Keanekaragaman Jenis dan Produktivitas Penangkapan di Ekosistem Padang Lamun pada Waktu Siang dan Malam Hari Menggunakan Alat Tangkap Minnow Trap di Desa Parak Pulau Selayar

Authors

  • Nursalam Saputra Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Andi Assir Marimba Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Alfa F.P. Nelwan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin

Abstract

Penelitian ini bertempat di perairan padang lamun Desa Parak, Pulau Selayar pada bulan Oktober hingga Desember 2021. Tujuan dari penelitian ini (1) mengetahui komposisi jenis hasil tangkapan siang dan malam (2) mengetahui frekuensi kemuculan siang dan malam (3) melihat nilai indeks keanekaragaman spesies siang dan malam (4) mengetahui produktivitas hasil tangkapan siang dan malam. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus pada pengoperasian 6 buah minnow trap secara langsung di lapangan selama 15 trip. Hasil penelitian menujukkan total 148 ekor tertangkap, dimana 33 ekor tertangkap pada waktu siang dan 115 tertangkap pada waktu malam. Jumlah hasil tangkapan pada malam hari jauh lebih tinggi dibandingkan siang hari. Total spesies yang tertangkap sebanyak  10 family yang terdiri atas 13 spesies. Hasil tangkapan terdiri atas 3 kelompok yaitu gastropoda, ikan dan krustasea. Komposisi jenis spesies yang tertangkap pada malam hari lebih tinggi dibandingkan siang hari. Proporsi kemunculan spesies per trip di dominasi lebih tinggi pada malam hari. Nilai indeks keanekaragaman jenis menujukkan waktu siang dan malam termasuk kategori sedang. Indeks keanekaragaman siang lebih tinggi dibandingkan malam hari. Produktivitas penangkapan berdasarkan waktu menujukkan pada malam hari lebih tinggi dibandingkan siang hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfiati, D, Herawati, E.Y, Buwono, N.R. Firdaus, A, Winarto M.S, Puspitasari, A.W. 2019. StrukturKomunitas Makrozoobentos Pada Ekosistem Lamun DI Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Journal of Fisheries and Marine Research. Vol. 3(1) : 1-7.

Dahle, E.A. 1989. A Riview of Models for fishing Operation in Applied Operations Research in Fishing. Editing by K. B. Halley. Nato Scientific Affaris and Plenu Press. New York anda London.

Islami, M.M. 2015. Dsitribusi Spasial Gastropoda Dan Kaitannya Dengan Karakteristik Lingkungan DI Pesisir Pulau Nusalaut Maluku Tengah. Jurnal Ilmu dan teknologi Kelautran Tropis. Vol. 7(1) : 365-367.

Kour, F.2018. Analisis Hasil Tangkapan Bubu Di Perairan Nyabota Kecamatan Pulau Babar Kabupaten Maluku Barat Daya. Jurnal Hibualamo. Vol. 2(1): 58-63.

Kordi, K.M.G.H. 2018. Mengenal dan Mengelola Padang Lamun. Penerbit Indeks. Jakarta.

Krebs, J. L. (1989). Ekologi metodologi. Harper and Row Publisher. New York.

Latuconsina, H dan Ambo-Rappe, R. 2013. Variabilitas Harian Komunitas Ikan Padang Lamun Perairan Tanjung Tiram-Teluk Ambon Dalam. Jurnal Iktiologi Indonesia. Vol.13(1): 35-53.

Odum. 1971. Fundamental of Echology. Third edition. W.B. Saunder Company. Philadelphia. London. Toronto.

Odum, E.P. 1975. Fundamental of Ecology. E.B. Sounders Co., Philadelphia. 574 p.

Soamole, M.R, Tangke, U, Titaheluw, S.S 2020. Produktivitas Bubu Dasar Dengan Jenis Umpan Yang Berbeda di Perairan Ternate Selatan. Jurnal IPTKES PSP. Vol. 7(13) : 1-14.

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Saputra, N. ., Marimba, A. A. ., & Nelwan, A. F. . (2022). Keanekaragaman Jenis dan Produktivitas Penangkapan di Ekosistem Padang Lamun pada Waktu Siang dan Malam Hari Menggunakan Alat Tangkap Minnow Trap di Desa Parak Pulau Selayar. Prosiding Simposium Nasional Kelautan Dan Perikanan, 9, 231-240. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/proceedingsimnaskp/article/view/23390