KESELAMATAN BONGKAR MUAT PENUMPANG DI DERMAGA PENYEBERANGAN KAYU BANGKOA MAKASSAR

Penulis

  • Royh Savhanta Tonapa Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Denis Restuardi Dundu Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Taufiqur Rachman Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Chairul Paotonan Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v1i1.12996

Kata Kunci:

Kata Kunci: Dermaga penyeberangan, K3, Keselamatan pelayaran

Abstrak

Dermaga Penyeberangan Kayu Bangkoa merupakan salah satu dermaga di Kota Makassar yang menyediakan jasapenyeberangan untuk mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Kota Makassar Sulawesi Selatan. Dermagapenyeberangan ini terbuat dari konstruksi kayu, namun saat ini kondisinya sudah mengalami kerusakan di beberapabagian konstruksinya. Akibat kurangnya fasilitas yang menjamin keselamatan penumpang maka kondisi ini sangatmembahayakan bagi keselamatan penumpang dan pelaku ekonomi yang memanfaatkan fasiltas dermaga. Penelitianini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi bahaya pada kegiatan bongkar muat penumpang dan barang di dermagaPenyeberangan Kayu Bangkoa. Manfaat kajian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran di bidang keselamatan kerjadalam aktifitas bongkar muat kapal di Dermaga Kayu Bangkoa, dan sebagai bahan informasi serta masukan bagiinstansi terkait dalam meningkatkan keselamatan kerja bongkar muat penumpang dan barang di dermaga. Kajian inimenggunakan pendekatan deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemeriksaan fisik denganberkunjung dan mengamati aktifitas secara langsung proses bongkar muat barang ataupun menaik-turunkanpenumpang ke dan dari kapal di Dermaga Penyeberangan Kayu Bangkoa. Permasalahan keselamatan dan kesehatankerja (K3) serta keselamatan pelayaran di wilayah pelabuhan Dermaga Kayu Bangkoa belum mendapatkan perhatianyang memadai semua pihak. kesadaran masyarakat dan para pengguna jasa dermaga terhadap aspek keselamatan diridan lingkungannya masih sangat lemah, sehingga tidak memikirkan dampak/resiko yang mengakibatkan kerusakanpada konstruksi dermaga dan mengakibatkan kecelakaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anonim, 2008, Undang-undang No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Lembaran Negara RI Tahun 2008, No. 4, Sekretariat Negara, Jakarta, Indonesia.

Triatmodjo, B., 2009, Perencanaan Pelabuhan, Dosen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.

Tarwaka, 2008, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Manajemen dan Implementasi K3 ditempat Kerja, Harapan Press, Surakarta.

https://www.Google.co.id/amp/s//blog.ruangguru.com/5-jenis-metode-penelitian-dalam-sosiologi%3fhs_amp=true, diakses pada hari sabtu, tanggal 22 September 2018, pukul 04.07 WITA.

https://gosulsel.com/2015/10/01/kayu-bangkoa-dermaga-yang-tak-sohor-lagi/, diakses pada hari Minggu, tanggal 23 September 2018, pukul 13:27 WITA

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-09-17

Cara Mengutip

Savhanta Tonapa, R. ., Restuardi Dundu, D. ., Rachman, T., & Paotonan, C. (2018). KESELAMATAN BONGKAR MUAT PENUMPANG DI DERMAGA PENYEBERANGAN KAYU BANGKOA MAKASSAR. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 1(1), 127-132. https://doi.org/10.62012/sensistek.v1i1.12996

Terbitan

Bagian

Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan