STUDI PENGARUH PERTUMBUHAN BIOFOULING PADA LAMBUNG KAPAL IKAN PUGER

Penulis

  • Adi Kurniawan Yusim Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v3i1.13310

Kata Kunci:

Kata Kunci : Biofouling, Kapal ikan puger, Hambatan kapal

Abstrak

Kabupaten Jember memiliki panjang pantai sekitar 170 km, yang membentang dari Bande Alit di sebelah timur sampai dengan Paseban di ujung barat. Potensi perikanan laut di Pesisir Selatan Kabupaten Jember, khususnya Paseban, belum dieksploitasi dan dikelola secara maksimal. Cara terbaik untuk menangani potensi laut yang besar ini adalah menyiapkan armada kapal ikan yang handal. Kapal yang tetap stabil saat obak tinggi dan hemat bahan bakar. Lambung kapal ikan yang ditempeli makhluk hidup laut (biofouling) merupakan permasalahan yang muncul ketika kapal mulai beroperasi. Bertambah kasar dan tebal pada permukaan kapal yang tercelup dalam air laut adalah efek yang ditimbulkan akibat penempelan ini. Lambung kapal yang ditempeli biofouling secara fisik menambah volume (displasemen) dan pola aliran saat kapal beroperasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey di perairan Puger, Kabupaten Jember. Survey meliputi: bentuk-bentuk kapal ikan di Puger, kondisi lambung kapal ikan tersebut, dan karakteristik perairan Puger. Hambatan total kapal ikan di Puger dihitung dengan menggunakan metode CFD pada kecepatan 5-10 knot. Hambatan total kapal dengan kondisi belum ada biofouling (smooth hull) danditempeli biofouling (roughness hull) dihitung dengan menggunakan metode CFD

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. I. Railkin, Marine Biofouling: Colonization Processes and Defenses, New York: CRC Press, 2003.

M. E. Curtin, "Trying to Solve the Biofouling Problem.," Nature Biotechnology 3, p. 38, 1985.

N. Tarasov, "Fouling in Soviet waters of the Sea of Japan," Tr. Inst. Okeanol. Akad. Nauk, p. 3, 1961.

A. C. Redfield and L. W. Hutchins, The Effect of Fouling. In W. H. Institution, Marine Fouling and its Prevention (p. 3)., Wisconsin: George Banta Publishing Company, 1952.

KKP, "Fishing Vessel Design for Indonesian Archipelago," Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Jakarta, 2017.

A. K. Yusim, "Studi Eksperimental Pengaruh Pertumbuhan Biofouling pada Lambung Kapal terhadap Skin Friction Drag," Master Thesis ITS, Surabaya, 2016.

Jawapos, "Perahu Jukung Puger ke Seluruh Indonesia," 1 Desember 2017. [Online]. Available: www.jawapos.com.

H. Boesono, "Pengaruh Lama Perendaman terhadap Organism Penempel dan Modulus Elastisitas pada Kayu," Ilmu Kelautan Vol. 13 (3), pp. 177-180, 2008.

V. Bertram, Practical Ship Hydrodynamics, Oxford: Butterworth-Heinemann, 2000.

A. F. Molland, S. R. Turnock and D. A. and Hudson, Ship Resistance and Propulsion: Practical Estimation of Propulsive Power, United States of America: Cambridge University Press, 2011.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-03

Cara Mengutip

Yusim, A. K. (2020). STUDI PENGARUH PERTUMBUHAN BIOFOULING PADA LAMBUNG KAPAL IKAN PUGER. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 3(1), 161-164. https://doi.org/10.62012/sensistek.v3i1.13310

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan