Penentuan Lokasi TPA dengan Pendekatan Spasial di Pulau Kecil Kota Makassar

Agus Bintara Birawida, Bukroanah Amir Makkau, Indra Dwinata

Abstract


Sampah merupakan permasalahan lingkungan yang sampai saat ini masih terjadi di daerah kepulauan, khususnya pulau-pulau kecil. Setiap tahun sampah yang dibuang ke laut terus mengalami peningkatan yang diakibatkan oleh aktivitas masyarakat sekitar pulau. Tujuan penelitian untuk menentukan titik koordinat terbaik dalam penempatan lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA). Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan spasial. Pengambilan data untuk penentuan titk terbaik dalam penempatan lokasi TPA didasarkan pada pengambilan titik koordinat GPS dan pengukuran di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengambilan titik koordinat GPS dan pertimbangan kategori pengukuran objektif, yaitu kemiringan lereng, jarak terhadap garis pantai dan pemukiman, kapasitas lahan, kedalam muka air tanah, serta kapasitas lahan didapatkan hasil Lokasi TPA terbaik untuk Pulau Kodingareng Lompo berada pada pada titik koordinat lintang 119,26514o dan bujur -5,14793o yang letaknya berada di tengah pulau. Untuk pembuatan TPA sampah, sanitary landfill merupakan jenis TPA yang paling cocok diterapkan di Pulau Kodingareng Lompo.


Keywords


Sampah, TPA, spasial

Full Text:

PDF

References


U, F, Achmadi. Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajafindo Persada; 2013.

U, F, Achmadi. Dasar-Dasar Penyakit Berbasis Lingkungan. Jakarta: Rajafindo Persada; 2011.

Nganro, Noorsalam R. dan Gede Suantika. Urgensi Ecosystem Approach dalam Pengelolaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Indonesia. Bandung: ITB; 2009.

Firmiana, Masni Erika. Go Green Pelatihan untuk Mendorong Perilaku Konservasi dan Pro Lingkungan bagi Santri Al Ghazali Kota Bogor. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. 2012; 1(3).

Nia, Ananda. Suharto dan Sitanggang, Polisman. Gambaran umber Air Minum, Tempat Pembuangan Tinja dan Tempat Pembuangan Sampah dan Penyakit Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Koni Kota Jambi Tahun 2013 [Skripsi]. Jambi: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi;2013.

Arie, Kusumaningrum, Hepriyani dan Nurhalinah. Pengaruh PHBS Tatanan Rumah Tangga terhadapa Diare Balita di Kelurahan Gandus Palembang. Jurnal UNSRI. 2011;132-138.

Dini, Fitra, Rizanda Machmud dan Rosial Rasyid. Hubungan Faktor Lingkungan dengan Kejadian Diare Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2013. Jurnal Kesehatan Andalas. 2015; 4(2).

Puskesmas Kodingareng Lompo. Data Penyakit BL 1. Makassar: Puskesmas Kodingareng; 2015.

A, Basyarat. Kajian terhadap Penetapan Lokasi TPA Sampah Leuwinanggung Kota Depok [Thesis]. Semarang: Universitas Diponegoro;2006.

A, Miswar. Penentuan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kota Banjarbaru Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Jurnal Enviro Scienteae.2001; 8(1): 16-22.

Setiawan, F. Aplikasi Penginderaan Jauh dan GIS untuk Penentuan Lokasi TPA Sampah di Kota Surabaya. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi; 2010 (SNATI 2010).

Miswar, A. Penentuan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kota Banjarbaru menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Jurnal Enviro Scienteae. 2012;8(1):16-22.

Permen No 33 Tahun 2010. Pedoman Pengelolaan Sampah. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri.

I, F, Tobing. Dampak Sampah terhadap Kesehatan Lingkungan dan Manusia. Makalah Loka Karya Aspek Lingkungan dan Legalitas Pembuangan Sampah serta Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik sebagai Bahan Baku Pembuatan Kompos” Kerjasama Univ Nasional dan Dikmenti DKI; Juni 2005; Jakarta. Jakarta: Fakultas Biologi Universitas Nasional;2005.

Irawan, B A, dan Andi Renata AY. Studi Kelayakan Penentuan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) di Pulau Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Ilmu Lingkungan. 2014; 12 (1):1-11. ISSN : 1829-8907

Darnas, Yeggi. Studi Kelayakan Lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (Tpa) Sampah Kabupaten Padang Pariaman. Seminar Nasional Sains dan Tek. Lingkungan II. 2016; e-ISSN 2541-3880.

Budiman. Ilmu Kesehatan Masyarakat Dalam Konteks Kesehatan Lingkungan. Jakarta:EGC; 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v14i3.4810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats