ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJAAN BONGKAR MUAT KONTAINER DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Suatu aktivitas di pelabuhan container bukannya tanpa risiko, biasanya mengoperasikan alat pendukung pengangkatan serta pengangkutan berupa rubber tyre gantry crane (RTG) atau loading container crane (CC). pada bongkar muat menjadi salah satu penyebab besar terjadi kecelakaan kerja. Salah satu cara untuk mengendalikan potensi risiko dan bahaya adalah pertama dengan menganalisa kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja menggunakan Job Safety Analysis (JSA) untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja pada saat proses bongkar muat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi bahaya dan risiko yang timbul pada setiap kegiatan penanganan container, dengan menggunakan analisis JSA dan mengidentifikasi tindakan atau prosedur untuk mengendalikan potensi bahaya dan risiko yang akan timbul pada setiap tahapan pekerjaan. Keunggulan dari penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai dasar dan informasi berupa bahaya dan risiko kecelakaan kerja serta untuk melakukan analisis keselamatan kerja seperti penilaian risiko kecelakaan kerja di lapangan ini. proses bongkar muat container menjadi acuan dalam pengendalian risiko kecelakaan di tempat kerja khususnya pada saat penanganan atau kegiatan haulage. Proses analisa dilakukan setelah, Proses identifikasi potensi bahaya dilakukan. Penilaian risiko merupakan proses penentuan prioritas pengendalian tingkat risiko kecelakaan atau penyakit akibat kerja, sehingga dapat mengurangi peningkatan risiko kecelakaan pada proses bongkar muat
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Y. Suleman, "Analisis Risiko Kecelakaan Kerja pada Proses Bongkar Muat Peti Kemas Makassar New Port Dengan Metode Job Safety Analysis (JSA)," Skiripsi, pp. 1-7, 2019.
R. Setyarso, "Kesehatan Dan Keselamatan Kerja," Selasa 05 2020.
D. M. Putri, "Penilaian Risiko Keselamatan Kerja Pada Proses Pembuatan Balok Jembatan Dengan Metode Job Safety Analysis (JSA)"," vol. 6, pp. 1-2, 2017.
I. Pratama, E. Murdiyanto and A. M. Purwantomo, "Penanganan Pelaksanaan Bpngkar Muat VCM (C2H3CL) Di Kapal MT. Gas Kalimantan LPG Carrier Type-C"," Dinamika Bahari, vol. 9, 2018.
M. Handajani, "Analisis Kinerja Operasional Bongkar Muat Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang," Teknik Sipil, Universitas Semarang, 2019.
T. A. Arungpadang and A. H. Hipan, "Simulasi Proses Bongkar Muat peti Kemas," Jurnal Tecno Mesin, vol. 2, pp. 46-47, 2015.
R. Ridwan and M. A. L. Pambudi, “Singapore International Hub-Port And Its Effects On The Smooth Running Of The Sea Freight Transportation System In Indonesia”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 2, no. 3, pp. 125-134, Oct. 2023.
A. Ashury and J. Indah Pricilla, “Analysis of Container Loading and Unloading Times on Ship To Shore (STS) Cranes at Teluk Lamong Port”, zonalaut, vol. 1, no. 3, pp. 92-98, Nov. 2020.
G. W. Utama, M. Basuki and P. I. Santosa, "Analisis Risiko Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Bongkar Muat Di Pelabuhan Mayang," Semintan, pp. 112-113, 2019.
O. Nwaogbe, S. Bissalla, V. Omoke, J. U. Eru, and H. Y. Wokili, “Analysis Of Seaport Safety In Nigeria: Case Of Apapa Port Complex Lagos”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 2, no. 3, pp. 102-112, Oct. 2023.