing the abilities of teachers and students after the training and mentoring process. The results of this PKM show that observations of the teacher's ability to implement learning tools obtained an average score of observers 1 and 2 which was 3.41 in the quite good category because the teacher in carrying out learning activities was quite in accordance with the RPP prepared. Student learning outcomes which include psychomotor skills, presentations and written reports are complete for all students with an average score of 90.09. The type of administration produced supports accreditation preparation in the form of RPP, LKPD, and skill aspect assessment sheets in colloid system material.   ---   Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilakukan di SMA Swasta St. Familia, Kecamatan. Maulafa, Kota Kupang, NTT. Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum 2013 (K13), dengan demikian maka perlu pembenahan terhadap proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan penilaian yang ditetapkan oleh pemerintah. Tujuan PKM ini adalah mendampingi guru kimia menyusun dan mengimplementasikan RPP, LKPD, Instrumen penilaian keterampilan, mempersiapkan alat, bahan untuk kegiatan praktikum di kelas agar sesuai dengan standar proses dan penilaian. Metode yang digunakan adalah pelatihan, dan pendampingan terhadap guru bidang studi kimia, dan kemudian observasi terhadap kemampuan guru dan peserta didik setelah proses pelatihan dan pendampingan. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa observasi terhadap kemampuan guru dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran dengan rata-rata skor 2 pengamat adalah 3,41 (cukup baik) karena guru   melaksanakan  pembelajaran cukup sesuai dengan RPP yang disiapkan. Hasil belajar peserta didik yang meliputi keterampilan psikomotorik, presentasi, dan laporan tertulis tuntas untuk semua peserta didik dengan rata-rata nilai 90,09. Jenis administrasi yang dihasilkan mendukung persiapan akreditasi berupa RPP, LKPD, dan lembar penilaian  keterampilan  materi sistim koloid.

References

Elvanisi, A., Hidayat, S., Fadillah, E., & Nurmala. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245-252.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21426/12225

Fitriana., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. Jurnal Tadris Kimiya, 4 (2), 226-236.

https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669

Fatimah, A, T., Adnan, B, A., & Rinaldi, F, B. (2024). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar dengan Pembelajaran Berbasis Proyek dan STEAM-H di Sekolah Adiwiyata MIS Handapherang. Jurnal Abdimas Galuh, 6(1), 107-116.

http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.12448

Ismail & Nursakti. (2023). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Augmented Reality di SMKN 3 Soppeng. Jurnal Abdimas Unipol. 1(2), 57-60.

https://jurnal.abdimas.unipol.ac.id/index.php/pengabdian-jurnal/article/view/15

Jakarta. Kemendikbud RI. (2016). Salinan Permendikbud RI Nomor 23 tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_23_16.pdf

Jakarta. Kemendikbud RI. (2016). Salinan Permendikbud RI Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224242/permendikbud-no-22-tahun-2016

Jakarta. Kemendikbud RI. (2012). Salinan Permendikbud RI Nomor 59 tahun 2012 Tentang Badan Akreditasi Nasional.

https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permendikbud59-2012BAN.pdf

Jasiah., Sulistyowati., Syabrina, M., Rahmad., & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Hasanka Boarding School Palangka Raya. Jurnal Panrita Abdi. 7(4). 665-674.

https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/21519

Kadri, l. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Dengan Metode Discovery Melalui Kegiatan Laboratorium Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Akademik FKIP Unidayana, 9(1), 20-30. https://doi.org/10.55340/fkip.v9i1.403

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N, A.(2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pizza. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20 (2), 142-155.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/8058

Kurnyati, Y., Tinenti, Y, R., & Leba, M, A. (2022). Pengaruh Respon Tentang Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa Sma Katolik Sint Pieter Kecamatan Loli Waikabubak Kabupaten Sumba Barat Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Wahana Perguruan Tinggi, 74(1), 105-116.

https://doi.org/10.36456/wahana.v74i1.4196

Nisa, K.N.K., Mahdian., & Hamid, A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran React Pada Materi Sistem Koloid. Journal of Chemistry and Education, 3(1), 40-46.

https://doi.org/10.20527/jcae.v3i1.309

Oviana, W. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Mahasiswa PGMI Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA MI. Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan Biotik, 1(2), 67-136.

http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v1i2.224

Risma, W. (2023, Juni 8). Akreditasi A 8 SMA dan MA Unggulan Cocok Jadi Referensi PPDB 2023 di Kota Kupang NTT.

https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1016757425/akreditasi-a-8-sma-dan-ma-unggulan-cocok-jadi-referensi-ppdb-2023-di-kota-kupang-ntt

Ramen, M. B., Tinenti, Y, R., & Leba, M, A. (2022). Pengaruh Respon Tentang Video Pembelajaran yang Diintegrasikan pada Penerapan Pendekatan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga Kelas Xl Ipa Sma Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Kahuripan Koulutus, 5(2), 15-34.

https://doi.org/10.51158/koulutus.v5i2.815

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Tinenti, Y. R., & Tangi, H. (2024). PELATIHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA . Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 917–930. https://doi.org/10.20956/pa.v8i4.31440

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.