PERBEDAAN PRODUKSI BAGAN PERAHU BERDASARKAN PERIODE BULAN DI PERAIRAN KABUPATEN BARRU

Andi Nurlindah, Muhammad Kurnia, Alfa F. P. Nelwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan produksi hasil tangkapan berdasarkan periode bulan, mendeskripsikan frekuensi kemunculan hasil tangkapan berdasarkan periode bulan, dan mendeskripsikan perbedaan hasil tangkapan berdasarkan periode bulan di perairan Kabupaten Barru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2016 di perairan Kabupaten Barru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan mengikuti operasi penangkapan bagan perahu sebanyak 48 trip penangkapan. Pengumpulan data meliputi berat hasil tangkapan berdasarkan jenis ikan kemudian dikelompokkan berdasarkan periode bulan, yaitu periode bulan gelap, gelap ke terang, terang, dan terang ke gelap. Analisis data menggunakan persamaan proporsi jenis ikan yang tertangkap, frekuensi kemunculan ikan, uji ANOVA, dan uji Wilcoxon W. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 20 jenis ikan yang tertangkap selama penelitian. Jenis ikan yang memiliki persentase frekuensi kemunculan dominan adalah ikan teri (Stolephorus sp.), peperek (Leiognathus sp.), dan tembang (Sardinella fimbriata). Terdapat perbedaan pengaruh periode bulan terhadap hasil tangkapan bagan perahu, dimana periode bulan terang ke gelap memiliki hasil tangkapan tertinggi yaitu 4051 kg.


Full Text:

PDF

References


Allen, G. 1999. Marine Fishes of South-East Asia. Periplus Editions (HK) Ltd. Singapura.

Gustaman, G., Fauziyah dan Isnaini. 2012. Efektifitas Perbedaan Warna Cahaya Lampu terhadap Hasil Tangkapan Bagan Tancap di Perairan Sungsang Sumatera Selatan. Maspari Journal 4(1):92-102.

Hamzah, M.S dan O.K. Summadhi harga. 1993. Pengaruh Periode Umur Bulan terhadap hasil tangkapan ikan umpan dengan Jaring Redi di Teluk Ambon Bagian Dalam. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Jatmiko, G.G. 2015. Analisis Pengaruh Periode Hari Bulan terhadap Hasil Tangkapan dan Pendapatan Usaha Mini Purse Seine di PPP Morodemak, Demak [Skripsi] Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Nursam, M. 2016. Kajian Elastisitas Produktivitas Penangkapan Bagan Perahu Di Perairan Laut Flores Kabupaten Kepulauan Selayar [Tesis]. Program Studi Ilmu Perikanan. Program Pascasarjana. Universitas Hasanuddin.

Sudirman. 2006. Penangkapan Ikan Di Daerah Pantai Dengan Alat Tangkap Bagan Rambo Dan Pemberdayaannya Di Selat Makassar. Dalam Prosiding Konferensi Nasional (Konas) V 2006 Pesisir, Laut dan Pulau-Pulau Kecil, Batam, 29-1 September 2006. Hal: 537-544.

Sudirman dan Natsir, N. 2011. Perikanan Bagan dan Aspek Pengelolaannya. UMM Press. Malang.

Sulaiman, M. 2015. Pengembangan Lampu Light Emitting Diode (Led) Sebagai Pemikat Ikan Pada Perikanan Bagan Petepete Di Sulawesi Selatan [Disertasi]. Bogor. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

http//:www.fishbase.org/2017. Diakses tanggal 25 juni 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats