PERBAIKAN GIZI REMAJA BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 15 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v3i1.5450Keywords:
Teenagers, nutrition, canteen, teacher, students, balancedAbstract
Abstract. Improvement of school-based nutrition is important to do, considering students are the nation's next generation. One of the efforts is through balanced nutrition education. The purpose of this activity is to increase the knowledge about the balanced nutrition for students and school members of State High School 15 Makassar, South Sulawesi. The activities were carried out by fully involving the target audience, starting from balanced nutrition education activities in adolescents, demonstrations on determining the nutritional status of adolescents, and discussions. The results of the activities indicate that there has been an increase in knowledge about balanced nutrition in the target audience in accordance with the predetermined indicators of success.
Keywords: Teenagers, nutrition, canteen, teacher, students, balanced
Abstrak. Perbaikan gizi berbasis sekolah penting untuk dilakukan, mengingat siswa merupakan generasi pelanjut bangsa. Salah satu upaya tersebut adalah melalui edukasi gizi seimbang. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang pada siswa dan warga sekolah di SMA Negeri 15 Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan secara penuh khalayak sasaran, mulai dari kegiatan edukasi gizi seimbang pada remaja, demonstrasi penentuan status gizi remaja dan diskusi. Hasil kegiatan menunjukkan telah terjadi peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada khalayak sasaran sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.
Kata Kunci: Remaja, gizi, kantin, guru, siswa, seimbang
References
Citrakesumasari, dkk. (2018). School Lunch Box Sebagai Alternatif Jajanan Anak Sekolah yang Sehat dan Bergizi. Makassar: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin.
Keraf, L.H., Indriayasari, R., & Fatimah, S. (2015). Pengaruh Edukasi Gizi Tentang Gizi Seimbang Untuk Ibu Hamil, Asi Eksklusif Terhadap Perubahan Pengetahuan Ibu Hamil Di Puskesmas Witihama Kabupaten Flores Timur. Retrieved 11 21, 2018,http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/16589
Litbangkes. (2013). Laporan Riset Kesehatan Dasar tahun 2013. Jakarta: Badan penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Mardhiati, Indriasari, R., & Jafar, N. (2015). Penggunaan Media Audio (Lagu Anak-Anak) Dalam Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak Usia Prasekolah. Retrieved 11 21, 2018, http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/16429
Nakita. (2013). Sehat dan Bugar Berkan Gizi Seimbang. Jakarta: Danone Institut.
Oetsman U.C., Citrakesumasari, & Virani, D. (2018). Gambaran asupan Gula, Garam dan Lemak Serta Alasan Pemilihan Makanan pada Remaja SMAN 15 Makassar. Makassar: Skripsi FKM Unhas.
Rostania, M., Syam, A., & Najamuddin, U. (2013). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Gaya Hidup Sedentary Pada Anak Gizi Lebih Di Sdn Sudirman 1 Makassar Tahun 2013. Retrieved 11 21, 2018, http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/5607
Taslim N.A., Asfar M., Anggriawan, S, Yuliana, I, & Ashari N. (2018). Ibw-CSR IDI Kota Makassar, Menuju Makassar Sehat Melalui Peningkatan Konsumsi Ikan, Sayur dan Buah. Jurnal Panrita Abdi, (2)2 , 127-134.
Wikipedia. (2018). Retrieved 03 12, 2018, from www.wikipedia.com