Self-Reliance of the Porang Farmers Community in Marketing Porang Production

Main Article Content

Muhammad Ivan Rizki
Suminah Suminah
Sugihardjo Sugihardjo

Abstract

Produksi porang di Indonesia saat ini masih terjebak dalam sarang laba-laba. Kondisi tersebut mendorong beberapa petani porang di Kabupaten Sukoharjo untuk mendirikan komunitas yang diberi nama Komunitas Sahabat Petani Porang Sukoharjo (SPPS). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengkaji kemandirian Komunitas Sahabat Petani Porang Sukoharjo dalam pemasaran porang dan 2) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemandirian Komunitas Sahabat Petani Porang Sukoharjo dalam pemasaran porang. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, khususnya melalui pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive location pada Komunitas Sahabat Petani Porang Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling dan terpilih 33 warga masyarakat sebagai responden. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel kapasitas sumber daya manusia (0,003) dan variabel bentuk kemitraan (0,014) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian Masyarakat Sahabat Petani Porang Sukoharjo dalam pemasaran porang dengan membandingkan nilai sig dengan 5% (0,05) tingkat signifikansi. Sedangkan variabel kepemimpinan tokoh masyarakat dan variabel dukungan pemerintah secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian Masyarakat Sahabat Petani Porang Sukoharjo dalam pemasaran porang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rizki, M. I., Suminah, S. and Sugihardjo, S. (2024) “Self-Reliance of the Porang Farmers Community in Marketing Porang Production”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 20(2), pp. 155-171. Available at: http://journal.unhas.ac.id/index.php/jsep/article/view/33102 (Accessed: 9May2024).
Section
Articles

References

Arvianti, E. Y., Masyhuri, M., Waluyati, L. R., & Darwanto, D. H. (2019). Gambaran krisis petani muda Indonesia. Agriekonomika, 8(2), 168-180.

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Indonesia 2023. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Damihartini R, dan Jahi A. (2015). Hubungan Karakteristik Petani Dengan Kompetensi Agribisnis Pada Usahatani Sayuran Di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Jurnal Institut Pertanian Bogor. Vol. 1(1).

Darmawan, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif.

Ekowati, G., & Azrianingsih, R. (2011). Glukomanan Source From Araceae Family in Alas Purwo National Park. Natural B, Journal of Health and Environmental Sciences, 1(1), 57–64.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hafsah, M. J. (2000). Kemitraan Usaha: Konsepsi dan Strategi, Jakarta: PT. Pustaka Sinar Harapan.

Ikhram, A., & Chotimah, I. (2022). Pemberdayaan masyarakat diversifikasi pangan masyarakat melalui inovasi pangan lokal dari singkonG. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 271-278.

Kurniawan, A W., Zarah P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Mcgregor, J., David T., Richard J P. (2004). Human Capital In The New Economy: Devil Bargain. J of Intellectual Capital 5(1): 153-164.

Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory and practice. US: Sage publications.

Ogden, J. (2011). The Psychology of Eating from Healthy to Disordered Behavior. Chicester: Wiley-Blackwell.

Raharjo, T. W. (2018). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Penguatan Kemitraan Usaha UMKM, Koperasi, dan Korporasi. Jakad Publishing.

Rofik, K., et al. (2017). Potensi Produksi Tanaman Porang (Amorphophallus Muelleri Blume) Di Kelompok Tani Mpsdh Wono Lestari Desa Padas Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, J Ilmu Pertanian, Kehutanan dan Agroteknologi, 17(2), 53 65.

Ruhimat, I S. (2014). Faktor-Faktor untuk Peningkatan Kemandirian Petani dalam Pengelolaan Hutan Rakyat: Studi Kasus di Desa Ranggang Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. J Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan 11(3): 237-249.

Syarifah, I., Muhammad K M., Mohammad I. (2020). Pengaruh Modal Manusia terhadap Orientasi Pasar dan Kinerja UMKM. J Ekonomi dan Bisnis 23(1): 69-96.

Singarimbun, M., Effendi, S. (2008). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono, D. (2017). Prof, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Widiyanti, N M N Z., Lukman M B., Heny K S. (2016). Kinerja Usaha tani dan Motivasi Petani dalam Penerapan Inovasi Varietas Jagung Hibrida pada Lahan Kering di Kabupaten Lombok Timur. J Penyuluhan 12(1): 31-42.