STRATEGI POSITIONING DALAM RANGKA MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN PANGSA PASAR RSIA ST FATIMAH MAKASSAR

Nurbani Bangsawan (1) , Abdul Rahman Kadir (2) , Rasyidin Abdullah (3)
(1) ,
(2) ,
(3)

Abstract

Positioning RSIA St. Fatimah cenderung untuk pasien rawat inap di bawah program perlindungan sosial daripada pasien rawat inap umum. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang memengaruhi positioning RSIA St. Fatimah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei cross sectional study yang bertujuan untuk mengetahui respon terhadap tujuan penelitian dari responden yang berjumlah 150 pasien. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel independen, yakni strategi layanan dengan nilai p=0,00, strategi promosi dengan nilai p=0,00, strategi harga dengan nilai p=0,00 dan strategi proses dengan nilai p=0,00 berhubungan positif dan signifikan dengan positioning RSIA St. Fatimah Makassar. Strategi promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap positioning RSIA St. Fatimah dengan nilai p=0,46. Strategi harga tidak berpengaruh signifikan dengan nilai p=0,81. Strategi proses berpengaruh signifikan terhadap positioning RSIA St. Fatimah dengan nilai p=0,01 dan besar pengaruh 2,63. Kesimpulannya adalah strategi pelayanan, strategi promosi, strategi harga dan strategi proses yang memengaruhi secara dominan adalah strategi pelayanan.

References

Read More

Authors

Nurbani Bangsawan
bangsawannurbani@yahoo.co.id (Primary Contact)
Bangsawan, N., Kadir, A. R., & Abdullah, R. (2016). STRATEGI POSITIONING DALAM RANGKA MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN PANGSA PASAR RSIA ST FATIMAH MAKASSAR. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 9(1), 15–20. https://doi.org/10.30597/mkmi.v9i1.435

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.