Kepuasan Kerja Tenaga Medis pada Era Jaminan Kesehatan Nasional

Nur Fadhilah Arifin, Syahrir A. Pasinringi, Basir Palu

Abstract


Tenaga medis sebagai ujung tombak pelayanan di rumah sakit sangat merasakan perubahan sistem pelayanan kesehatan pada era JKN yang menerapkan sistem kendali mutu dan kendali biaya. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kepuasan kerja tenaga medis pada era Jaminan Kesehatan Nasional  (JKN) di Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian adalah tenaga medis yang bertugas sebagai tenaga fungsional. Untuk memperoleh informasi tambahan sebagai pembanding, peneliti juga melakukan wawancara kepada Direktur, Kabid pelayanan dan keperawatan, Kepala sub-bagian keuangan dan  petugas Sisrute di RSUD Sinjai. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  informan menyatakan sistem pelayanan kesehatan di era JKN baik, tetapi pelaksanaanannya belum berjalan sesuai yang diharapkan. Kerjasama BPJS dengan RSUD Sinjai baik dan cukup menguntungkan pihak RS, hanya sosialisasi regulasi dianggap lambat dan tidak konsisten serta penyelesaian masalahnya terkadang tidak ditindaklanjuti. Tenaga medis di RSUD Sinjai puas dengan tranparansi pembagian jasa medis, namun dalam besaran paket Ina CBGs dirasa masih dibawah standar, dan waktu pembayaran jasa medis terlambat.

Keywords


Kepuasan kerja; tenaga medis; JKN

Full Text:

PDF

References


Baker Lc, Cantor Jc. Physician Satisfaction Under Managed Care. Health Aff.1993;12(Suppl.):258-270. Doi:10.1377.

Tyssen R, Palmer Ks, Solberg Ib, Voltmer E,Frank E. Physicians’ Perceptions of Quality Of Care, Professional Autonomy, and Job Satisfaction in Canada, Norway, And The United States. Bmc Health Serv Res. 2013;13(1):516. Doi:10.1186/1472-6963-13-516.

Kim Kh, Park Ec, Hahm M Il. The Gap Between Physicians and The Public in Satisfaction with The National Health Insurance System in Korea. J Korean Med Sci. 2012;27(6):579-585. Doi:10.3346/Jkms.2012.27.6.579.

Meutiah, Latifa Dara & Saifuddin Ishak. Analisis Kepuasan Dokter Spesialis terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Tahun 2014. J Kedokt Syiah Kumala. 2015;15:7-19.

Permenkes RI Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan

RI. 6. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (7th Ed.). Vol 7th Ed. Bandung: Alfabeta.

Perrot J. Different Approaches to Contracting in Health Systems. Bull World Health Organ. 2006;84(11):859-866. Doi:10.2471/

Blt.06.034314.

Dugguh Si. Job Satisfaction Theories: Traceability to Employee Performance In Organizations. Iosr J Bus Manag Ver I. 2014;16(5):2319- 7668.

Peraturan Menteri Kesehatan No.5 Tahun 2014.Tentang Panduan Praktek Klinis Bagi Dokter Di Fasilitas Pelayanan Primer. Jakarta

: Kementerian Kesehatan RI.

Bovier P A, Perneger T V. Predictors of Work Satisfaction Among Physicians. Eur J Public Health. 2003;13(4):299-305.

Bagheri S, Kousha A, Janati A, Asghari-Jafarabadi M. Factors Influencing The Job Satisfaction of Health System Employees in Tabriz,

Iran. Heal Promot Perspect. 2012;2(2):190-196.

Grembowski D, Paschane D, Diehr P, Katon W, Martin D, Patrick Dl. Managed Care, Physician Job Satisfaction, And The Quality Of Primary Care. J Gen Intern Med. 2005;20(3):271-277. Doi:10.1111/J.1525-1497.2005.32127.X.

Kemenkes RI. Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Departemen Kesehatan RI. 2013:1-75. Doi: 10.1017/Cbo9781107415324.004.

Eskandari M, Abbaszadeh A, Borhani F. Barriers of Referral System to Health Care Provision in Rural Societies In Iran. J Caring Sci.2013;2(3):229-236.

Forrest Cb, Glade Gb, Baker Ae, Bocian A, Von Schrader S, Starfield B. Coordination of Specialty Referrals and Physician Satisfaction With Referral Care. Arch Pediatr Adolesc Med. 2000;154(5):499. Doi:10.1001/Archpedi.154.5.499.

Primasari Kl. Analisis Sistem Rujukan Jaminan Kesehatan Nasional RSUD. Dr. Adjidarmo Kabupaten Lebak. J Arsi. 2015;1(2):78-86.

Buchert Ar, Butler G A. Clinical Pathways. Driving High-Reliability and High-Value Care. Pediatr Clin North Am. 2016;63(2):317-328. Doi:10.1016/J.Pcl.2015.12.005.

Saputra Aa, Yono Lh, Sito L, Irvianti D. Analisis Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizen Behavior Di Pt Prima Graphia Digital. Binus Bus Rev. 2013;4(2):897-903.

Stoddard Jj, Hargraves Jl, Reed M, Vratil A.Managed Care, Professional Autonomy, and Income: Effects on Physician Career Satisfaction. J Gen Intern Med. 2001;16(10):675-684. Doi:10.1046/J.1525-1497.2001.01206.X.

Warren Mg, Weitz R, Kuhs S. The Impact of Managed Care on Physicians. 1999;24(2):44-56.

Iroth Js. Dampak Penerapan Clinical Pathwayterhadap Biaya Perawatan Pasien Stroke Iskemik Akut di RS Bethesda Yogyakarta [Tesis]. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 2016.

Herti T. Kepatuhan Dokter Spesialis Terhadap Implementasi Formularium Nasional Di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu [Tesis]. Yogyakarta:Universitas Gadjah Mada, 2015.

Tanner Ae, Ranti L, Lolo Wa. Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Resep Obat Generik pada Pasien BPJS Rawat Jalan di RSUP . Prof . Dr.

R . D . Kandou Manado Periode Januari-Juni 2014. Pharmacon. 2015;4(4):58-64.

Bina Ampera Bukit, Laksono Trisnantoro Am. Kepuasan Kerja Dokter Spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Dengan Pendekatan Emic.J Manajamen Pelayanan Kesehatan. 2003;06.

Friedberg Mw, Chen Pg, Van Busum Kr, Et Al. Factors Affecting Physician Professional Satisfaction and Their Implications for Patient

Care, Health Systems, And Health Policy.; 2013. Doi:10.1214/07-Ejs057.

Kairys J, Zebiene E, Šapoka V, Zokas I. Satisfaction with Organizational Aspects of Health Care Provision Among Lithuanian Physicians. Cent Eur J Public Health. 2008;16(1):29-33.

Sudita I N. Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, dan Komitmen terhadap Turn Over Intention (Studi Kasus pada Bidan Praktek Swasta di Kabupaten Sleman). J Bisnis Dan Ekon. 2015;6(1):89-99.

Noprinaldi, Meliala A, Utarini A. Persepsi Pengaruh Sistem Pembagian Jasa Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit

Jiwa Madani. J Manaj Pelayanan Kesehat. 2006;09(02):65-71.

Diliana S A. Analisis Kepuasan Kerja Dokter Spesialis pada Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional di RS Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang dan RSUD Kota Makassar Tahun 2014. [Tesis]. Makassar: Universitas Hasanuddin, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v14i2.4531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats