PENDAMPINGAN LITERASI TERHADAP SISWA KELAS IV SDN 1 RUTENG ANAM: BIG BOOK, SKIMMING, AND SCANNING METHOD
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v7i1.20888Keywords:
Literacy assistance, big book, skimming & scanning methodAbstract
The low interest in reading and writing skills is the main reason for this activity to be carried out. The subjects of this activity were 40 students in fourth grade at SDN 1 Ruteng-Anam in Manggarai East Nusa Tenggara. Before carrying out the activity, several things were carried out. The first was to determine the theme that is suitable for the students. The second, making activities framework as a guide for the activity. The third, preparing the materials, doing observation, and determining the method used. This activity aims to support the fourth students at SDN Anam to be able to read the text and understand the text rapidly. To measure the result of the activity, pre-test and post-test were done. Furthermore, the students can write a text based on the instructions given. Results The use of skimming and scanning methods in reading has helped students to be able to read quickly and understand the information contained in the story text. In addition, the use of the Big Book has helped the fourth graders of SDN Anam feel trained to write a series of stories based on the pictures in the given ledger. Where before using the skimming and scanning method only 60% of the fourth-grade students of SDN ANAM could read but after using this method the student's ability increased from 18% to 78%. Furthermore, writing mentoring activities using Big Book has also helped students from only 50% of students being able to write an increase of 20% to 70%. --- Rendahnya minat baca dan kemampuan menulis siswa merupakan alasan utama dilaksanakannya kegiatan ini. Sasaran kegiatan adalah 40 siswa kelas IV di SDN Anam-Ruteng di Manggarai Nusat Tenggara Timur. Sebelum melaksanakan kegiatan pendampingan Literasi yang ada beberapa langkah yang dilakukan. Langkah pertama adalah menentukan tema atau topik yang cocok untuk diteliti dan dapat memberikan manfaat kepada subyek sasaran. Langkah kedua membuat kerangka kegiatan sebagai pemandu dalam proses pendampingan literasi. Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan bahan, survey lapangan dan menentukan metode yang digunakan. Terakhir melakukan analisis dan sintesis, dan membuat kesimpulan. Sesuai dengan topik, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: Kegiatan Pendampingan Literasi Membaca: Membantu mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas IV SDN Anam, melatih siswa kelas IV SDN Anam untuk dapat membaca cepat, membantu siswa Kelas IV SDN Anam mampu memahami isi teks dengan cepat. Kegiatan Pendampingan Literasi Menulis: Melatih siswa kelas IV SDN Anam untuk dapat beradaptasi dengan metode pembelajaran yang dapat membantu kemampuan menulis mereka. Hasil dari kegiatan ini diukur dengan menggunakan Pre-test dan post-test. Hasil Penggunaan metode skimming dan scanning dalam membaca telah membantu siswa mampu membaca dengan cepat dan memahami informasi yang ada dalam text cerita. Selain itu, penggunaan Big Book telah membantu siswa kelas IV SDN Anam merasa terlatih untuk menulis rangkaian cerita berdasarkan gambar yang ada dalam buku besar yang diberikan. Dimana sebelum menggunakan metode skimming dan scanning hanya 60% dari siswa kelas IV SDN ANAM yang bisa membaca tetapi setelah penggunaan metode ini kemampuan siswa meningkat 18% menjadi 78%. Selanjutnya, kegiatan pendampingan menulis dengan menggunakan Big Book juga telah membantu siswa dari hanya 50% siswa bisa menulis menigkat 20% menjadi 70%.
References
Dayu, D. P. K. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Writing terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.114
Franncois, C. (2012). Getting at the Core of Literacy Improvement: A case Study of an Urban Secondary School. Education and Urban Society, 46 (5), 580-605.
Hamdani. (2013). Pengembangan sistem Pendidikan di Indonesia.
Kemendikbud. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jendral Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Koltay, T. (2011). The Media and The Literacies: Media Literacy, Information Literacy, Digital Literacy. Media, Culture and Society, 2, 211-221.
Lee, J. C. K. (2010). Education for sustainable development in China. In Chinese Education and Society (Vol. 43, Issue 2). https://doi.org/10.2753/CED1061-1932430207.
Ningrum, A., & Hariani, S. R. I. (2020). Pengembangan Media Big Book Writing Untuk Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 395–406. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-
Susanto, A. (2017). The Teaching Of Vocabulary: A Perspective. Jurnal KATA. Vol.2.
Syahruddin, M.H., Amiruddin, Sakka, & Hasniati. (2022). PKM Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SMAN 3 Enrekang di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Jurnal Panrita Abdi, 6(3), 681-690.
Uyu, M. (2018). Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 317–330. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1352
Yusuf, Q., Qismullah Yusuf, Y., Yusuf, B., & Nadya, A. (2017). Skimming and Scanning Techniques to Assist EFL Students in Understanding English Reading Texts. Indonesian Research Journal in Education, 1(1), 2580–5711.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maria Olga Jelimun, Raimundus Beda, Yulian Juita Ekalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.