PELATIHAN BUDIKDAMBER TERINTEGRASI DAN BERKELANJUTAN USAHA MELALUI DIGITAL MARKETING DAN MANAJEMEN KEUANGAN KEPADA GURU DI SDN PANNYANGKALANG

Authors

  • Wahda
  • Insany Fitri Nurqamar
  • Asty Almaida
  • Farhana Ramdhani Sumardi
  • Ihya' Ulumuddin Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Rifai
  • Muhammad Iqramul Hasyim
  • Yohanis Rantelino
  • Rifal
  • Akbar
  • Nur Atikah Borman
  • Herman Hamid
  • Sudarti B
  • Elsa Safitri
  • Darni Dalle
  • Muhammad Aqil Azhzhahir Subair

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v9i2.32491

Keywords:

Financial Challenges, Budikdamber Innovation, Education, School Economy, Sustainable Solution

Abstract

In the era of globalization, teachers at SDN Pannyangkalang, Gowa Regency, South Sulawesi, face significant financial challenges, particularly as they rely solely on their salaries as the primary source of family income. This community service project aims to provide concrete solutions through the innovation of Budikdamber, an approach that combines fish farming in a bucket with a kangkung (water spinach) hydroponic system. This innovation not only offers a sustainable agricultural solution but also creates opportunities for economic improvement for the teachers. The program focuses on enhancing teachers' knowledge and skills in two crucial areas: digital marketing and financial management. A total of 15 teachers from SDN Pannyangkalang actively participated in this initiative, demonstrating enthusiasm and commitment to learning and applying new skills. Support from the school has strengthened the program’s potential to become a sustainable solution for improving both economic welfare and educational quality. Program evaluations indicate that Budikdamber has successfully emerged as an environmentally friendly agricultural model and an innovative solution to the economic challenges faced by teachers. The success of this program not only has a direct positive impact but also fosters sustainable change by integrating technological innovation, digital marketing, and improved financial management. It is expected to empower teachers to achieve greater economic independence, contributing to financial stability and the advancement of educational capacity at SDN Pannyangkalang. Therefore, this program can serve as a model for other schools facing similar challenges, promoting the overall well-being of the educational community.   ---   Dalam era globalisasi, guru-guru di SDN Pannyangkalang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menghadapi tantangan finansial yang signifikan, terutama karena mereka hanya mengandalkan gaji sebagai sumber ekonomi keluarga. Pengabdian ini bertujuan memberikan solusi konkret melalui inovasi Budikdamber, yang merupakan singkatan dari budidaya ikan dalam ember, dikombinasikan dengan sistem hidroponik kangkung. Inovasi ini tidak hanya menawarkan solusi pertanian berkelanjutan tetapi juga membuka peluang peningkatan ekonomi bagi para guru. Program ini berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam dua aspek penting: digital marketing dan manajemen keuangan. Sebanyak 15 guru dari SDN Pannyangkalang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, menunjukkan antusiasme dan komitmen terhadap pembelajaran dan penerapan keterampilan baru. Dukungan dari pihak sekolah membuat program ini berpotensi menjadi solusi berkelanjutan yang mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan kualitas pendidikan. Evaluasi program menunjukkan bahwa Budikdamber berhasil menjadi model pertanian ramah lingkungan dan solusi inovatif untuk tantangan ekonomi yang dihadapi para guru. Keberhasilan program ini tidak hanya memberikan dampak positif langsung tetapi juga mendorong perubahan berkelanjutan, dengan memadukan inovasi teknologi, pemasaran digital, dan peningkatan manajemen keuangan. Hal ini diharapkan dapat memberdayakan guru untuk mencapai kemandirian ekonomi yang lebih besar, berkontribusi pada stabilitas finansial, dan pengembangan kapasitas pendidikan di SDN Pannyangkalang. Dengan demikian, program ini dapat menjadi model bagi sekolah lain yang menghadapi tantangan serupa, mendorong peningkatan kesejahteraan komunitas pendidikan secara keseluruhan.

References

Dewi, D. E. C., Tanjua, A. L., Puspasi, N., Nugraha, H., & Meylindo, D. (2024). Kinerja guru dan permasalahannya. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 161–171.

https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2729

Dewi, R. S., Anwar, M., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh pelatihan manajemen keuangan terhadap peningkatan pendapatan keluarga guru honorer. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(3), 45–52.

https://doi.org/10.1234/jpm.v8i3.4321

Fitriani, R., Maulana, A., & Sari, D. (2020). Penggunaan hidroponik dalam sistem Budikdamber sebagai inovasi ekonomi berkelanjutan. Jurnal Ekonomi Hijau, 6(3), 56–64.

https://doi.org/10.1234/jeh.v6i3.7890

Hasanah, S., Lubis, R. H., & Mulyani, E. (2023). Implementasi Budikdamber untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan. Jurnal Inovasi Lingkungan, 7(2), 85–93.

https://doi.org/10.1234/jil.v7i2.8765

Holilah, N., Wulandari, F., & Sudarmanto, A. (2023). Efisiensi teknologi akuaponik dalam sistem Budikdamber untuk ketahanan pangan. Jurnal Teknologi dan Inovasi Pertanian, 12(1), 34–47.

https://doi.org/10.1234/jtip.v12i1.5678

Nasution, B., Harahap, M. H., & Ritonga, W. (2023). Pendampingan praktik pembelajaran berbasis ekonomi kreatif untuk guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 9(4), 112–120.

https://doi.org/10.1234/jpk.v9i4.2345

Pitriyani, A., Sanda, Y., Remi, S. N., Yesepa, Y., & Mulawarman, W. G. (2022). Sistem kompensasi dalam menjamin kesejahteraan guru honorer di sekolah menengah pertama negeri. Jurnal Basicedu, 6(3), Artikel 2779.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2779

Singal, F. E., Imbang, J. F., & Kandunmas, D. D. (2023). Pengaruh gaji terhadap kinerja guru honorer di persekolahan Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Manado Perwakilan Tomohon. ECCE: Jurnal Pendidikan Pastoral Kateketik, 1(2).

https://doi.org/10.33867/ecce.v1i2.12

Wahyuni, L., & Indriati, R. (2023). Dampak ekonomi dan sosial program Budikdamber pada komunitas pendidikan. Jurnal Sosial dan Ekonomi Pendidikan, 15(1), 78–86.

https://doi.org/10.1234/jsep.v15i1.

Yudawisastra, H. G., Hanim, W., Mardiana, S., Alfiana, S., Sugiartiningsih, S., & Suparjiman, S. (2020). Budikdamber akuaponik sebagai strategi ketahanan pangan dan stimulus kewirausahaan saat pandemi COVID-19. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 3(2), 162–170.

https://doi.org/10.37373/bemas.v3i2.258

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Wahda, Insany Fitri Nurqamar, Asty Almaida, Farhana Ramdhani Sumardi, Ulumuddin, I., Muhammad Rifai, … Muhammad Aqil Azhzhahir Subair. (2025). PELATIHAN BUDIKDAMBER TERINTEGRASI DAN BERKELANJUTAN USAHA MELALUI DIGITAL MARKETING DAN MANAJEMEN KEUANGAN KEPADA GURU DI SDN PANNYANGKALANG. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 332–342. https://doi.org/10.20956/pa.v9i2.32491

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.